Mi remote
Mi remote

Xiaomi memang seolah tidak pernah kehabisan ide untuk menghadirkan inovasi dari setiap produk smartphonenya. Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh pabrikan asal Tiongkok ini adalah aplikasi Mi Remote. Secara sederhana, aplikasi ini dapat digunakan oleh para pengguna untuk mengatur berbagai perangkat elektronik termasuk AC.

Meskipun fungsinya begitu futuristik, cara menggunakan remote Xiaomi sebagai remote AC ini tidaklah rumit. Anda bisa mengaplikasikan penggunaan aplikasi ini untuk mengatur AC di berbagai ruangan. Mulai dari kamar tidur, ruang tamu, kantor hingga tempat umum. Namun, sebelum membahas mengenai cara penggunaannya, Anda perlu mengetahui definisi aplikasi Mi Remote.

Apa itu aplikasi Mi Remote?

 Mi Remote
Mi Remote

Mi Remote merupakan aplikasi bawaan yang terdapat pada perangkat smartphone Xiaomi. Anda dapat menemukan aplikasi Mi Remote ini pada semua model smartphone Xiaomi dengan MIUI 9. Keberadaan aplikasi ini membuat Anda bisa mengontrol berbagai perangkat elektronik dengan menggunakan smartphone Xiaomi yang dimiliki. Beberapa perangkat elektronik yang bisa diatur oleh aplikasi Mi Remote diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mi TV/Mi Box.
  2. Kipas Angin.
  3. A/V Receiver.
  4. DVD Player.
  5. Projector (Infocus).
  6. Cable Satelite Box.

Cara menggunakan remote Xiaomi sebagai remote AC

Remote AC
Remote AC

Mi Remote memang bisa digunakan untuk mengoperasikan berbagai perangkat elektronik. Salah satu perangkat elektronik yang didukung oleh aplikasi ini adalah AC. Jadi, sekarang Anda dapat menggunakan aplikasi Mi Remote untuk mengatur suhu AC dengan praktis. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatur AC dengan memakai Mi Remote.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Mi Remote yang terdapat pada smartphone Xiaomi.
  2. Setelah aplikasi terbuka, maka akan muncul jendela baru kemudian klik pada menu “Tambah Remote.”
  3. Selanjutnya, pilihlah salah satu perangkat elektronik yang ingin Anda kontrol. Sebagai contoh, kali ini Anda akan menggunakan Mi Remote untuk mengontrol AC di rumah.
  4. Berikutnya, Anda tinggal memilih opsi menu “AC”. Setelah menu “AC” dipilih, maka akan muncul pemberitahuan berupa “Arahkan remote ke AC dan tekan tombol. Lepas saat AC merespon.”
  5. Apabila AC telah merespon, maka segera berikan feedback pada pemberitahuan yang muncul. Pemberitahuan yang muncul adalah berupa pertanyaan “Perangkat Merespon?” Pilih opsi “Ya” karena AC telah merespon.
  6. Anda akan masuk ke jendela baru lagi. Disini, Anda harus mengisikan nama perangkat yang baru saja dikontrol pada kolom “Masukkan Nama Perangkat.”
  7. Jika Anda telah mengisi nama perangkat, ini artinya Mi Remote pada smartphone Xiaomi bisa digunakan untuk mengontrol AC.
  8. Terakhir, saat Anda hendak mematikan AC menggunakan Mi Remote, bukalah menu pengaturan. Kemudian, arahkan smartphone Xiaomi Anda ke perangkat AC. Setelah proses ini, Anda akan menerima pemberitahuan baru “Perangkat dihidupkan/dimatikan?” Dikarenakan Anda ingin mematikan AC jadi pilihlah opsi “Ya”.

Penyebab aplikasi Mi Remote tidak berfungsi

Mi remote
Mi remote

Mi Remote merupakan aplikasi smartphone bawaan dari pabrikan Xiaomi. Namun, kondisi ini tidak menjami aplikasi ini akan berfungsi 100% saat digunakan. Umumnya, ada tiga penyebab mengapa Mi Remote tidak dapat digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik. Ketiga penyebab tersebut adalah cacat produk, aplikasi tidak terhubung ke jaringan internet, dan rusak atau erronya infrared

  1. Cacat produk

Penyebab tidak berfungsinya aplikasi Mi Remote kemungkinan bisa disebabkan oleh cacat produk. Cacat produk merupakan kesalahan dari pihak pabrikan saat proses produksi smartphone Xiaomi. Meskipun cara menggunakan remote Xiaomi sebagai remote AC itu mudah, tapi jika smartphonenya cacat produk tetap saja aplikasi tidak berfungsi. Oleh sebab itu, solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mengajukan klaim garansi ke service center.

  1. Tidak terhubung ke jaringan internet

Apabila aplikasi Mi Remote di smartphone Anda tidak bisa digunakan untuk mengontrol AC, maka cobalah periksa terlebih dahulu kuota internet. Hal ini dikarenakan bisa jadi tidak berfungsi aplikasi Mi Remote karena kuota internet yang Anda miliki sudah habis. Penggunaan aplikasi Mi Remote memang membutuhkan dukungan akses internet. Oleh karena itu, jika Anda ingin merasakan manfaat praktis aplikasi ini pastikan kuota internet masih tersedia.

  1. Rusak atau errornya infrared

Infrared merupakan sensor yang berada di atas atau ujung smartphone Xiaomi. Letak infrared berdekatan dengan lubang headset dan umumnya berada di posisi tengah. Kerusakan pada infrared juga bisa menjadi penyebab tidak berfungsi aplikasi Mi Remote untuk mengatur berbagai perangkat elektronik. Rusak atau errornya sensor infrared bisa disebabkan smartphone Xiaomi pernah atau sering terjatuh. Peristiwa ini akhirnya mempengaruhi kinerja hardware dari sistem infrared tersebut.

Kini, Anda tidak perlu kebingungan lagi apabila remote AC mengalami kerusakan. Anda juga tidak usah bingung bilamana remote AC bawaan perangkat tersebut ternyata hilang. Dengan hadirnya aplikasi Mi Remote pada smartphone Xiaomi, maka peranan remote bisa tergantikan. Kemudian, dari segi cara menggunakan remote Xiaomi sebagai remote AC pun cukup mudah untuk diaplikasikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.