Belum lama setelah mengunjungi Indonesia, kabarnya CEO Xiaomi sambangi Indonesia Desember mendatang. Adapun rencana kunjungan Lei Jun, selaku CEO Xiaomi, diungkap oleh Steven Shi yang memiliki posisi sebagai Head of Xiaomi South Pacific Region and Country.

Steven Shi juga mengatakan tanggal berapa tepatnya orang nomor satu di Xiaomi tersebut akan ke Indonesia. Hal ini diungkapkan tepat setelah peluncuran produk Xiaomi Redmi Note 5A pada awal bulan September.

CEO Xiaomi Sambangi Indonesia
CEO Xiaomi Sambangi Indonesia

“Saya ingin memberikan sebuah kejutan. Lei Jun akan mengunjungi Indonesia lagi nanti. Tepatnya pada bulan Desember mendatang,” ungkap Steven Shi.

Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia sendiri merupakan pasar yang memiliki peran penting untuk vendor Xiaomi Mobile. Setidaknya posisi Indonesia berada di bawah China dan India. Tak heran Indonesia juga menjadi prioritas utama vendor Xiaomi Mobile.

“Indonesia adalah salah satu pasar utama kami selanjutnya. Tentu ini penting untuk kami,” ujar pria yang menggunakan kacamata tersebut.

Sebagai informasi, sebenarnya pendiri Xiaomi, Lei Jun, juga pernah menyambangi Indonesia pada bulan September 2017 lalu. Hal ini bertepatan dengan promosi produk-produk terbaru Xiaomi yang memang saat itu didaulat menjadi Flagship vendor Xiaomi Mobile. Beberapa produk tersebut di antaranya adalah Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi Mi A1.

Adapun kabar mengenai CEO Xiaomi sambangi Indonesia Desember mendatang menjadi bukti keseriusan pihak Xiaomi untuk menjadikan Indonesia sebagai target pemasaran utama perusahaan mereka. Hal ini diperkuat dengan ucapan Lei Jun pada kedatangannya di bulan September 2017 lalu.

“Indonesia juga menjadi salah satu tujuan inti pemasaran Xiaomi. Ini adalah pertama kalinya saya datang ke sini (Indonesia, red). Berikutnya kita akan bertemu kembali,” ungkap Lei Jun saat berbicara pada acara Sharing With Xiaomi di Jakarta pada Rabu (27/9/2017).

Pada saat itu pula, Lei Jun juga memberitahukan tentang strateginya di waktu yang akan datang, terutama di Indonesia. Ia mengatakan bahwa Xiaomi tak hanya akan merilis produk smatphone saja, namun juga beberapa produk elektronik seperti Mi Air Purifier, Smart Band, Mi Rice Cooker, Mi Vacuum Cleaner, bahkan hingga koper yang dilengkapi dengan Smart Key.

Meski demikian, Lei Jun sendiri tidak mengungkapkan rincian time line kapan produk-produk tersebut akan mulai dipromosikan di tanah air. Yang jelas, Indonesia telah menjadi salah satu bidikan utama dari vendor Xiaomi.

Bagaimana Cara Xiaomi Memenangkan Hati Konsumen di Indonesia

Berbicara mengenai CEO Xiaomi sambangi Indonesia Desember mendatang, berarti juga berbicara tentang bagaimana Xiaomi dapat memikat hati para konsumen, terutama pecinta smartphone. Saat membicarakan tentang smartphone besutan Xiaomi, semua pasti sepakat bahwa produk Xiaomi memiliki harga terjangkau namun kualitasnya tetap diakui.

Hal ini dapat dilihat dari rekor penjualan produk Xiaomi mulai dari awal tahun peluncuran smart phone mereka. Misalnya pada bulan September 2014, Xiaomi Redmi 1s terjual sebanyak 5.000 buah dalam waktu 7 menit sejak peluncurannya. Tak hanya itu, dua bulan setelahnya, yakni bulan November 2014, pihak Xiaomi hanya membutuhkan waktu 40 detik saja untuk menjual 10.000 produk Xiaom Redmi Note. Ini adalah pencapaian yang sangat menakjubkan untuk pendatang baru di pasar smartphone.

Tak hanya karena harga yang cukup terjangkau, spesifikasi yang diusung oleh Xiaomi pun dapat dikatakan di atas rata-rata smartphone kelas menengah. Ada beberapa perbandingan yang dapat dibuktikan tentang spesifikasi gahar smartphone besutan Xiaomi.

Misalnya untuk Redmi Note yang mengusung layar 5.5 inchi dengan RAM 2 GB, harganya sangat jauh apabila dibandingkan dengan produk Samsung Galaxy Note yang memiliki spesifikasi serupa. Contoh lain adalah Xiaomi Mi 4i yang memiliki layar full HD sangat bisa dibandingkan dengan smartphone flagship dari brand terkenal seperti Sony, Samsung, HTC, LG, dan lain sebagainya.

Hal lain yang menjadi nilai plus dari vendor Xiaomi Mobile adalah dalam setiap produk yang mereka keluarkan, selalu terdapat kamera beresolusi tinggi yang memang menjadi kebutuhan pengguna smartphone zaman sekarang.

Mungkin beberapa hal tersebut yang membuat CEO Xiaomi sambangi Indonesia Desember mendatang karena Indonesia menjadi salah satu kekuatan Xiaomi Mobile.