Hp Xiaomi Mentok di Logo MI
Hp Xiaomi Mentok di Logo MI

Hp Xiaomi Mentok di Logo MI merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone. Masalah tersebut dinamakan bootloop. Lantas apa penyebab bootloop?. Pada dasarnya bootloop bukanlah suatu masalah yang disebabkan akibat kualitas smartphone. Kejadian ini murni dikarenakan kesalahan dari pengguna yang sering mengotak-atik sistem dari smartphone tersebut sehingga smartphone Xiaomi Anda tidak dapat melakukan booting dan stuck di Logo MI. Jika Anda mengalami masalah demikian, sebaiknya jangan khawatir. Berikut ini adalah tutorial cara memperbaik smartphone Xiaomi yang berada pada kondisi bootloop.

Ciri-Ciri Kondisi Bootloop pada Smartphone Xiaomi

Hp Xiaomi Mentok di Logo MI
Hp Xiaomi Mentok di Logo MI

Smartphone berbasis Android, memang dikenal sebagai gadget yang fleksibel. Maka tak heran jika para penggunannya sering melakukan rooting dengan harapan smartphone tersebut dapat digunakan untuk menunjang berbagai aplikasi. Namun perlu Anda ketahui, resiko utama melakukan root pada smartphone dapat merusak sistem yang telah dirancang oleh pihak vendor. Maka dari itu apabila Anda salah melakukan penginstalan pada aplikasi tertentu, secara otomatis smarphone tidak dapat digunakan untuk mengakses apapun alias mati namun tidak mati total. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri HP Xiaomi Anda mengalami bootloop:

  • Apabila Anda melakukan restart pada smartphone, maka ponsel tidak mau hidup dan HP Xiaomi Mentok di Logo MI saja. Hal tersebut menandakan terjadinya masalah pada sistem sehingga secara otomatis sistem tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.
  • Pengguna tidak dapat mengakses menu recovery mode secara manual.
  • Pengguna tidak dapat melakukan installasi aplikasi pada mode fastboot akibat HP Xiaomi Mentok di Logo MI saja.

Apabila hal tersebut terjadi pada smartphone Anda, sudah dipastikan HP Xiaomi tersebut terkena bootloop. Umumnya setiap vendor menciptakan smartphone dengan spesifikasi hardware dan software yang sesuai dengan fungsi dari smartphone tersebut. Jika Anda memaksakan untuk menginstall beberapa aplikasi yang tidak compatible dengan smartphone tersebut, secara otamatis sistem akan melakukan penolakan akses.

Cara mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Nah, jika Anda mengalami masalah bootloop jangan terburu-buru untuk membeli ponsel baru. Sebab kondisi HP Xiaomi Mentok di Logo MI atu bootloop dapat diatasi dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah mengatasi HP Bootloop.

  • Siapkan laptop atau PC.
  • Kunjungi situs resmi Xiaomi. Lalu pilih aplikasi “MI Flash”. Pilih menu “Download”.
  • MI Flash
  • Tunggu proses download aplikasi selesai, lalu install aplikasi tersebut pada PC atau laptop Anda.
  • Apabila aplikasi “MI Flash” sudah terinstall, sambungkan smartphone Xiaomi Anda pada laptop dengan menggunakan kabel data.
  • Jika sudah conect dengan laptop, masuk ke menu “Fastboot” dengan menekan tombol “Power + Volume Bawah “ secara bersamaan hingga masuk ke menu tersebut.
  • Masuk ke menu “ System C – Program File (x86) – Xiaomi – Mi Phone – Google – Android ”.
  • Jika Anda suda dapat mengakses menu “Androi”, tekan tombol “Shift” bersama dengan “Klik Kanan” hingga muncul beberapa menu yang dapat dipilih.
  • Pilihlah menu “Open CMD Administrator”.
  • Jika Anda sudah masuk dihalaman menu “CMD Administrator” ketik perintah Fastboot pada layar.
  • Tunggu proses hingga selesai.
  • Pada saat proses, pada layar akan muncul perintah “ Fastboot Continue “. Lalu tekan tombol “ Enter “.
  • Tunggu proses hingga smartphone Xiaomi melakukan recovery sistem.
  • Setelah proses recovery sistem smartphone Xiaomi bootloop selesai, secara otomatis sistem akan melakukan restart dengan sendirinya. Dan itu tandanya smartphone Anda sudah kembali normal seperti semula.

Smartphone Xiaomi, memiliki sistem security  yang sangat terjamin keamanannya. Sehingga apabila sistem mendeteksi aplikasi yang dinilai berbahaya, secara tidak langsung sistem akan melakukan Lock Phone dan alhasil Hp Xiaomi Mentok di Logo MI saja alis bootloop. Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada smartphone Xiaomi Anda, hindari untuk mengunduh aplikasi-aplikasi di luar Playstore. Selain terjamin keamanan dalam mengakses, smartphone Anda juga dapat terhindar dari malware yang dapat merusak sistem utama. Demikian ulasan singkat mengenai HP Xiaomi Bootloop dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.