Xiaomi Mi 5
Xiaomi Mi 5

Dua ponsel Xiaomi ini tak lagi mendapatkan pembaruan – Apakah Anda pengguna setia smartphone Xiaomi? Jika iya, maka informasi ini tak kalah penting untuk Anda simak. Ya, pihak produsen Xiaomi telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan update ROM bagi dua produknya, yaitu Xiaomi Mi 5 dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Kedua produk yang dirilis pada tahun 2016 lalu itu memang berhasil laku dalam jumlah besar. Hanya saja, pihak Xiaomi menilai bahwa kedua smartphone itu sudah tidak membutuhkan update lagi karena ada beberapa fitur yang memang tidak relevan kalaupun tetap diupdate. Namun tenang saja, karena pihak Xiaomi telah menyediakan update versi 10.2 sebagai update terakhir yang bisa Anda lakukan.

Pada update 10.2 tersebut, Xiaomi mengklaim telah menghadirkan ROM MIUI yang stabil dan tidak ada lagi bug ataupun kendala lainnya. Hal seperti ini sebenarnya juga sudah tidak aneh lagi karena produsen Xiaomi memang terbiasa menghentikan update untuk produknya yang sudah berusia 2 atau 3 tahun lebih. Jadi jangan kaget ya jika nantinya Anda merasa bahwa dua ponsel Xiaomi ini tak lagi mendapat pembaruan.

Xiaomi Mi 5 Mantan Smartphone Flagship Berspesifikasi Tinggi

Xiaomi Mi 5
Xiaomi Mi 5

Bagi Anda para pengguna Mi 5 sebenarnya tidak perlu sedih walau Xiaomi tak lagi mengeluarkan pembaruan. Karena pada dasarnya smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat tinggi di kelasnya. Bahkan dulunya saat pertama kali dirilis, Xiaomi Mi 5 mampu menjadi smartphone falgship yang paling laku di pasaran.

Dengan mengandalkan prosessor sekelas Snaprdagon 820, tak heran jika Xiaomi Mi 5 masih relevan untuk digunakan sekarang. Karena prosessor ini sejatinya sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game sekarang ini.

Namun jika dibandingkan dengan produk terbaru dari Xiaomi di tahun 2018 atau 2019 nantinya, tentu saja Mi 5 sudah ketinggalan zaman. Bahkan rumornya pihak produsen Xiaomi telah menyiapkan produk Mi 9 yang akan menggantikan posisi Mi 8.

Alternatif Smartphone Xiaomi sebagai Pengganti Redmi Note 3 Pro

Xiaomi Redmi Note 5 pro
Xiaomi Redmi Note 5 pro

Jika Anda sampai sekarang masih setia menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, maka sebaiknya Anda mengetahui bahwa sekarang ini telah ada smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi. Jadi bagi Anda yang masih ingin mendapatkan update ROM, sebaiknya beralih saja ke Redmi Note 5 Pro yang masih mendapat pembaruan dan pastinya spesifikasi jauh lebih tinggi.

Seperti contohnya fitur image stabilizer yang membuat Redmi Note 5 pro mampu memotret ataupun merekam video secara stabil walau Anda gunakan sambil berjalan-jalan. Atau bahkan dari segi prosessor dan RAM yang sekarang semakin berkembang sehingga sesuai dan cocok untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game kekinian.

Tips Mengatasi Update yang Tidak Muncul Pada Tipe Lainnya

Xiaomi Update
Xiaomi Update

Apakah Anda pengguna smartphone Xiaomi dengan tipe selain Mi 5 dan Redmi Note 3 Pro? Jika iya, maka seharusnya Anda masih bisa melakukan update untuk MIUI terbaru hingga beberapa bulan ke depan. Ya, setiap smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi dan dirilis di atas tahun 2016 harusnya masih mendapatkan update, sesuai dengan janji dan perintah dari pihak produsen Xiaomi.

Namun jika ternyata tidak bisa mengupdate, maka ada beberapa hal yang perlu Anda periksa. Salah satunya adalah memastikan bahwa produk tersebut merupakan produk ROM original yang mana selalu menerima notifikasi update. Lalu smartphone Anda juga belum di root dan tidak di moddin agar sistem tetap dapat berjalan dengan normal.

Smartphone Xiaomi degan ROM Custom juga biasanya tidak akan bisa diupdate. Jadi sebelum menyalahkan produsen, cobalah kembali memeriksa kondisi smartphone kalian. Dan apabila ternyata tidak ada hal yang aneh namun tetap tidak bisa mengupdate pembaruan, maka Anda bisa masuk ke menu setting lalu mengaktifkan notifikasi pembaruan otomatis. Agar setiap ada pembaruan, sistem MIUI akan secara otomatis mengupdate, baik menggunakan kuota data internet maupun jaringan WiFi yang gratis.

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami beri seputar dua ponsel Xiaomi ini tak lagi mendapat pembaruan, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.