Gerai Xiaomi 24 jam di rusia
Gerai Xiaomi 24 jam di rusia

Gerai Xiaomi dibuka 24 jam di Rusia menjadi sebuah pertanda bahwa pabrikan smartphone asal Beijing ini kian gencar dalam mempromosikan produk-produk terbaiknya. Hal ini dapat dilihat bahwa dalam dua tahun terakhir, Xiaomi mulai merambah pasar internasional terutama di benua Eropa.

Gerai Xiaomi 24 jam di rusia
Gerai Xiaomi 24 jam di rusia

Kembali ke Rusia, gerai Xiaomi yang berada di Rusia memang terbilang cukup unik apabila dibandingkan dengan Mi Store yang ada di negara-negara besar lain seperti China, India, dan Indonesia. Pasalnya Mi Store di Rusia buka selama 24 jam penuh selama 7 hari. Dengan begitu, maka masyarakat Rusia pun dapat mengunjungi gerai Xiaomi kapan saja, bahkan di hari libur kerja.

Sebagai informasi, vendor Xiaomi Mobile mulai memasuki pasar Rusia di bulan April 2017 lalu. Adapun tipe smartphone yang pertama kali dipasarkan di Rusia adalah Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi Mix, dan Xiaomi Redmi 4X. Tiga ponsel inilah yang menjadi Flagship Xiaomi di Rusia. Apabila dilihat dari spesifikasinya, tiga flagship smartphone Xiaomi tersebut memang menjadi produk andalan karena spesifikasi yang diusungnya sangat gahar.

Dalam peresmian gerai Mi Store di Rusia, pihak Xiaomi juga memberikan potongan harga di setiap item yang dibeli oleh pengunjung. Misalnya untuk Xiaomi Mi Mix 2 hanya dibandrol dengan harga sekitar 7,9 juta saja. Harga aslinya adalah 10 juta rupiah. Potongan besar ini pulalah yang memiliki daya tarik pengunjung Mi Store di Moskow.

Kehadiran Xiaomi Mobil di Rusia sebenarnya memang dapat dibilang sukses. Dalam waktu 6 bulan setelah terjalin kerja sama antara Xiaomi dan RDC, distrubutor tunggal Xiaomi di Rusia, semua kegiatan promosi pun dilakukan secara gencar. Tak heran produk-produk Xiaomi pun laris manis di sini.

Pada awalnya, RDC memang menjadi distributor tunggal produk Xiaomi di Rusia. Namun baru-baru ini pihak Xiaomi juga mendirikan toko resmi mereka, Mi Store, yang berada di kota Moskow. Toko baru yang didirikan oleh Xiaomi inilah yang menjadi toko smartphone pertama di dunia yang buka selama 24 jam non stop. Pihak Xiaomi sendiri berharap bahwa Mi Store yang didirikan dapat memberikan peluang kepada seluruh masyarakat Moskow, Rusia, dalam membeli produk Xiaomi Mobile.

Adapun hal yang terjadi pada saat Gerai Xiaomi dibuka 24 jam di Rusia adalah membeludaknya pengunjung. Sebenarnya hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya produk yang diboyong oleh pihak Xiaomi Mobile ke Rusia.

Pihak Xiaomi tak hanya memboyong smarpthone gahar mereka saja, namun juga beberapa produk lain seperti Mi Bedside Lamp, Mi 4K Action Camera, Mi Smart Weighing Scale yang dikenal sebagai timbangan cerdas.

Apabila diperhatikan lebih lanjut, sebenarnya dibukanya toko smartphone 24 jam oleh vendor Xiaomi juga menjadi salah satu upaya untuk menarik perhatian pengunjung menjelang piala dunia 2018 nanti. Pasalnya, pada piala dunia 2018, Rusia lah yang akan menjadi tuan rumah.

Sepak Terjang vendor Xiaomi Mobile

Baru-baru ini vendor Xiaomi Mobile memang sedang berusaha melebarkan sayap yang lebih besar lagi, salah satunya adalah Gerai Xiaomi dibuka 24 jam di Rusia. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak Xiaomi adalah melakukan ekspnansi pasar baik dengan metode online ataupun offline. Meskipun apabila dilihat lebih jauh, metode yang paling sering digunakan oleh Xiaomi Mobile adalah metode pemasaran online.

Hal ini karena pihak Xiaomi berpendapat bahwa promosi dan diskon yang diberikan pada toko online akan lebih mampu menarik masyarakat pecinta smartphone. Meski demikian, Xiaomi Mobile juga tak mengesampingkan gerai offline mereka. Di negara asalnya sendiri, Xiaomi telah memiliki lebih dari 220 gerai yang tersebar di kota-kota besar.

Dalam tiga tahun mendatang, pihak Xiaomi mengatakan akan membuka lebih dari 1.000 gerai di kota asalnya. Hal ini karena Xiaomi memiliki target untuk menjadi produsen smartphone nomor satu di China.

Untuk saat ini, Xiaomi harus cukup bekerja keras agar produk-produknya semakin diakui dan dicintai oleh masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh developer Xiaomi adalah dengan mengeluarkan produk berkualitas namun dibandrol dengan harga terjangkau.

Sedangkan Gerai Xiaomi dibuka 24 jam di Rusia juga menjadi salah satu usaha pihak developer karena di Rusia sendiri masih sedikit vendor smartphone asal China yang berhasil sukses di sana.