Cara Cek Keaslian HP Xiaomi

Saat ini Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang punya nama besar di pasar gadget dunia. Kepopulerannya tersebut diraih dalam waktu singkat berkat produk-produk yang mereka miliki terutama smartphone. Produk Xiaomi memang sudah lama terkenal murah namun tidak murahan.

Sebagai pemain besar, sama seperti merk-merk handphone lainnya seperti Samsung, Iphone, ataupun HTC, Xiaomi tidak luput dari praktek pemalsuan produk yang marak terjadi. Saat ini banyak sekali hp-hp Xiaomi KW alias palsu yang beredar di pasaran. Tentunya Anda harus lebih jeli sebelum membeli HP Xiaomi agar tidak sial membeli HP Xiaomi palsu.

Berikut ini kami berikan beberapa cara mengecek keaslian HP Xiaomi :

  1. Mengecek kode IMEI

Kode IMEI adalah kode unik yang dimiliki setiap HP. Artinya, setiap HP memiliki kode IMEI yang berbeda satu sama lain. Anda bisa mengecek keaslian HP dengan memvalidasi kode IMEI. Caranya, akses https://www.mi.com/verify/#secur_en kemudian log-in menggunakan MI ID Anda. Setelah itu, pada IMEI yang dimunculkan dari halaman tersebut, cocokan dengan IMEI yang terdapat pada box HP Anda. Bila keduanya sama, maka HP Anda adalah asli.

  1. Akses MI Recovery

Ini adalah langkah alternatif yang bisa Anda coba untuk mengecek keaslian HP Anda dengan mengakses MI Recovery. Setelah masuk ke MI Recovery, pastikan ada tampilan kelinci yang sedang mengoperasikan robot Android, lalu muncul pilihan bahasa Chinese or English. Bila itu yang muncul, maka besar kemungkinan smartphone Xiaomi Anda adalah asli. Tapi jika langsung ke menu Recovery , besar kemungkinannya smartphone Anda adalah produk imitasi alias palsu.

Untuk mengakses MI Recovery caranya mudah yaitu : Smartphone dalam keadaan mati, lalu tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan atau juga bisa dengan masuk ke folder : Xiaomi > icon updater > option > reboot to recovery mode.

  1. Akses MI Fastboot

Cara ketiga ini hampir mirip dengan cara sebelumnya namun ini untuk mengakses MI Fastboot. Caranya sangat mudah sekali. Pastikan ponsel dalam keadaan mati, lalu tahan tombol power dan volume down secara bersaamaan dan tunggu hingga gambar kelinci yang sedang mengutak-atik robot Android muncul. Bila ya, Xiaomi Anda kemungkinan besar asli, sedangkan bila Anda langsung diarahkan ke menu Recovery, maka besar kemungkinan bahwa produk Xiaomi Anda adalah palsu.

Demikian ulasan cara bagaimana mengecek keaslian HP Xiaomi. Anda bisa mencoba ketiganya untuk benar-benar memastikan HP Xiaomi yang Anda gunakan adalah asli.

Semoga bermanfaat !