Xiaomi Bootloop Restart
Xiaomi Bootloop Restart

Cara mengatasi Xiaomi bootloop restart terus menerus dibutuhkan bagi mereka yang melakukan root pada smartphone besutan perusahaan asal Tiongkok ini. Mengapa? Hal ini karena sebagian besar penyebab smartphone bootloop adalah saat gagal root android. Selain itu, bootloop atau restart terus menerus yang dialami oleh Xiaomi juga dapat disebabkan terjadi kesalahan saat ingin upgrade Android atau update MIUI. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini? Daripada Anda penasaran, simak ulasan berikut.

Jenis Bootloop pada Smartphone

Xiaomi Bootloop Restart
Xiaomi Bootloop Restart

Sebelum mengulas tentang cara mengatasi Xiaomi yang mengalami bootloop, sebaiknya Anda tahu mengenai jenis bootloop. Setidaknya bootloop dibagi menjadi tiga, yakni:

  1. Light Bootloop

Light bootloop atau bootloop ringan merupakan kondisi di mana saat menyalakan Xiaomi, smartphone mengalami blank screen berwarna hitam. Ciri lainnya adalah saat smartphone dinyalakan dan dapat masuk pada menu, namun terjadi hang dan kemudian smartphone restart dengan sendirinya.

2. Medium Bootloop

Cirinya adalah saat menyalakan Xiaomi, maka tampilan smartphone tertahan dan berhenti pada logo animasi saja. Namun pada medium bootloop, pengguna masih dapat melakukan akses pada system recovery mode.

3. Hard Booting/Hardbrick

Ini adalah jenis bootloop yang paling parah. Kondisi hard bootloop ditandai dengan smartphone hanya stuck pada logo animasi Xiaomi dan tak dapat mengakses system recovery mode. Mengatasi hard booting menjadi bagian yang paling sulit pada semua jenis android.

Cara Mengatasi Xiaomi yang Bootloop dan Restart Sendiri

Xiaomi yang Bootloop dan Restart
Xiaomi yang Bootloop dan Restart

Cara mengatasi Xiaomi bootloop restart terus menerus yang dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini. Hal yang perlu diingat adalah cara ini biasanya berfungsi untuk Xiaomi yang mengalami light bootloop dan medium bootloop saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Matikan terlebih dahulu Xiaomi Anda
  2. Masuk ke Mi Recovery Mode/System Recovery Mode. Caranya, cukup tahan tombol Power dan Volume Up (+) selama beberapa detik hingga muncul tampilan menu Mi Recovery pada layar smartphone.
  3. Pada menu Mi Recovery, pilih menu Wipe & Reset.
  4. Setelah itu, pada menu Wipe & Reset, akan muncul beberapa pilihan menu. Untuk smartphone yang mengalami light dan medium bootloop, fokuslah pada menu Wipe User Data dan Wipe All Data.

Pada menu Wipe User Data, semua data pribadi pengguna pada smartphone akan dihapus, namun aplikasi yang ada di dalamnya tetap ada. Hal ini untuk mengatasi permasalahan saat salah install aplikasi. Setelah itu, kembalilah pada menu utama dan reboot Xiaomi. Apabila masih belum ada perubahan, maka lakukan langkah 1 – 3 di atas dan pilihlah Wipe All Data.

Wipe All Data akan menghapus semua data termasuk aplikasi pada Xiaomi. Dengan kata lain, langkah ini juga berarti smartphone Xiaomi akan dikembalikan pada pengaturan pabrik (Factory Reset). Biasanya kedua langkah ini sudah cukup untuk mengatasi light bootloop dan medium bootloop. Inilah cara mengatasi xiaomi bootloop restart terus menerus.

Mengatasi Xiaomi Hard Booting/Hardbrick

Untuk mengatasi hard booting, tidak semudah cara di atas. Setidaknya ada beberapa peratalan yang dibutuhkan untuk memperbaiki Xiaomi bootloop berat atau hard booting. Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Laptop/PC dengan OS Windows 7, Windows 8, atau Windows 10
  2. Kabel USB asli Xiaomi atau kabel sejenis yang memiliki kualitas baik
  3. Driver Qualcomm Xiaomi
  4. Aplikasi MiFlash Tools
  5. Aplikasi ROM Fastboot (Pilih yang compatible dengan tipe Xiaomi yang digunakan)

Setelah semua peralatan telah tersedia, ikuti langkah berikut ini:

  1. Install MiFlash Tools dan Driver Qualcomm pada laptop/PC. Setelah itu, restart laptop/PC.
  2. Ekstrak ROM Fastboot pada laptop/PC
  3. Setelah itu, buka MiFlash Tools. Pilih browse dan arahkan pada folder di mana Anda mengekstrak ROM Fastboot
  4. Pada smartphone Xiaomi, tekan 3 tombol (volume up, volume down, dan power) secara bersamaan. Setelah merasakan getaran pada Xiaomi, lepas tombol volume down.
  5. Anda telah masuk pada Mode Download. Setelah berhasil masuk Mode Download, maka sambungkan Xiaomi ke laptop/PC.
  6. Aplikasi MiFlash Tools secara otomatis akan detect Xiaomi. Setelah itu, pilih refresh. Pada langkah ini, akan muncul nomor device Xiaomi
  7. Setelah itu, pilih menu Flash. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses flashing selesai.
  8. Xiaomi kembali normal

Langkah di atas terbukti berhasil untuk Xiaomi tipe apapun. Demikian sedikit ulasan tentang cara mengatasi Xiaomi bootloop restart terus menerus dan hard booting/hardbrick.