Sinyasl 4G Di Redmi 3 PRO Hilang Setelah Update Rom ? Ini Dia Penyebabnya !

Sebagian dari Anda mungkin ada yang mengalami hal ini dan masih kebingungan mengapa sinyal 4G di smartphone Xiaomi Redmi 3 atau Redmi 3 PRO Anda tiba-tiba saja menghilang setelah melakukan update ROM padahal Anda sudah melakukannya dengan benar. Berbagai cara sudah Anda lakukan untuk memunculkan kembali sinyal 4G di HP Anda namun belum menemui titik temu.

Ternyata, alasan dibalik hilangnya sinyal 4G di HP Anda setelah melakukan update ROM disebabkan karena adanya masalah regulasi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia menerapkan kebijakan dimana vendor smarthpne harus memenuhi persyaratan KTDN 30% yang ditetapkan oleh pemerintah. TKDN adalah nilai atau presentase dari komponen yang diproduksi di Indonesia alias buatan Indonesia yang harus terdapat pada setiap smartphoen 4G yang diapsarkan di Indonesia.

Dalam kasusnya, Xiaomi tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut dan oleh sebab itu satu-satunya cara yang mereka lakukan untuk tetap bisa menjual smartphone mereka di Indonesia adalah dengan mengunci 4G yang ada di smartphone Redmi Redmi 3 dan Redmi 3pro.

Penguncian ini mulai dilakukan Xiaomi mulai dari versi ROM Resmi MiUI 8. Jadi itulah sebabnya setelah Anda mengupgrade MiUI 7 ke MiUI 8 Anda akan menemui masalah ini.

Nah, namun jangan khawatir karena masih ada cara untuk mengembalikan fungsi 4g HP Anda seperti sebelumnya. Untuk mengembalikan kembali fitur 4G di HP Anda , yang perlu Anda lakukan yaitu mendowngrade kembali ROM Anda ke versi sebelumnya, atau versi ROM yang belum menerima pemberuan penguncian 4G . Ini adalah cara teraman yang bisa Anda lakukan.

Selain dengan cara flashing ke ROM lawas, sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba. Anda bisa menemukannya di berbagai forum-forumkomunitas Xiaomi favorit Anda atau melalui video yang banyak tersedia di Youtube.