Pocophone F1
Pocophone F1

Banyaknya laporan pengguna mengenai kendala yang ditemukan di Pocophone F1 memaksa Xiaomi merilis daftar bug Pocophone F1. Seperti diketahui sebelumnya jika Pocophone, anak perusahaan Xiaomi merilis smartphone pertamanya pada akhir Agustus lalu. Namun sayangnya, belum genap sebulan berada di pasaran, Xiaomi sudah menerima banyak keluhan tentang banyaknya bung yang didapati dalam Pocophone F1. Para pengguna yang bergabung dalam forum MIUI tersebut melaporkan kendala yang cukup mengganggu terkait kinerja unit Pocophone mereka. Kendala-kendala tersebut meliputi kualitas perekaman video 4K dengan kecepatan 60fps menggunakan kamera belakang, audio yang hilang saat bermain PUBG, fitur zoom Youtube, hingga aplikasi default Android, Ok Google.

Pocophone F1
Pocophone F1

Unutngnya, Xiaomi dengan cepat merespon bug-bug yang menjadi masalah para pengguna Pocophone F1 dengan merilis daftar bug Pocophone F1 pada Rabu (05/09/2018) lalu. Daftar bug yang dirilis tersebut dibuat berdasarkan laporan kendala yang paling sering di alami oleh pengguna. Jadi mungkin ada beberapa bug yang kurang spesifik yang masuk daftar rilisan Xiaomi tersebut. Pihak Xiaomi sendiri saat ini mengaku sedang berusaha keras memperbaiki bug-bug tersebut dengan menghadirkan update-update. Baik minor maupun mayor.

Lalu apa sajakah daftar bug Pocophone F1?

Zoom Youtube

Bug pertama Pocophone F1 terdapat pada fitur zoom aplikasi Youtube. Hadir dengan mengusung Android 8.1 Oreo, Pocophone F1 sudah secara otomat mempunyai fitur Zoom Yotube. Fitur ini hadir untuk mendukung berkembangnya smartphone dengan layar full-display dan juga poni. Sayangnya, pocophone F1 mengalami kendala saat Zoom Youtube coba dijalankan. Namun Xiaomi sudah memberikan label “fixed” adu sudah teratasi untuk fitur yang satu ini.

Asphalt 9 Tidak Kompatibel

Hadir sebagai legenda game racing, Asphalt baru-baru ini merilis seri terbarunya, yaitu Asphalt 9 bagi jajaran smartphone. Asphalt 9 merupakan suksesor dari seri sebelumnya yaitu Asphalt 8 : Airborne. Game racing tersebut memang dikenal sebagai game racing yang menyajikan tampilan ciamik sehingga sangat cocok bagi smartphone berspesifikasi tinggi seperti Pocophone F1. Laporan yang masuk dari pengguna menyatakan bahwa Asphalt 9 tidak kompatibel dengan Pocophone F1. Namun Xiaomi sudah merilis laporan terkait hal tersebut dan menyatakan bahwa sekarang pengguna sudah bisa mulai memainkan Asphalt 9 di Pocophone F1 mereka.

Persentase Baterai Menghilang

Desain layar yang diusung oleh Pocophone adalah full-display dengan poni di bagian atasnya. Sayangnya, beberapa pengguna justru menemukan bahwa indikator persentase baterai di Pocophone mereka menghilang. Tentu saja indikator baterai menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah smartphone. Untuk bug yang satu ini, Xiaomi masih memberikan pernyataan “in progress” untuk mengategorikan bug ini sedang dalam pengerjaan pengembang.

Ikon Aplikasi Tidak Ada di Bar Status

Biasanya, saat sebuah aplikasi aktif memberikan notifikasi, maka ikon aplikasi tersebut akan muncul di sisi atas layar bertempat di bar notifikasi. Pocophone F1 memiliki bug di bagian tersebut. Jadi pengguna hanya bisa melihat notifikasi setelah menggeser bar notifikasi ke bawah. Bug ini juga masih dalam pengerjaan oleh pihak Xiaomi.

Kualitas Rekaman Video 4K 60fps

Pocophone F1 memang hadir dengan kualitas perekaman video mencapai 4K. Namun pengguna menemukan bug saat mencoba menjalankan fitur ini. Untuk kendala yang satu ini, Xiaomi memberikan label “still investigating” untuk memberitahukan kepada para pengguna bahwa permasalahan utama penyebab bug belum ditemukan.

Suara PUBG menghilang

PUBG sudah menjadi game online yang populer di kalangan para pengguna smartphone. Game ini memberikan kesempatan kepada para pemainnya untuk menjadi seorang tentara dan berperang di medan perang melawan para pemain lain secara online. Namun kendala ditemukan di Pocophone saat PUBG dimainkan dengan perangkat tersebut. Audio atau suara dari game menghilang dan menyisakan senyap saja. Xiaomi menuliskan “will fix in next version” yang berarti bug ini akan hilang di saat update berikutnya datang.

Lebih jauh, Xiaomi berjanji akan segera mengubah kebijakan bootloader unlocking bagi para pengguna yang tidak sabar dengan bug yang ada pada perangkat mereka tersebut. Bagaimanapun, langkah Xiaomi untuk mendengarkan para pelanggannya dengan merilis daftar bug Pocophone F1 tersebut tetap patut di apresiasi.