MI Pad 4
MI Pad 4

Di tahun 2018 ini, Xiaomi mendapat sorotan publik dunia yang luar biasa terkait dengan smartphone yang mereka produksi. Sejauh ini, Xiaomi terkesan hanya berfokus pada produksi smartphone saja.  Namun pada kenyataannya, bersamaan dengan rilisnya Redmi 6 Pro, Xiaomi juga merilis gadget tablet terbaru yaitu MI Pad 4.

Secara fungsional tablet memang berbeda dari smartphone. Tablet sendiri adalah perpaduan antara laptop dan smartphone. Dari segi komputasi, tablet lebih tinggi jika dibandingkan dari smartphone. Namun dari sisi konektivitas internet, smartphone tentunya memiliki konektivitas yang lebih baik dari tablet. Karena semua jenis smartphone saat ini sudah didukung oleh jaringan LTE, sedangkan tablet hanya seri tertentu saja.

MI Pad 4
MI Pad 4

Sadar akan kekurangan dari tablet, Xiaomi melalui MI Pad 4 membuat terobosan baru dimana pabrikan asak Tiongkok ini membuat sejumlah perbaikan pada tablet terbarunya ini.  MI Pad 4 dirilis langsung dalam 3 versi dengan harga yang bervariatif. Perbedaan dari ketiga versi tersebut terletak pada kapasitas memory internal dan juga koneksi internet. Dari segi spesifikasi display panel, kamera hingga dapur pacu tidak terdapat perbedaan sama sekali.

Pada seri pertama MI Pad 4, koneksi internet hanya dapat didukung koneksi WIFI. Sedangkan untuk kapasitas memory internal yairu 3G/32Gb dan dibandrol dengan harga 2,3juta. Seri kedua tablet Xiaomi ini dapat mendukung jaringan internat tanpa LTE, dengan kapasitas memory 4Gb/64Gb dan dibandrol 3 juta. Untuk seri ketiga koneksi internet pada tablet sudah dapat mendukung jaringan LTE serta kapsitas memory internal mencapai 4Gb/64gb. Untuk MI Pad seri ketiga dibandrol dengan harga 3,2 juta. Semua seri MI Pad 4 dapat mendukung protokol WIFI dengan frekuensi 2,4gHz hingga 5gHz.

Ketiga seri MI Pad 4 memiliki spesifikasi hardware dan software yang sama. Mulai dari dapur pacu, display layar, kamera, kapasitas baterai serta sistem operasi yang digunakan.

Untuk menunjang performa dari tablet MI Pad 4 ini, Xiaomi menggunakan Chipset Snapdragon 660 pabrikan Qualcomm dengan clock speed 2,2gHz. Pada sisi grafis, Xiaomi menggunakan GPU Adreno 512. Kombinasi antar keduannya ini diharapkan mampu mendukung berbagai aplikasi, terutama untuk aplikasi yang berkaitan dengan grafis.

Tampilan Mi Pad 4 sangat elegant. Material body terbuat dari alumunium dengan ukuran layar sebesar 8 inchi serta aspek ratio yang tinggi yaitu 16:10, resolusi WUVGA sebesar 1020 x 1920 pixel. Dimensi body mencapai 200,2 x 120,3 dengan tingkat ketebalan mencapai 7.9 milimeter.

Pada sektor kamera, MI Pad 4 juga sangat mumpuni. Kamera depan tablet ini menggunakan fitur AI Face Unlock dengan resolusi 5 megapixel. Pada sisi kamera belakang, disematkan fitur HDR dan video record tanpa LED Flash dengan resolusi mencapai 15 megapixel. Untuk ukuran tablet, resolusi kamera yang disematkan pada MI Pad 4 sudah tergolong sangat tinggi.

MI Pad 4 disokong dengan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 6000mAh. Daya pengisian baterai sebesar 10 watt dengan menggunakan type port USB-C. Minimnya daya pengisian baterai, membuat proses charging baterai sedikit lebih lama.

MI Pad 4 menggunakan sistem operasi OS Android Oreo 8.1 dikombinasikan dengan MIUI 10. Kelebihan dari kombinasi sistem operasi tersebut antara lain:

  • Membantu kinerja RAM agar lebih maksimal dalam kecepatan akses data.
  • Memiliki kemampuan sistem pengelolaan konsumsi baterai, sehingga dapat meminimalisir penggunaan tanpa mengurangi performa tablet.
  • Mendukung berbagai jenis aplikasi yang terdapat pada Play Store.
  • Mampu menjalankan asistant virtual.
  • Memiliki kemampuan background limit yang dapat membatasi berbagai aktivitas aplikasi pada smartphone, sehingga konsumsi baterai jauh lebih sedikit.
  • Dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi tanpa lag.
  • Tingkat proteksi keamanan yang tinggi.

Jika dilihat dari aspek spesifikasi  baik dalam kategori hardware maupun software, Xiaomi membandrol  MI Pad 4 dengan harga yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tablet brand lain dengan spesifikasi yang tak jauh beda. Inilah kelebihan Xiaomi selalu fokus untuk menciptakan produk baik tablet ataupun smartphone yang efektif dan efisien bagi penggunanya. Demikian ulasan singkat mengenai tablet MI Pad 4. Semoga bermanfaat.