Xiaomi Mi 7
Xiaomi Mi 7

Rumor tentang spesifikasi Xiaomi Mi 7 memang sudah menyebar. Berawal dari munculnya bocoran tentang produk smartphone terbaru yang sedang digarap oleh Xiaomi dalam sebuah forum, akhirnya para XDA-Developers mencari informasi terkait Xiaomi Mi 7 serta spesifikasi lengkap yang diusungnya.

Mengutip dari laman GSM Arena, smartphone terbaru Xiaomi ini mengusung spesifikasi yang sangat mumpuni jika dibandingkan dengan produk Xiaomi yang lainnya. Jika dilihat dari namanya saja, Xiaomi Mi 7 menjadi penerus dari Xiaomi Mi 6 dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Apabila Xiaomi Mi 6 mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang setara dengan Galaxy S8 dari Samsung, maka menurut bocoran prosesor yang digunakan oleh Xiaomi Mi 7 adalah Qualcomm Snapdragon 845. Jauh lebih gahar dibandingkan Xiaomi Mi 6.

Inilah Spesifikasi Smartphone Terbaru Xiaomi Mi 7

Xiaomi Mi 7
Xiaomi Mi 7

Berbicara mengenai spesifikasi Mi 7, Anda mungkin akan sadar bahwa produk smartphone ini akan mengusung spesifikasi yang cukup berbeda mengingat kebutuhan pasar terhadap smartphone canggih semakin lama semakin meningkat. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan aplikasi smartphone yang kian beragam. Dari hal itu, maka dibutuhkan sebuah smartphone canggih dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dalam menjalankan aplikasi berat sekaligus. Apabila Anda penasaran dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 7, simak ulasan berikut.

Tampilan

Smartphone Xiaomi Mi 7 mengusung layar bertipe IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu menampilkan hingga 16 juta warna dengan ukuran layar 5.65 inchi. Layar tersebut mampu menghasilkan gambar beresolusi 1080 x 2160 pixel dengan kerapatan ~427 ppi. Untuk melindungi layar dari goresan, Xiaomi menyematkan Corning Gorilla Glass meskipun belum ada bocoran versi berapa yang akan digunakan, apakah class 4 atau class 5.

Platform

Spesifikasi Xiaomi Mi 7 yang tak boleh dilewatkan adalah mengenai platform atau dapur pacu yang disematkan di dalamnya. Sebagai salah satu smartphone andalan Xiaomi, Mi 7 akan menggunakan sistem operasi teranyar yakni OS Android v8.0 Oreo yang disempurnakan dengan MIUI 9.0.

Sedangkan pada area dapur pacu, chipset Qualcomm Snapdragon 845 akan setia dalam memberikan pengalaman Mi Fans dalam merasakan sensasi smartphone high-end ala Xiaomi. Terdapat CPU Octa Core yang terdiri dari quad core Kryo 385 Gold berkecepatan 2,8 GHz serta quad core Kryo 385 Silver berkecepatan 1,8 GHz. Untuk mengolah grafis smartphone agar lebih halus dan tidak mudah mengalami gradasi warna, Xiaomi Mi 7 menyematkan GPU Adreno 630.

spesifikasi Xiaomi Mi 7
spesifikasi Xiaomi Mi 7

Semua dapur pacu di atas akan semakin lengkap dengan adanya ukuran RAM besar yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 7. Mengenai ukuran RAM, Mi Fans dapat memilih salah satu dari 2 versi RAM yang disediakan oleh Mi 7. Misalnya untuk RAM 8 GB, Mi Fans akan memperoleh smartphone dengan kapasitas memori internal sebesar 128 GB. Sedangkan pada RAM 6 GB, terdapat Xiaomi Mi 7 dengan memori internal sebesar 64 GB saja. Jadi Anda dapat memilih, ingin fokus pada RAM atau kapasitas memori internal. Pasalnya tidak terdapat slot micro SD pada produk ini.

Kamera

Beralih pada spesifikasi kamera Xiaomi Mi 7, produk ini dijamin dapat menjadi pilihan terbaik bagi Mi Fans yang suka mengabadikan moments. Hal ini karena terdapat dual kamera belakang beresolusi 16 MP yang disertai dengan fitur 2 x optical zoom, dual-LED flash, auto focus, dan phase deteciton. Kamera ini dapat menghasilkan video beresolusi 2160@30fps. Pada kamera depan, Xiaomi Mi 7 menawarkan kamera beresolusi 8 MP yang juga dapat digunakan untuk menghasilkan video beresolusi 1080p.

Fitur Lainnya

Ulasan mengenai spesifikasi Xiaomi Mi 7 tak akan lengkap tanpa membahas mengenai fitur-fitur tambahan yang dimiliki oleh smartphone ini. Pada bagian sensor, Mi Fans disediakan sensor fingerprint, gyro, accelerometer, compass, proximity, dan barometer. Sedangkan untuk jaringan, terdapat WLAN, Bluetooth, NPC, GPS, USB, dan Infrared port. Sedangkan untuk daya baterai sendiri, Xiaomi Mi 7 menggunakan tipe non-removable battery Li-Po berkapasitas 4.480 mAh.

Satu pertanyaan yang tak boleh dilupakan. Berapa harga Xiaomi Mi 7? Dikutip dari GSM Arena, smartphone ini dibandrol dengan harga 350 EUR atau setara dengan 5,9 juta rupiah. Spesifikasi Xiaomi Mi 7 5,9 jutaan tersebut memang sangat sesuai dan tidak menghilangkan kesan smartphone murah khas pabrikan asal Tiongkok tersebut. Itulah ulasan tentang spesifikasi Xiaomi Mi 7, semoga bermanfaat.