Suara Tidak Terdengar Lawan Biacara Saat Telpon Di Redmi Note 3 Pro ? Ini Solusinya !

Apakah Anda mengalami masalah dimana lawan bicara tidak dapat mendengar suara Anda saat melakukan panggilan di Redmi Note 3 Pro ? Bila ya, maka Anda tidak sendirian. Kasus seperti ini dialami oleh sejumlah Mi Fans khususnya setelah adanya pembaruan pada ROM miui 8 v.8.1.1.0.

Bila masalah ini muncul secara tiba-tiba di Ponsel Anda, dan bukan disebabkan karena hal lain seperti tercebur di air atau terjatuh dan masalah hanya muncul saaat panggilan telepon biasa (bukan whatsapp dan aplikasi lain), maka kemungkinan besar penyebabnya bukan terjadi pada microphone di HP Anda.

Untuk mengatasi suara yang tidak terdengar oleh lawar bicara saat melakukan panggilan telpon, Anda bisa mencoba beberapa solusi dibawah ini.

Kasus  A:

Anda melakukan panggilan ke nomor lain tetapi lawan bicara tidak mendengarkan suara Anda sama sekali meskipun Anda bisa mendengar suara lawan bicara dengan sangat jelas., maka penyebabnya adalah aplikasi Google Now atau Launcher pihak ketiga. Coba solusi berikut :

  1. Jalankan aplikasi Google Now.
  2. Masuk ke menu Settings > Voice >kemudian matikan deteksi “OK Google”.
  3. Setelah selesai, coba reboot HP Anda.
  4. Jika tidak membuahkan hasil, coba matikan permissions untuk aplikasi Google Now ini.

Kasus B :

Anda menggunakan earphone atau headset yang memiliki built-in mic didalamnya dan melakukan panggilan tetapi lawan bicara tidak dapat mendengarkan suara Anda meskipun Anda dengan jelas dapat mendengar suara lawan bicara. Untuk kasus ini, coba ikuti cara berikut :

  1. Download dan Install aplikasi SoundAbout di playstore atau dari link disini.
  2. Jalankan aplikasi tersebut dan jangan lupa untuk mengaturnya untuk dijalankan secara otomatis setiap HP Anda dinyalakan (Autostart). Caranya, masuk ke Keamanan > Perizinan >Mulai Otomatis > dan centang aplikasi SoundAbout.
  3. Setelah menjalankan Soundabout, coba reboot HP Anda.

Nah, itu dia 2 cara mengatasi permasalahan mic yang tidak berjalan normal di Redmi Note 3 PRO. Jika Anda punya kasus yang berbeda, jangan ragu untuk komentar di bawah.