Xiaomi Note 6 Pro
Xiaomi Note 6 Pro

Tips Fotografi Dengan Xiaomi Note 6 Pro – Dengan kemajuan teknologi, aktivitas fotografi nampaknya semakin mudah saja. Jika dulu fotografi harus melibatkan peralatan yang berat seperti kamera DSLR lengkap dengan lensanya, sekarang semuanya lebih gampang. Anda cukup menggunakan smartphone kesayangan anda untuk memotret karena sudah  banyak sekali vendor smartphone yang memiliki keunggulan pada sektor kamera.

Xiaomi Note 6 Pro
Xiaomi Note 6 Pro

Salah satunya adalah produk rancangan vendor terbesar keempat di dunia, Xiaomi. Ia baru saja merilis ponsel seri Note 6 Pro yang dibekali dengan dual kamera dengan resolusi tinggi pada bagian depan dan belakang.

Untuk membuatmu layaknya seorang fotografer profesional, Xiaomi juga menambahkan beberapa fitur. Misalnya, Xiaomi note 6 Pro mengadopsi teknologi AI (artficial intelligence) untuk membuat foto bidikanmu menjadi yang terbaik. Untuk lebih menghidupkan foto jepretanmu, berikut akan kami berikan tips fotografi dengan Xiaomi Note 6 Pro:

1. Manfaatkan Fitur Fokus dan Exposure

Tips fotografi dengan Xiaomi Note 6 Pro yang pertama adalah memanfaatkan fitur fokus dan exposure pada kamera. Dengan dual kamera utama dengan resolusi 12 MP + 5 MP, Xiaomi Note 6 Pro memiliki fitur dual auto fokus yang bisa anda gunakan untuk membuat objek terlihat tajam. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menekan pada objek yang ingin dipotret agak lama, nanti akan muncul lingkaran yang menandakan jika fokus sudah terkunci. Jadi, katakan selamat tinggal untuk hasil foto blur .

Untuk mengatasi permasalahan cahaya, kamera Xiaomi Note 6 Pro menyediakan fitur eksposur. Anda bisa mengaturnya dengan menggeser garis di sebelah lingkaran auto fokus.

2. Objek minim cahaya? Gunakan fitur HHT mode

Permasalahan lain ketika memotret dengan ponsel adalah ketika objek berada di tempat yang minim cahaya. Kebanyakan orang memilih menggunakan LED flash jika menghadapi situasi tersebut. Sayangnya, hasil jepretan dengan LED flash dalam keadaan minim cahaya justru menghasilkan gambar yang terkesan mati. Bahkan jika objeknyanya orang, maka akan terdapat red eye.

Tetapi anda tidak perlu khawatir jika anda membidik objek dengan Xiaomi note 6 pro karena ia dilengkapi dengan fitur HHT mode yang akan membantu meningkatkan kualitas cahaya. Fitur ini bekerja untuk mengambil gambar dalam situasi minim cahaya secara berurutan, kemudian mengoptimalkan hasilnya. Untuk memakai fitur ini, anda bisa langsung pilih menu mode saat kamera aktif lalu sentuh HHT.

3. AI Potrait Untuk Efek Bokeh

Sudah menjadi rahasia umum jika ponsel terbaru Xiaomi rata-rata sudah mengadopsi teknologi AI. Salah satunya yah Xiaomi note 6 pro ini. Ia hadir dengan AI portrait 2.0 yang membawa beberapa keunggulan seperti AI dynamic bokeh, AI adjustable bokeh, dan AI studio lighting. Jadi, anda bisa menghasilkan gambar dengan latar blur atau yang beken disebut bokeh. Efek bokeh memang sangat disukai banyak orang karena memberikan kesan dramatis.

Jika anda menggunakan kamera fotografi, menghasilkan efek bokeh tidaklah mudah. Tetapi dengan Xiaomi note 6 pro, kalian bisa melakukanya hanya satu klik. Bahkan kalian bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya fitur AI adjustable bokeh membiarkan anda mengatur tingkat kebokehan dari foto. Sementara AI dynamic membantu anda untuk menyetel bentu cahaya bokeh serta AI studio lighting dapat menjadikan latar foto anda gelap layaknya seperti studio foto profesional.

4. Fitur AI Scene Detection dan Mode Straighten

Dengan fitur AI detection, anda bisa dengan mudah menghasilkan gambar dengan ketajaman dan warna yang lebih hidup. Semua ini bekerja secara otomatis sesuai dengan objek yang dibidik, baik itu orang, makanan, pemandangan, ataupun objek lainnya. Selain itu, mode straighten akan membuat gambar yang dihasilkan Nampak simestris sehingga lebih cantik. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda harus masuk ke menu mode ketika layar kamera terbuka, lalu pilih menu straighten. Dijamin, foto jepretanmu akan sangat instagramable.

Itulah 4 tips fotografi dengan Xiaomi note 6 pro. Selain ide dan skill, kadangkala fotografi juga harus ditunjang dengan alat yang mumpuni seperti halnya ponsel ini. Anda juga bisa melakukan editing terhadap foto-foto ada dengan aplikasi bernama Snapseed yang telah otomatis terinstall pada perangkat. Jadi, anda bisa menambahkan filter agar gambar lebih dramatis.