Rumor Xiaomi Mi 6X
Rumor Xiaomi Mi 6X

Bocoran rumor Xiaomi Mi 6X dengan kamera ganda mirip iPhone X akhirnya terungkap. Pasalnya beberapa waktu lalu, rumor spesifikasi smartphone yang menjadi penerus dari Xiaomi Mi 5X ini sudah sudah menyebar di media lokal negeri Tiongkok. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya terdapat 2 foto yang berbeda mengenai Xiaomi Mi 6X, yakni produk yang menggunakan warna black dan gold.

Rumor Xiaomi Mi 6X
Rumor Xiaomi Mi 6X

Dalam sebuah purwarupa atau prototype smartphone yang diklaim sebagai Xiaomi Mi 6X tersebut, memang tak menunjukkan logo khas Xiaomi, yakni ‘Mi’ pada smartphone. Hanya saja, terlihat stiker yang berupa nomor model smartphone yang berada di bagian belakang bodi.

Dikutip dari Gizmochina mengenai tampilan dari Xiaomi Mi 6X, dikatakan bahwa smartphone ini memang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan iPhone X. Terdapat dual camera di belakang bodi smartphone.

Hal yang memperkuat rumor tersebut adalah pada bagian kamera ganda, Mi 6X juga menempatkan dual LED flash yang berada tepat di antara kedua lensa. Apabila dilihat sekilas, kedua smartphone ini, iPhone X dan Xiaomi Mi 6X, memiliki tampilan yang sangat serupa. Meski belum diketahui berapa megapiksel kamera yang diusung oleh Mi 6X, apakah menyerupai kamera iPhone X sebesar 12 megapiksel atau tidak.

Pada foto ‘replika’ Xiaomi Mi 6X tersebut, juga terlihat salah satu ciri khas dari produk Xiaomi yakni letak finger print atau pemindai sidik jari yang tetap berada di tengah, tepatnya di bawah kamera utama.

Melihat dari tampilan depannya, produk Xiaomi Mi 6X mengusung layar dengan rasio sebesar 18:9. Sedangkan untuk ukuran layarnya, produk ini menggunakan bentang layar seluas 5,9 inchi. Pada bagian bezel atau bingkai smartphone terlihat cukup tebal.

Dirangkum dari laman GSM Arena, pada Minggu (11/2/2018), smartphone Xiaomi Mi 6X akan menjadi salah satu produk besutan Xiaomi yang menggunakan chipset Surge S2, yang menjadi chipset buatan Xiaomi sendiri. Hal yang memperkuat asumsi ini adalah ketika beberapa waktu lalu, developer Xiaomi telah mengatakan bahwa mereka sedang fokus dalam mengembangkan chipset Surge S2.

Sebagai informasi, chipset Surge S2 merupakan chipset yang nantinya akan diaplikasikan pada smartphone premium Xiaomi. Rencananya, chipset ini akan diluncurkan pada gelaran ajang MWC (Mobile World Congress) 2018 yang akan diadakan akhir Februari 2018 di Barcelona, Spanyol.

Mengenai spesifikasi dari chipset Surge S2, hardware ini mengusung CPU Octa Core dengan 4 CPU Cortex A73 berkecepatan 2.2 GHz dan 4 CPU Cortex A53 berkecepatan 1.8 GHz. Sementara pada bagian grafis, GPU yang akan menyertai chipset ini adalah GPU Mali-G71 MP8.

Seperti yang kita tahu, pada beberapa produk smartphone premium dari Xiaomi, chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon. Dengan munculnya chipset teranyar ini, pihak Xiaomi ingin membuktikan bahwa mereka juga dapat melakukan inovasi terkait hardware pada produk mereka sendiri.

Mengintip Prediksi Spesifikasi Xiaomi Mi 6X

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa rumor Xiaomi Mi 6X dengan kamera ganda mirip iPhone X belum dapat dibuktikan sebelum Xiaomi resmi merilis informasi tersebut, namun menilik dari berbagai sumber, ada prediksi tentang spesifikasi apa saja yang diusung oleh smartphone ini.

Xiaomi Mi 6X
Xiaomi Mi 6X

Dengan letak dan bentuk kameranya, yang memang mirip dengan iPhone X, kemungkinan besar resolusi kamera yang diusung adalah 12 megapiksel pada kamera utama dan 8 megapiksel untuk kamera depan. Hal ini didasarkan pada beberapa produk keluaran Xiaomi yang juga mengusung dual kamera utama.

Mengenai OS yang digunakan, kemungkinan smartphone ini akan menggunakan OS Android v8.0 Oreo dengan MIUI 9. Pada bagian memori internal terdapat 64/128 GB RAM yang disertai dengan 6 GB RAM. Selain itu, Mi Fans juga dapat memanfaatkan slot micro SD untuk menambah memori hingga 256 GB.

Dengan prediksi dapur pacu tersebut, maka Xiaomi Mi 6X harusnya menjadi versi low-end dari produk Xiaomi sebelumnya, yakni Mi 6. Hal ini seperti ketika keluarnya Xiaomi Mi 5X yang menjadi versi low-end dari produk Mi 5C. Demikian sedikit informasi mengenai rumor Xiaomi Mi 6X dengan kamera ganda mirip iPhone X.