Flash Sale xiaomi Mi A1
Flash Sale xiaomi Mi A1

Strategi Flash Sale Xiaomi untuk kompetitor Indonesia memang harus benar-benar diperhitungkan, terutama vendor yang memproduksi smartphone di kelas menengah. Hal ini karena kekuatan Xiaomi tak boleh sedikit pun diragukan. Dalam waktu 3 tahun saja, vendor Xiaomi Mobile berhasil bersaing dengan vendor raksasa lain seperti Samsung dan Sony.

Secara garis besar, flash sale adalah sebuah metode yang digunakan dalam penjualan produk dengan waktu yang terbatas dan dibandrol dengan harga miring. Metode ini merupakan sebuah langkah yang harus digunakan untuk semua vendor smartphone demi menarik pelanggan baru.

 Xiaomi Mi A1 Indonesia
Xiaomi Mi A1 Indonesia

Seperti yang kita tahu, pada bulan Oktober tahun 2017 lalu vendor smartphone yang berbasis di Beijing ini resmi merilis ponsel cerdas, Xiaomi Mi A1 di Indonesia. Beberapa waktu sebelumnya, produk dengan spesifikasi serupa juga resmi dirilis di India dengan karakterisktik pasar yang hampir sama dengan Indonesia.

Masalahnya, hanya sedikit pemberitaan tentang munculnya Xiaomi Mi A1. Sebagian besar mereka yang mengetahuinya adalah orang-orang yang suka berjualan online. Hal ini sangat berbeda dengan peluncuran produk dari kompetitor Xiaomi, Vivo, yang pada akhir September lalu mengeluarkan Vivo V7 Plus.

Pasalnya pada peluncuran Vivo V7 Plus, vendor Vivo menggandeng 9 stasiun televisi nasional. Tak heran apabila pemberitaan tentang Xiaomi Mi A1 terlihat cukup senyap.

Strategi Flash Sale Vendor Xiaomi Mobile

Untuk Strategi Flash Sale Xiaomi untuk kompetitor Indonesia, lagi-lagi pihak Xiaomi lebih memilih pendekatan lain yang tentunya berbeda terutama untuk kompetitor yang sama-sama berasal dari China seperti Vivo dan Oppo. Jika vendor Vivo dan Oppo lebih mengutamakan penjualan produk mereka pada ritel offline, maka Xiaomi memilih pendekatan dengan metode online.

Jadi seperti ini, Vivo dan Oppo akan memberikan potongan harga secara langsung kepada siapa saja yang membeli produk terbaru mereka melalui ritel atau konter smartphone. Tentu saja hal ini terbatas oleh waktu.

Flash Sale xiaomi Mi A1
Flash Sale xiaomi Mi A1

Hal yang membedakan adalah Xiaomi tidak terlalu mengacu pada promosi kepada ritel offline, namun melalui promosi pada lapak jual beli online seperti Lazada, Bukalapak, dan sebagainya. Adapun metode flash sale yang diterapkan oleh Xiaomi tersebut dipelopori Woot.com serta uBid pada awal tahun 2000 lalu.

Berbicara mengenai Strategi Flash Sale Xiaomi untuk kompetitor Indonesia, kepala kantor pemasaran toko jual beli online Lazada, Achmad Alkatiri, mengungkapkan bahwa keuntungan dari adanya flash sale yakni pembeli mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga normal.

“Flash Sale memang sangat menguntungkan baik untuk pembeli atau produsen smartphone. Pembeli mendapatkan harga murah, dan produsen beruntung karena barang yang dimiliki dapat terjual dengan cepat,” ungkapnya.

Achmad juga menjelaskan bahwa untuk Flash Sale Xiaomi Mi A1 saja, dalam hitungan menit sudah ribuan produk yang terjual.

“Umumnya sih, flash sale diadakan oleh pihak toko online dengan mengirimkan notifikasi kepada pelanggan terlebih dahulu. Pihak Lazada juga mengirimkan notifikasi tersebut kepada puluhan ribu masyarakat di Indonesia. Untuk flash sale Xiaomi Mi A1, Lazada melakukannya hampir setiap minggu,” lanjut Achmad.

Sebagai gambaran, dengan metode flash sale, pada bulan September 2014 lalu, vendor Xiaomi mobile mengklaim bawah berhasil menjual 100 ribu unik smartphone dalam waktu 4,2 detik saja.

“Kerja sama yang kami lakukan (vendor Xiaomi Mobile Indonesia, red) dengan Lazada terbilang sangat efektif. Ini karena ‘Mi Fans’ dapat menggunakan dan membeli produk yang sama di hari yang sama pula,” ujar pihak Xiaomi Mobile Indonesia.

Flash Sale Menjadi Strategi yang Fundamental

Strategi Flash Sale Xiaomi untuk kompetitor Indonesia dengan cara online terbukti sangat efektif dalam mempromosikan dan menjual produk mereka. Selama ini Xiaomi dikenal sebagai produsen smartphone yang memiliki produk dengan harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Tak hanya itu saja, strategi flash sale juga digunakan oleh Xiaomi untuk menekan harga produk serta memberikan rasa antusiasme tinggi pada ‘Mi Fans’, sebutan untuk pecinta produk Xiaomi.

Secara sederhana, flash sale juga dapat menjadi sebuah tolok ukur apakah harga yang diberikan para produk tertentu terbilang cukup murah atau tidak. Jadi apabila sebuah flash sale dilakukan namun belum membuahkan hasil penjualan produk seperti yang diharapkan, maka vendor juga dapat menekan lagi harga yang diberikan. Itu dia sedikit ulasan tentang Strategi Flash Sale Xiaomi untuk kompetitor Indonesia.