MI A2 dan Mi A2 Lite
MI A2 dan Mi A2 Lite

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A2 Lite – Setelah sukses meluncurkan hape ber-OS android One pada September tahun lalu, Xiaomi kembali meluncurkan suksesor dari Mi A1 yaitu Xiaomi Mi A2 dan Xiaomi Mi A2 Lite tepat pada tanggal pada 24 Juli 2018 lalu. Hadir sebagai hape kelas menengah dari jajaran produk Xiaomi, Mi A2 dan Mi A2 Lite direncanakan akan di pasarkan ke lebih dari 40 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Ada yang menarik dari peluncuran dua tipe yang hampir mirip tersebut. Kendati Xiaomi akhir-akhir ini selalu menyertakan seri ‘cadangan dalam setiap produk barunya, seperti ‘Plus’, “A”, dan lain-lain, namun kehadiran label Lite pada Mi A2 dan A2 Lite ternyata memiliki perbedaan yang signifikan. Lalu apa saja perbedaan di antara kedua seri Mi A2 tersebut? Berikut adalah spesifikasi Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A2 Lite.

Desain

MI A2 dan Mi A2 Lite
MI A2 dan Mi A2 Lite

Dari segi desain, MI A2 dan Mi A2 Lite sama-sama memiliki tombol volume dan power di sebelah kiri layar.  Sedangkan untuk Port USB Type-C, microphone, dan juga speaker terletak di bagian bawah. Untuk ukuran layar, keduanya mengusung ukuran yang yang lebih besar dari pendahulunya Mi A1 yang hanya 5.5 inci. Keduanya memiliki layar berukuran sekitar 6 Inci dengan rasio sebesar 19:9 untuk Mi A2 Lite dan 18:9 untuk Mi A2. Hanya Mi A2 lebih kecil beberapa mili saja memang. Jika dilihat sekilas tidak ada yang berbeda dari layar Mi A2 dan Mi A2 Lite. Sangat identik. Tapi kejutan akan kamu lihat saat kedua hape dinyalakan. Xiaomi Mi A2 Lite ternyata memiliki ‘notch’ atau poni yang sekarang sudah banyak di temukan di hape-hape keluaran terbaru.

Dapur Pacu

Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 lite
Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 lite

Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 lite hadir dengan disertai chipset octa-core keluaran Qualcomm. Masing-masing dibekali Snapdragon 660 yang dipadukan dengan GPU dari Adreno bertipe 512 untuk Mi A2, sedangkan Mi A2 Lite dibekali prosesor Snapdragon tipe 620 dan GPU Adreno 506. Dari segi dapur pacu sudah bisa dilihat mengapa Xiaomi memberikan label nama ‘Lite’ untuk salah satu serinya. Mungkin selain untuk menyasar pangsa pasar yang lebih luas, Xiaomi Mi A2 Lite juga membidik kebutuhan simpel yang tidak terlalu banyak memakan sumber daya seperti gaming berat atau editing.

Memori

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A2 Lite selanjutnya adalah masalah memori. Kamu bisa mendapatkan pilihan kombinasi memori internal dan RAM sebesar 6GB/128GB untuk Mi A2 dan 4GB/64GB untuk Mi A2 Lite. Ukuran RAM di atas 3 rupanya sudah menjadi tren untuk hape-hape keluaran terbaru. Meskipun memiliki label ‘Lite’, nyatanya Xiaomi A2 Lite masih dibekali memori sebesar 4GB.

Kamera

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1

Seperti kamu tahu bahwa Xiaomi Mi A1 yang terlebih dahulu muncul sudah dibekali dengan kamera belakang ganda. Nah, kedua produk penerus ini juga demikian. Meski sama-sama dibekali kamera ganda pada bagian belakang, Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite ternyata memiliki perbedaan yang mencolok dalam segi kameranya. Xiaomi MI A2 dibekali kamera ganda sebesar 12MP dan 20MP dengan bukaan f/1.8. untuk kamera depannya, Mi A2 dibekali lensa sebesar 20MP dengan bukaan f/2.2. jauh berbeda dengan Mi A2, Mi A2 Lite hanya memiliki kamera belakang sebesar 12MP dan 5MP dengan bukaan f2.2 dan kamera selfie sebesar 5MP.

Baterai

Untuk masalah baterai, Mi A2 Lite sepertinya bisa sedikit sombong. Pasalnya, Mi A2 Lite sudah dibekali kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh. Sedangkan untuk Mi A2 hanya sebesar 3.010 mAh. Namun efeknya, bodi yang dimiliki oleh Mi A2 Lite pun sedikit lebih bongsor ketimbang saudaranya. Mi A2 Lite memiliki ketebalan sekitar 8,75 mm dan berat 178 gram. Sedangkan Mi A2 memiliki bal 7,3 mm dengan berat 168 gram.

Fitur

Fitur yang diusung oleh keduanya memang tidak terlalu jauh dari produk-produk Xiaomi sebelumnya. Mi A2 dan Mi A2 Lite memiliki fitur foto AI, AI potret, depth mode untuk kamera belakang, dan tentu fitur beautify 4.0 face recognition yang menggunakan kamera depan. Untuk perekaman video, Mi A2 bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K. Sedangkan Mi A2 Lite hanya mampu berada pada kualitas FHD.

Nah itulah spesifikasi Xiaomi Mi A2 vs Xiaomi Mi A2 Lite yang bisa kamu ketahui. Kamu hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhanmu sebelum memutuskan membelinya.