Xiaomi Mi A1 Update
Xiaomi Mi A1 Update

Cara update Xiaomi Mi A1 sistem operasi android 9.0 pie, ukuran pembaruan 1.074 Mb – Apakah Anda telah setia memakai smartphone Xiaomi Mi A1? Jika iya, pasti Anda sudah menantikan update terbarunya karena sudah cukup lama pihak Xiaomi tidak memberi pembaruan. Update tersebut nantinya akan membawa beberapa fitur baru dan pastinya perbaikan agar tidak terjadi bugs. Sedangkan untuk kapasitas data yang dibutuhkan untuk mengunduh update adalah sebesar 1.074 Mb.

Apa yang Baru di Update Ini?

Xiaomi Mi A1 Update
Xiaomi Mi A1 Update

Beberapa fitur yang dihadirkan oleh update terbaru ini diantaranya seperti ‘Adaptive Battery’ dan ‘Adaptive Display’ yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan di masing-masing aplikasi sesuai dengan kebutuhannya. Dengan fitur ini, penggunaan daya baterai bisa lebih diminimalisir sehingga lebih tahan lama.

Adapula fitur terbaru dari Google, yaitu ‘Digital Wellbeing’ yang mana fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur durasi penggunaan smartphone sesuai dengan kebutuhan atau menganalisa berdasarkan kebiasaan penggunanya.

Dan dari sisi multimedia, juga ada dukungan untuk pemutaran radio dari segi tampilan antar-mukanya. Setidaknya update ini menjanjikan tampilan yang lebih segar dibanding sebelumnya. Dan keunggulan utamanya tentu saja untuk meminimalisir penggunaan daya baterai yang berlebih dan tidak diperlukan.

Cara Update Xiaomi Mi A1 Sistem Operasi Android 9.0 Pie, Ukuran Pembaruan 1.074 Mb

Cara Update Xiaomi Mi A1
Cara Update Xiaomi Mi A1

Bagi Anda penggna Mi A1 yang ingin mengupdate sistem terbaru, bisa melakukannya dengan cara manual, yaitu dengan masuk ke menu Settings > about > lalu klik software update Mi A1. Setelah itu perangkat akan otomatis mengupdate dan menginstall sistem terbarunya.

Namun jika update belum tersedia, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya pihak Xiaomi memberikan pembaruan ini secara bertahap. Dan Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala.

Selain cara tersebut, bagi Anda yang sudah mengaktifkan layanan update otomatis biasanya akan langsung mendapat notifikasi saat update telah tersedia. Cara ini sangat direkomendasikan karena Anda tidak perlu mengecek berulang-ulang.

Dan cara untuk mengaktifkan update otomatis ini adalah dengan masuk ke menu ‘Update’ atau ‘Pembaruan’ lalu pilih ‘Settings’ dan klik kolom update otomatis. Setelah itu smartphone Mi A1 akan siap untuk memberitahukan Anda bila pembaruan telah tersedia.

Xiaomi Mi A1 Tidak Bisa Update Terbaru

Xiaomi Mi A1 Update

Salah satu permasalahan bagi para pengguna Xiaomi adalah adanya produk non resmi yang dipasarkan. Produk non resmi ini menggunakan ROM global atau ROM non resmi sehingga sistem MIUI tidak akan bisa menerima update. Dan kalaupun bisa, maka risikonya adalah update tersebut akan terdeteksi sebagai pelanggaran oleh sistem MIUI karena telah menggunakan ROM non resmi.

Smartphone Xiaomi dengan ROM non resmi ini memang sudah dipasarkan secara luas di Indonesia. Bahkan dulu sempat menjadi polemik di pasar gawai Tanah Air karena dianggap sebagai produk ilegal yang tidak terdaftar pajak di Bea Cukai. Untuk itu bagi Anda yang menggunakan Xiaomi non resmi, sebaiknya tidak melakukan update karena hanya akan berdampak buruk. Seperti misalnya ROM yang tiba-tiba crash atau sinyal 4G yang tiba-tiba hilang.

Sedangkan ciri-ciri dari smartphone Xiaomi dengan ROM non resmi ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Ada selisih antara 200 – 300 ribu rupiah untuk produk yang dijual. Namun dari segi keaslian produk dan spesifikasi, tentu saja sama-sama original dan tidak ada bedanya dari produk resmi yang didistribusikan untuk Indonesia.

Solusi Bagi Perangkat Mi A1 yang Tidak Bisa Diupdate

Jika smartphone Anda tidak bisa diupdate, maka ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui. Salah satu penyebab ialah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun jika bukan itu penyebabnya, maka bisa jadi karena Anda terlalu banyak melakukan Root dan Modding pada smartphone tersebut.

Kegiatan seperti ini pastinya berpengaruh pada sistem MIUI sehingga tidak dapat memiliki akses penuh atas perangkat tersebut. Dan jika Anda ingin mengupdate smartphone Anda, sebaiknya segera hapus Root dan Mod yang dijalankan agar sistem smartphone dapat kembali seperti semula.

Nah, demikianlah ulasan singkat yang dapat kami bagikan seputar cara update Xiaomi Mi A1 sistem operasi android 9.0 pie, ukuran pembaruan 1.074 Mb. Semoga bermanfaat!