Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8

Alasan Xiaomi Rilis Banyak Ponsel – Tahun ini nampaknya menjadi tahun aji mumpung bagi Xiaomi. Vendor smartphone terbesar ke 3 di dunia ini tercatat sudah menelurkan 10 tipe ponsel di tahun 2018. Berbagai spekulasi pun muncul dari berbagai pihak. Sedangkan,  di tahun sebelumnya Xiaomi  hanya merilis 6 tipe ponsel saja.  Bahkan, Xiaomi juga kini menerapkan sistem flash sale sebagai strategi pemasaran untuk setiap ponsel yang mereka rilis. Strategi tersebut nampaknya juga sukses menarik perhatian karena dalam hitungan menit saja, produk Xiaomi sudah ludes. Lalu, apa sebenarnya alasan Xiaomi rilis banyak ponsel pada tahun 2018 ini?  Berikut akan kami ulas mengenai perilisan ponsel Xiaomi yang tak biasa tersebut:

Daftar Ponsel Xiaomi Yang Dirilis Pada Tahun 2018

  1. Xiaomi Redmi S2

Xiaomi Redmi S2

Ponsel pertama yang dirilis Xiaomi  pada tahun 2018  adalah Redmi S2. Tepatnya pada bulan Mei lalu. Seperti biasa, Xiaomi selalu menawarkan spesifikasi fantastis dengan harga terjangkau. Sektor yang paling menonjol dari seri Redmi 25 sendiri adalah bagian kamera depannya yang beresolusi 16 MP dengan fitur AI yang mampu menghasilkan efek  bokeh.  Sedangkan Kamera belakangnya memakai dual kamera beresolusi 2+5 MP.

  1. Xiaomi Mi 8 SE
Xiaomi Mi 8 SE
Xiaomi Mi 8 SE

Masih pada bulan Mei, Xiaomi juga merilis seri Mi 8 SE. Ponsel tipe ini digadang-gadang menjadi ponsel yang mengadaptasi chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu snapdragon 710 dengan harga murah. Selain itu, pada sektor kamera Mi 8 SE juga nampak menggiurkan dengan dua kamera pada bagian belakang dengan konfigurasi 12+5 MP dan kamera depan sebesar 20 MP.

  1. Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8

Seri lain dari Mi 8 juga diluncurkan pada bulan Mei. Bisa dibilang, Xiaomi Mi 8 adalah seri yang lebih berkelas dari Mi 8 SE. Dari mulai kamera, dapur pacu, hingga desainnya, Mi 8 benar benar merepresentasikan ponsel high end dengan harga yang boleh diadu dengan vendor smartphone lain.

  1. Xiaomi Mi 8 Explorer
Xiaomi Mi 8 Explorer
Xiaomi Mi 8 Explorer

Masih dari seri Mi 8, pada bulan berikutnya Xiaomi  merilis Mi 8 Explorer. Seri ini  adalah seri eksklusif dari  Mi 8 karena didesain dengan ciamik. Lihat saja bodi belakang Mi 8 Explorer yang didesain agar terlihat transparan dan menampakkan motherboard sehingga memberi kesan mewah. Tak berhenti sampai disitu, yang membuat ponsel ini semakin spesial juga adalah pemberian RAM yang lebih besar dari seri Mi 8 yang lainnya, yaitu 8GB.

  1. Xiaomi Mi Max 3
Xiaomi Mi Max 3
Xiaomi Mi Max 3

Pada bulan Juli, kini giliran ponsel Mi Max 3 yang diluncurkan. Ponsel yang mengedepankan kapasitas baterai yaitu 5.500 mAh dan layar lebar yaitu 5,99 inci nampaknya ditargetkan untuk mereka yang gemar bermain game dan menonton film di ponsel.

  1. Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite
Xiaomi A2 vs A2 lite
Xiaomi A2 vs A2 lite

Xiaomi Mi A2 Lite juga diluncurkan pada bulan Juli. Ponsel ini merupakan ponsel besutan Xiaomi yang menerapkan sistem operasi android murni. Selain itu, ponsel ini juga termasuk ponsel dengan kapasitas baterai besar yaitu 4.000 mAh dengan harga rendah. Dalam waktu bersamaan, Xiaomi juga merilis seri Mi A2. Perbedaan signifikan ponsel ini dengan seri Lite nya adalah penggunaan snapdragon 660 pada dapur pacunya sehingga Mi A2 berperforma lebih gesit.

  1. Xiaomi Pocophone F1
Xiaomi Pocophone F1
Xiaomi Pocophone F1

Pada bulan Agustus, Xiaomi merilis seri Pocophone F1 yang menjadi kejutan untuk pesaingnya karena ponsel ini mengadaptasi  snapdragon 845 dengan harga yang jauh lebih murah dari ponsel brand lain dengan tipe yang sama.

  1. Xiaomi Redmi 6, Redmi 6A, dan Redmi Note 6 Pro
Note 6 Pro
Note 6 Pro

Selanjutnya ada seri Redmi 6 yang juga hadir dengan dual kamera pada bagian belakang dan RAM 2 GB, serta ROM 32GB. Selain itu, seri ini juga tersedia dengan bekal RAM lebih besar yaitu 4GB dan ROM 64GB. Ada juga Redmi 6A yang harganya lebih terjangkau dari Redmi 6. Tentunya dengan spesifikasi yang juga berbeda. Seri selanjutnya adalah Redmi Note 6 Pro yang didesain secara elegan dengan spesifikasi mumpuni.

Alasan Xiaomi Rilis Banyak Ponsel

Beberapa hal berikut mungkin menjadi alasan Xiaomi rilis banyak ponsel:

  1. Memperluas Ekspansi Penjualan Secara Offline

Menurut analis dari Counterpoint, alasan Xiaomi rilis banyak ponsel adalah untuk memperluas ekspansi penjualan secara offline karena seperti yang kita tahu, Xiaomi merupakan vendro smartphone yang tak mengiklankan produknya melalui media televisi.

  1. Memberi Pilihan Kepada Konsumen

Seperti yang kita tahu, konsumen ponsel Xiaomi  sangatlah banyak dan tidak semua dari mereka memiliki kebutuhan yang sama. Oleh karena itu, Xiaomi meluncurkan banyak ponsel dengan spesifikasi dan harga yang variatif agar para penggemarnya bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya Xiaomi pocophone ditujukan untuk mereka yang gemar bermain game, sedangkan Mi A2 untuk mereka yang suka berswafoto.

  1. Menguasai Pasar Smartphone

Sudah menjadi rahasia umum jika pasar smartphone kian ramai. Dengan, merilis banyak ponsel, tentu ini menjadi strategi sendiri agar Xiaomi tetap bisa bersaing dengan brand lain.

Itulah alasan Xiaomi rilis banyak ponsel yang bisa kami sampaikan. Walau bagaimanapun, Xiaomi adalah vendor smartphone produktif yang masih menjadi pilihan banyak orang dalam persaingan pasar smartphone.