Xiaomi Komet 2018
Xiaomi Komet 2018

Ketika pertama kali mendengar tentang spesifikasi Xiaomi Komet, sebagian besar Mi Fans mungkin tidak akan percaya bahwa vendor smartphone asal Tiongkok ini mengeluarkan produk tersebut. Ini bukan hal yang aneh mengingat produk smartphone yang diusung oleh Xiaomi hingga saat ini belum ada yang pernah menggunakan nama batu dari luar angkasa seperti komet.

Dilansir dari laman GSMArena pada Jum’at (13/4) lalu, pabrikan smartphone asal Tiongkok ini memang akan merilis produk terbaru Xiaomi dengan nama Comet dan Sirius. Meskipun belum resmi diluncurkan, namun banyak pihak yang memberikan rumor terkait spesifikasi dari 2 produk terbaru Xiaomi tersebut. Rumor-rumor tersebut tentunya bukan hanya angin lalu mengingat banyak juga penggiat XDA-Developers yang menggali informasi lebih dalam terkait produk smartphone Comet dan Sirius. Penasaran dengan rumor terkait spesifikasi Xiaomi Comet? Jika iya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi yang Disematkan dalam Xiaomi Comet

 Xiaomi Komet
Xiaomi Komet

Salah satu alasan mengapa Xiaomi menamai produk mereka dengan nama Comet mungkin karena produk tersebut mengusung spesifikasi yang sangat mumpuni sehingga dapat memberikan performa sangat cepat ketika digunakan. Terlepas dari pemberian nama tersebut, menurut rumor yang beredar Xiaomi Comet mengusung chipset Snapdragon 710.

Ini adalah hal yang sangat menarik mengingat chipset Snapdragon 710 merupakan chipset terbaru dan menjadi bagian dari Snapdragon 700 versi Qualcomm. Apabila Xiaomi Comet benar-benar dibekali oleh chipset ini, maka Xiaomi Comet dan Sirius akan menjadi produk pertama Xiaomi yang diusung oleh chipset Snapdrgaon 710. Ada juga yang berasumsi bahwa chipset Snapdragon 710 tak lain adalah jenis chipset Snapdragon 670 yang telah mengalami evolusi.

Hal menarik lain yang disematkan pada Xiaomi Comet adalah layar OLED yang disematkan di dalamnya. Sekedar informasi, layar OLED merupakan teknologi layar terbaru yang memiliki sensor sensitif dengan bentuk yang sangat tipis. Setidaknya ukuran maksimal dari layar OLED adalah 1 mm saja. Dengan kata lain, apabila rumor tentang spesifikasi Xiaomi Comet ini benar, maka produk terbaru Xiaomi tersebut akan tampil sangat elegan.

Sisi menarik lain yang ditawarkan pada Xiaomi Comet adalah pada bagian sistem operasi yang digunakan. Smartphone ini digadang-gadang akan mengusung sistem operasi terbaru yakni OS Android v8.1 Oreo dengan MIUI 10. Ini akan menjadi sebuah terobosan mengingat hanya beberapa vendor saja yang menyematkan OS Android v8.1 Oreo pada produk smartphone mereka.

Beralih pada dapur pacu, selain mengusung chipset Snapdragon 710, Xiaomi Comet kabarnya juga akan menggunakan prosesor Octa Core dengan dua inti Kyro berdasarkan Cotex A75 serta 6 core lain berdasarkan A55. Prosesor yang ditanamkan pada Xiaomi Comet memiliki kecepatan hingga 2.5 GHz. Jika melihat dari spesifikasi Xiaomi Komet tersebut, maka gambarannya adalah smartphone ini memiliki performa di antara chipset Snapdragon 660 dan Snapdragon 845.

Pada segi baterai, rumornya Xiaomi Comet akan menggunakan baterai berkapasitas 3.100 mAh atau bahkan lebih. Selain itu, terdapat dual SIM yang dapat digunakan oleh Mi Fans. Hanya saja pada segi kamera, belum ada informasi lebih lanjut hingga pihak Xiaomi sendiri yang merilisnya.

Harga Xiaomi Comet

Xiaomi Komet 2018
Xiaomi Komet 2018

Setelah mengetahui tentang spesifikasi Xiaomi Comet, saatnya Anda memahami harga dari smartphone yang satu ini. Hingga saat ini pihak Xiaomi belum memberikan bocoran terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki Xiaomi Comet ataupun Sirius. Hanya saja apabila melihat dari spesifikasi Xiaomi Komet di atas, kisaran harga yang pantas untuk produk ini adalah 3 juta Rupiah. Harga tersebut cocok untuk produk smartphone dengan spesifikasi mumpuni seperti Xiaomi Comet.

Spesifikasi Xiaomi Comet 3 jutaan tersebut dapat dikatakan cukup gahar karena masuk dalam kategori smartphone premium meskipun memiliki beberapa kekurangan. Misalnya tidak tersedianya slot micro SD. Di samping itu, belum diketahui mengenai ukuran RAM serta kapasitas memori internal yang diusung oleh Xiaomi Comet.

Jadwal Rilis Xiaomi Comet

Mengutip dari berbagai sumber, terdapat sedikit bocoran tentang jadwal rilis Xiaomi Comet. Produk terbaru Xiaomi ini sedang dalam tahap persiapan dan akan resmi dirilis pada pertengahan tahun 2018. Hal ini karena pada bulan ini, Xiaomi sedang fokus dalam perilisan produk smartphone terbaru mereka dengan kode Xiaomi Black Shark. Jadi untuk Anda yang penasaran dengan spesifikasi Xiaomi Komet serta kapan ponsel ini dirilis, sebaiknya tunggu informasi resmi dari pihak Xiaomi.