split screen MIUI 9
split screen MIUI 9

Kelebihan MIUI 9 – Saat ini  Smartphone yang dikeluarkan oleh Xiaomi terbaru dibekali dengan MIUI 9. MIUI ini diluncurkan pada bulan agustus lalu dimana MiFans bisa mengunduhnya kemudian mengupgrade MIUI yang lama ke MIUI 9. MIUI 9 ini adalah generasi penerus dari MIUI 8 yang mana hampir tidak ada perubahan untuk segi desainnya sedangkan untuk fiturnya banyak pembaruan yang sangat menarik.

Sebelum diluncurkan ke versi stable, sudah ada versi beta yang disediakan oleh Xiaomi ini. Sayangnya versi beta tersebut hanya untuk versi China sehingga layanan Google tidak akan berlaku di sana.  Dibutuhkan trik agar aplikasi Google bisa ada di Xiaomi yang sudah terpasang dengan ROM Cina tersebut.  Terlepas dari itu semua, kini Xiaomi telah mengeluarkan Smartphone yang sudah dibekali dengan MIUI 9 ini yaitu Redmi Note 4X dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan MIUI 9 yang menakjubkan:

Split Screen

split screen MIUI 9
split screen MIUI 9

Hal pertama yang menjadi kelebihan MIUI 9 ini adalah adanya fitur split screen. Split screen ini adalah yang ditunggu-tunggu sebab Smartphone bisa dioperasikan dalam dua layar sekaligus. Sebagai contohnya adalah sedang buffering YouTube namun user juga ingin mengetikkan di aplikasi dokumen maka hal tersebut bisa dua-duanya dilakukan. Tidak semua aplikasi yang ada di Smartphone mendukung fitur ini sebagai contohnya adalah game MOBA tidak bisa dijalankan menggunakan fitur ini sebab tidak mungkin dalam satu Smartphone menjalankan dua game sekaligus.

Kustomisasi Homescreen

Kustomisasi Homescreen MIUI 9
Kustomisasi Homescreen MIUI 9

Kelebihan lainnya adalah MIUI 9 ini mendukung kustomisasi Homescreen. Tampilan kustomisasi tersebut memang sering mengalami perubahan misalnya desain antara jarak icon. Meski begitu fitur ini tetap saja keren sebab bisa melakukan drag beberapa macam aplikasi kemudian menghapusnya sekaligus. User juga bisa membentuk folder tanpa harus melakukan drag satu per satu aplikasi namun bisa dilakukan secara sekaligus.

Filter Notifikasi

filter notifikasi MIUI 9
filter notifikasi MIUI 9

Kelebihan dari MIUI 9 ini adalah adanya filter dalam bagian notifikasi.  Memang fitur ini sudah ada pada MIUI sebelumnya namun ada beberapa pembaharuan yang disematkan pada MIUI 9 ini sebagai contohnya adalah penghilang notifikasi yang mengganggu dan dianggap tidak perlu. User bisa memilih mana notifikasi yang dianggap sebagai prioritas sehingga tidak semua notifikasi bisa ditampilkan.

Pesan

Kelebihan MIUI 9 ini adalah adanya pesan dengan fitur terbaru. Menariknya di MIUI 9 ini akan ada pengelompokan pesan berdasarkan waktunya. Misalnya saja adalah pesan hari ini dan kemarin dibedakan berdasarkan waktunya. Bagi yang suka melakukan chat menggunakan pesan ini sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Selain itu ada fitur yang bisa membuat pengguna melakukan request untuk OTP atau One Time Password.

One Tap Login

One Tap Login MIUI 9
One Tap Login MIUI 9

Yang menarik dari MIUI selanjutnya adalah adanya One Tap Login. Fitur ini bisa menyimpan password misalnya Facebook. Oleh sebab itu menggunakan Mi Account tidak repot dalam memasukkan user atau password karena kara sandi terdahulunya sudah tersimpan sehingga tinggal melakukan klik tombol masuk saja.

Lockscreen Shortcut

Fitur ini berguna untuk menyuguhkan beberapa shortcut dalam satu screen. Oleh sebab itu akan lebih mudah dalam menjalankan aplikasi. Cara penggunaannya cukup mudah tinggal menggeser layar ke arah kanan kemudian akan tampak pengaturan untuk shortcut dalam lockscreen tersebut.

Instan App

Fitur yang sangat dinantikan dalam MIUI 9 adalah adanya fitur instan app. Apa kelebihan dari instan app ini?, kelebihannya yaitu bisa menggunakan aplikasi tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu user tidak perlu membuang data untuk mendownload dan menginstal aplikasi. Sayangnya instan app ini hanya berlaku untuk beberapa aplikasi saja atau tertentu.

Instan App MIUI 9
Instan App MIUI 9

Nantinya MIUI 9 tersebut akan terus update yang mana memiliki fitur yang lebih menarik dan sempurna.  Memang Xiaomi ini dikenal tidak akan mudah memberikan update ke OS terbaru namun akan memperbarui OS jika ditemukan ada bugs di dalamnya. MiFans pun akan memberikan feedback kepada Xiaomi secara beramai-ramai pada hari jumat mengomentari tentang OS pada MIUI dan semua hal yang berhubungan dengan Xiaomi. Jika ada bugs maka akan segera di update ke sistem yang tanpa bugs. Oleh sebab meski kelebihan MIUI 9 cukup banyak namun jika terdapat bugs maka OS akan segera di update.