Flagship Xiaomi
Flagship Xiaomi

Flagship Xiaomi rilis di Indonesia – Meski sudah lama  hadir di Indonesia, nyatanya perusahaan asal Cina Xiaomi tidak bisa merilis Smartphonenya segmen flagship. Memang Xiaomi ini memiliki banyak lini khusus Smartphonenya mulai dari entry level bahkan sampai segmen flagship. Segmen flagship ini adalah Smartphone yang paling mahal dikarenakan dibekali dengan layar, kamera, dan chipset terbaru dan terbaik. Xiaomi sendiri telah mengeluarkan segmen flagship yang beragam mulai dari Mi6, Mi MIX2 dan masih banyak lagi lainnya. Sayangnya sampai saat ini Smartphone tersebut belum tampak di Indonesia dikarenakan adanya beberapa kendala. Hal tersebut pun banyak disayangkan oleh MiFans yang sudah banyak menunggu kedatangan Smartphone tersebut di pasar tanah air.

Sejak produknya diluncurkan di Indonesia beberapa tahun lalu, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Xiaomi ini. Riset IDC juga mengungkapkan bahwa Xiaomi ini menduduki peringkat nomor 5 sebagai Smartphone paling top yang ada di Indonesia. Peringkat pertama di duduki oleh Samsung, disusul dengan Oppo, Advan, Asus dan kemudian Xiaomi.

Flagship Xiaomi Rilis Tahun 2018

Flagship Xiaomi
Flagship Xiaomi

Rupanya perusahaan Cina tersebut memberikan sinyal bahwa flagship Xiaomi rilis di Indonesia tahun depan. Hal tersebut dikatakan oleh Steven Shi yang menjadi Head of Xiaomi South Pacific Region and Country Manager Xiaomi yang ada di Indonesia. Dirinya bersama dengan timnya sudah memiliki rencana bahwa flagship paling baru keluaran Xiaomi akan dirilis di Indonesia banyak teknologi yang ada di Indonesia namun untuk saat ini ada kendala yang harus dihadapinya.

Kendala tersebut ada pada faktor assembly komponen dalam Smartphone mengingat segmen flagship ini mengusung materi dan juga komponen yang cukup tinggi sehingga dalam segi manufaktur pun lebih sulit dibandingkan dengan yang entry level. Assembly Smartphone Xiaomi ini tidak mudah, sebagai contohnya adalah material untuk pembuatan Mi MIX2 yang full dari keramik. Manufaktur untuk bagian bezel dan layar perangkatnya pun tidak mudah. Tidak hanya disitu saja, masih ada juga kendala hambatan yang lainnya yang menyebabkan flagship Xiaomi tahun ini belum dirilis di Indonesia. Perusahaan sedang berusaha keras agar flagship Smartphone Xiaomi ini bisa rilis di Indonesia baik yang terbaru maupun keluaran lama sesegera mungkin.

Antusias MiFans Terhadap Flagship Xiaomi

Banyak MiFans yang menunggu-nunggu kapan flagship Xiaomi rilis di Indonesia. Flagship yang saat ini banyak ditunggu dan dibicarakan oleh MiFans adalah Xiaomi Mi7 yang menggunakan Snapdragon terbaru dan terbaik yaitu 845. Antusias MiFans tersebut rupanya sangat dimengerti oleh Steve, sehingga dia meminta untuk MiFans bisa bersabar. Director of Product Management and Marketing Xiaomi Donovan Sung pun mengungkapkan hal serupa jika kendalanya ada pada manufaktur yang ada. Donovan tidak memberikan tanggal pasti kapan flagship Xiaomi tersebut akan dirilis di Indonesia. Ia memastikan ketika fasilitas pabrik yang ada di Indonesia siap, maka pihaknya pun akan siap memproduksi dan menjual Xiaomi segmen flagship tersebut.

Flagship Xiaomi terbaik
Flagship Xiaomi terbaik

Untuk sementara, Xiaomi masih fokus dalam produksi seri Redmi terlebih dahulu karena masih awal setelah Xiaomi masuk kembali ke Indonesia. Xiaomi sudah masuk ke pasar Indonesia setelah memenuhi beberapa peraturan salah satunya adalah aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN khusus perangkat 4G. Xiaomi membangun fasilitas produksi di Batam dengan menumpang pada manufaktur milik dari Sat Nusapersada dan distributornya adalah Erajaya.

Xiaomi Bangkit dari Keterpurukan

Banyak media yang mengemukakan bahwa Xiaomi ini sudah meredup di negaranya sendiri. Hal tersebut dikarenakan pola konsumen yang berubah untuk membeli Smartphone dengan kelas premium dengan harga yang mahal. Smartphone dengan entry level pun banyak dtinggalkan oleh konsumen Cina. Pada tahun 2013 sampai dengan 2016 banyak konsumen Cina yang menggunakan Smartphone besutan Huawei yang memiliki banyak Smartphone kelas premium sehingga posisi Xiaomi digantikan olehnya. Sehingga pada tahun 2016 Xiaomi tidak mengungkapkan data tentang penjualan Smartphone yang di produksinya.

Di tahun 2017 ini menjadi awal kebangkitan Xiaomi karena bisa menjual Smartphone dengan angka 23,16 juta unit kemudian naik menjadi 70% pada kuartal pertama tahun 2017 sehingga menciptakan rekor bagi perusahaan.

Kini perusahaan Cina Xiaomi memiliki visi misi mengirimkan 100 juta Smartphone di tahun 2018 mendatang sehingga lebih banyak masyarakat yang bisa merasakan fitur yang dimiliki oleh Smartphonenya. Apapun visi misinya Mifans perlu untuk mendukung berbagai macam gebrakan yang dilakukan oleh Xiaomi tersebut, dan semoga saja harapan agar flagship Xiaomi rilis di Indonesia cepat terwujud dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here