Xiaomi Mi 6 Plus
Xiaomi Mi 6 Plus

Sebenarnya Xiaomi Mi 6 Plus belum termasuk flagship lawas karena baru dirilis 1 tahun lalu atau tepatnya April 2017. Namun rumor munculnya sang penerus yakni Xiaomi Mi 7 sedikit banyak ‘mengancam’ posisi Mi 6 dipasaran. Minimal apabila Mi 7 benar-benar diluncurkan pada Mei 2018 ini maka hampir bisa dipastikan Mi 6 maupun Mi 6 Plus akan mengalami penurunan harga yang cukup signifikan.

Jika dilihat dari spesifikasinya Xiaomi Mi 6 Plus hadir membawa segudang keunggulan. Bukan hanya dari disain bodi saja yang mewah, namun dari sektor dapur pacu dan kamera Smarphone ini benar-benar bisa diandalkan. Buat Mi Fans yang belum memiliki flagship mewah dari Xiaomi ini, sebaiknya segera bersiap-siap karena diprediksi Mi 6 akan turun harga gila-gilaan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini keunggulan Xiaomi Mi 6 Plus yang harus Anda ketahui.

Desain Bodi

 Xiaomi Mi 6 Plus
Xiaomi Mi 6 Plus

Xiaomi Mi 6 Plus memiliki luas layar 5.7 inchi tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen. Perangkat ini memiliki kedalaman warna 16 juta colors dengan perlindungan antigores corning gorilla glass 5. Untuk resolusinya sendiri sudah mengusung resolusi layar Full HD 1080 x 1920 pixels (~386 ppi pixel density). Sementara operating system Mi 6 Plus sudah menggunakan OS Android 7.0 Nougat dalam balutan antarmuka MiUI 8.

Mi 6 Plus dibalut frame metal layaknya ponsel premium dengan casing belakang berlapis kaca.  Disainnya terlihat stylish meskipun belum mengadopsi layar lengkung pada kedua sisinya.

Kamera

Salah satu nilai jual Xiaomi Mi 6 Plus terletak pada sektor kamera. Smartphone ini dibekali kualitas dual kamera dibagian belakang masing-masing berkekuatan 12 MP (dual-LED dual-tone flash, phase detection autofocus) sensor Sony IMX362. Hebatnya lagi kamera Mi 6 Plus ini sudah memiliki kemampuan merekam video 4K 2160p@30fps.

Sedangkan untuk bagian depan sudah tersedia kamera beresolusi 8 MP yang mampu merekam video kualitas 1080p, sekaligus untuk selfie dan video call. Meskipun belum mampu menghasilkan video kualitas 4K namun kamera depan Mi 6 Plus dipastikan sangat jernih seperti iPhone 7+ atau 8+. Ini karena kamera depan Mi 6 Plus sudah menggunakan teknologi Ultrapixel sehingga mampu menghasilkan video dan foto selfie yang tetap jernih.

Chipset – RAM – ROM

Xiaomi Mi 6 Plus dibekali chipset kelas dewa dari Qualcomm yakni Snapdragon 835 Octa-core 4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo. Untuk memaksimalkan kinerja prosessornya perangkat ini sudah dibekali RAM sebesar 6GB dengan piilhan internal storage 64GB atau 128GB. Adapun sistem pengolah grafis sudah ditanam GPU Adreno 540 yang cukup handal untuk berbagai aktivitas mobile.

Keamanan dan Konektivitas

Menjadi salah satu flagship terbaik saat ini wajar jika Mi 6 Plus dibekali sistem keamanan tingkat tinggi, misalnya pemindai sidik jari. Smartphone ini juga didukung fitur konektivitas yang mumpuni. Selain Port USB Type-C untuk transfer data cepat, juga ada Wi-Fi berteknologi Dual Band, GPS, dan Bluetooth versi terbaru.

Baterai

Berbeda dari Mi 6 yang hanya menggunakan baterai 3010 mAh, Xiaomi Mi 6 Plus dibekali baterai sangat besar yaitu 4.500 mAh. Untuk proses pengisian daya bisa dilakukan secara cepat karena sudah menggunakan teknologi Quick Charge 3.0. Ini memungkinkan baterai bisa diisi penuh kurang dari 1 jam.

Munculnya generasi terbaru dari sebuah tipe Smartphone mengakibatkan turunnya harga produk sebelumnya secara drastis. Begitu juga dengan Xiaomi Mi 6 Plus ini yang semula dipasarkan Rp 6 jutaan, sekarang terjun bebas dikisaran Rp 4 jutaan saja. Bagaimana, Apakah Anda tertarik membelinya?