Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Mi Mix 3

Sebagai salah satu perusahaan yang mengantongi izin ritel smartphone dengan konektivitas 5G, Lin Bin, Presiden Xiaomi, baru-baru ini mengumumkan kesuksesan uji coba jaringan tersebut dengan smartphone 5G Xiaomi. Selain Xiaomi, uji coba tersebut dilakukan oleh beberapa vendor lain yang juga mengantongi izin OEM untuk produksi smartphone 5G seperti Oppo.bocoran mengenai hadirnya teknologi jaringan internet generasi kelima tersebut ditulis oleh Lin Bin pada aman jejaring sosial China, Weibo.

Di dalam status yang diunggahnya, Lin Bin mengatakan bahwa smartphone dari Xiaomi berhasil membuka sinyal 5G dan koneksi data link. Dia juga memaparkan bahwa perangkat 5G tersebut akan mulai resmi tersedia di pasaran pada tahun depan.

Smartphone 5G Xiaomi
Smartphone 5G Xiaomi

Namun yang menjadi perhatian bukan hanya foto indikator sinyal yang ada pada smartphone yang digunakan. Para pengamat justru lebih tertarik untuk membicarakan kira-kira smartphone apa yang digunakan oleh Lin Bin tersebut sebagai prototipe uji coba jaringan 5G tersebut. banyak yang berspekulasi jika perangkat yang ada di foto unggahan Lin Bin tersebut adalah generasi terbaru dari jajaran lini produksi Mi Mix, yaitu Mi Mix 3.

Bukan tanpa alasan. Kabar sebelumnya yang juga masih bersumber dari postingan Lin Bin di Weibo beberapa waktu lalu. Postingan tersebut sengaja di unggah oleh Lin Bin untuk menggoda para Mi Fans dengan kehadiran lini baru Mi Mix. Foto tersebut kemudian dibagikan kembali oleh juru bicara Xiaomi Global, Donovan Sung dengan menambahi caption di bawahnya bertuliskan “meluncur Oktober”.

Namun ada beberapa perbedaan yang terdapat di kedua foto unggahan Lin Bin tersebut. Saat dia memamerkan bakal calon Mi Mix 3, desain yang diusung memperlihatkan adanya kamera dengan mekanisme geser. Jadi kamera diposisikan berada dibawah layar dan akan aktif setelah layar utama tersebut digeser ke bawah. Mekanisme kamera tersembunyi sebelumnya sudah diadopsi terlebih dahulu oleh Vivo Nex S dan Oppo Find X. Honor juga mengeluarkan model kamera tersembunyi dengan menghadirkan Honor Magic 2. Mekanisme ini dipilih karena akan membuat layar menjadi tampak lega dan terbebas dari poni yang sering dianggap “mengganggu”.

Sedangkan untuk foto yang diunggah saat Lin Bin selesai menguji jaringan 5G memperlihatkan smartphone dengan layar luas tanpa adanya mekanisme kamera geser seperti di foto sebelumnya. Memang, jika dilihat sekilas, smartphone yang digunakan pastinya akan masuk ke jajaran produk Mi Mix mengingat tidak adanya bezel sama sekali yang terdapat di sisi atas smartphone.

Belum ada kepastian mengenai jenis dan seri perangkat tersebut, namun mengingat waktu perilisannya yang dekat, bisa jadi identifikasi perangkat tersebut sebagai Mi Mix 3 sangat beralasan.

Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Mi Mix 3

Selanjutnya, dalam gambar uji coba tersebut terlihat bahwa Xiaomi menguji dua band jaringan 5G, yaitu band N78 (20 MHz) dan N257 (100 MHz). Sebelumnya, Oppo sudah terlebih dahulu melakukan uji coba, namun hanya pada satu band saja yaitu N78.

Lebih jauh, Lin Bin menuliskan jika hasil uji coba jaringan 5G yang sudah dilakukan tersebut sanggup mencapai sepuluh kali lipat dari kecepatan 4G. Ia juga yakin jika Xiaomi bakal menjadi vendor yang bisa memasarkan smartphone 5G pada awal-awal peluncurannya pada tahun depan nanti. Mungkin presiden Xiaomi tersebut ingin mengejutkan kembali para penggemarnya dengan menghadirkan salah satu smartphone 5G tersebut.

Sebagai informasi, jaringan 5G memang sudah lama didengungkan mulai awal tahun ini. Di Amerika, bahkan beberapa operator penyedia layanan mulai berbondong-bondong meningkatkan sarana dan fasilitasnya. Hal tersebut guna mendukung rencana dimulainya era 5G yang tentu juga membutuhkan adanya dukungan perangkat baru. Untuk membuat jaringan 5G bekerja dengan baik, perangkat penyalur sinyal harus memiliki dukungan spektrum frekuensi rendah (600 MHz dan 700 MHz), menengah pada rentang 3,5 GHz, dan tinggi pada 50 GHz.

Sedangkan dari sisi semartphone, Qualcomm juga sudah memamerkan smartphone pertama dengan chipset yang sudah mendukung jaringan 5G. Belum ada yang tahu pasti dengan smartphone yang digunakan tersebut. Hanya terlihat jika smartphone tersebut mengusung layar lebar dengan dua kamera depan saja. Apakah benar itu smartphone 5G Xiaomi juga belum ada yang mengetahuinya.