MIUI 8
MIUI 8

Cara mengaktifkan 4G xiaomi redmi series – Teknologi jaringan internet 4G LTE memang telah berkembang pesat di beberapa daerah di Indonesia. Dengan adanya teknologi 4G LTE, maka pengguna smartphone akan dimanjakan dengan kecepatan internet tiada tara. Berbicara mengenai teknologi 4G LTE, saat ini beberapa produk Xiaomi telah hadir dengan teknologi 4G untuk konektivitas terbaik selama menggunakan internet. Namun tak semua pengguna Xiaomi mengetahui cara untuk mengaktifkan jaringan 4G. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk pengguna Redmi All Series dalam mengaktifkan jaringan 4G LTE.

Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G LTE pada Xiaomi Redmi All Series

Mengaktifkan 4G Xiaomi Redmi Series
Mengaktifkan 4G Xiaomi Redmi Series

Cara pertama yang harus diketahui adalah bagaimana langkah mengubah jaringan 3G pada smartphone agar fokus pada sinyal 4G saja. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu setelan. Pilihlah menu ‘SIM cards and Mobile Networks’ pada Xiaomi Redmi Series
  2. Pada menu tersebut, akan muncul SIM Card Setting di mana kartu yang Anda gunakan akan muncul di sana.
  3. Selanjutnya, pilih provider mana yang ingin Anda ganti agar mencari jaringan 4G LTE saja. Caranya, pilih menu ‘Preferred Network Type’ dan klik menu ‘Prefer 4G Network’.
  4. Setelah berhasil, keluar pada menu utama. Apabila icon sinyal provider yang dipilih telah muncul tulisan ‘4G’, maka langkah ini berhasil.

Gunakan Kombinasi Tombol

Cara mengaktifkan 4G xiaomi redmi series yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kombinasi kode rahasia pada smartphone. Langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pada tombol telepon, masukkan kode *#*#4636#*#*
  2. Setelah itu, Anda akan dibawa pada pilihan beberapa pilihan menu. Klik menu ‘Informasi Telepon’. Pada menu ini, tampilan yang muncul adalah mengenai semua informasi telepon pada Xiaomi termasuk jaringan yang digunakan.
  3. Selanjutnya, terus geser ke bawah sampai menemukan tulisan ‘LTE/GSM auto (PRL)’. Pilih menu tersebut dan kemudian ubah menjadi ‘LTE Only’
  4. Selesai

Langkah yang satu ini berfungsi agar smartphone Xiaomi Redmi All Series mampu mencari jaringan 4G dengan lebih kuat.

Cara Mengaktifkan 4G pada Redmi Series yang Menggunakan MIUI 8

MIUI 8
MIUI 8

Cara yang satu ini khusus untuk pengguna Redmi yang telah menggunakan versi MIUI 8. Hal ini karena setiap versi MIUI memiliki perbedaan tersendiri dalam hal sistem ROM yang digunakan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Lepas SD card (apabila Xiaomi Redmi tak terpasang SD card, maka abaikan langkah ini)
  2. Siapkan alat pembuka slot SIM card. Setelah itu, buka slot SIM card namun jangan sampai lepas. Cukup colokkan alat pembuka kartu hingga smartphone Xiaomi tidak mendeteksi SIM card.
  3. Masuk ke pengaturan. Pilih ‘Info Memori Internal’. Klik 5 kali atau lebih hingga muncul menu yang di dalamnya terdapat ‘Phone Information 1’. Pilih menu tersebut.
  4. Langkah selanjutnya adalah pilih ‘CDMA Only’.
  5. Kembali ke menu pengaturan dan pilihlah menu ‘Kartu SIM dan Jaringan Seluler’.
  6. Masukkan kembali SIM card pada smartphone Xiaomi hingga terdeteksi
  7. Pilihlah jaringan SIM 1 menjadi jaringan prioritas untuk koneksi internet.
  8. Tunggu hingga Xiaomi Redmi Series dengan MIUI 8 mendeteksi jaringan 4G.

Selain cara sebelumnya, cara ini juga terbukti ampuh untuk mempertahankan jaringan 4G agar lebih kuat bertahan dalam mencari sinyal. Meski demikian, cara ini memiliki sedikit kelemahan yakni apabila pengguna melakukan restart smartphone, maka pengaturan akan kembali seperti semula.

Menggunakan Metode Flash Xiaomi Redmi Series

Flash Xiaomi Redmi
Flash Xiaomi Redmi

Adapun cara mengaktifkan 4G xiaomi redmi series secara permanen juga dapat dilakukan dengan flash smartphone. Untuk melakukan flash, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Anda dapat mengunjungi forum-forum pengguna Xiaomi untuk melakukan flash. Untuk menggunakan cara ini, sangat disarankan pada Redmi yang masih menggunakan MIUI 7 v7.3.2.0 ke bawah. Dengan melakukan flash dan mengatur jaringan ke 4G, maka smartphone akan secara permanen mendeteksi jaringan 4G LTE saja.

Selain untuk Xiaomi Redmi All Series, beberapa cara tersebut juga bekerja untuk tipe Xiaomi lainnya. Itulah beberapa cara mengaktifkan 4G xiaomi redmi series yang harus Anda coba lakukan.