xiaomi Mi A1
xiaomi Mi A1

Xiaomi Atasi Bugs di Mi A1 – Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti akan sangat senang apabila developer secara rutin memberikan pembaruan OS tepat waktu. Dengan OS terbaru, maka tampilan serta performa smartphone akan lebih sempurna.

Masalahnya, bagaimana jika dengan adanya pembaruan OS tersebut malah memunculkan masalah berupa bugs? Pasti hal ini akan membuat Anda sangat terganggu. Hal ini pulalah yang beberapa waktu lalu dialami oleh pengguna Xiaomi Mi A1.

xiaomi Mi A1
xiaomi Mi A1

Untuk informasi, pada akhir bulan Desember 2017, vendor Xiaomi telah meluncurkan pembaruan OS Android v8.0 Oreo pada versi yang lebih stabil, khusus pengguna Mi A1.

Hanya saja, beberapa saat setelah peluncuran update OS dilakukan, banyak sekali pengguna Xiaomi Mi A1 yang mengeluh akibat adanya bug. Hal ini tentu saja membuat performa dan kinerja smartphone tak maksimal. Beberapa hari kemudian, akhirnya Xiaomi atasi bugs di Mi A1 dengan cara menyetop pembaruan OS Android v8.0 Oreo.

Pada 3 pekan berikutnya, tepatnya di pertengahan Januari 2018, pihak Xiaomi akhirnya kembali meluncurkan pembaruan OS untuk Android v8.0 Oreo. Namun lagi-lagi hal ini memunculkan banyak keluhan karena masih adanya bug pada Xiaomi Mi A1 setelah melakukan pembaruan tersebut.

Mengutip dari laman Gizmochina, pada hari Jumat (26/1/2018), pihak Xiaomi mengadakan forum untuk menyelesaikan masalah bug Mi A1. Pada forum tersebut, moderator dari pihak Xiaomi mengatakan akan menyetop kembali pembaruan OS Android v8.0 Oreo pada Xiaomi Mi A1. Namun dalam beberapa hari mendatang, akan diadakan pembaruan lagi untuk mengatasi semua bug yang dialami oleh pengguna.

Alasan utama mengapa pihak Xiaomi tak langsung mengambil tindakan dalam mengatasi terjadinya bugs tersebut adalah karena mereka masih menunggu laporan dari pengguna lain yang mengalami masalah serupa. Dikhawatirkan apabila masih banyak laporan terkait kendala bugs yang berbeda-beda, maka penanganan yang perlu dilakukan pun berbeda pula.

Masalah Bug yang Dialami oleh Xiaomi Mi A1

Bagi Anda yang bukan pengguna Xiaomi Mi A1 namun merupakan Mi Fans, pasti penasaran dengan bug seperti apa saja yang terjadi kala pembaruan OS Android v8.0 diluncurkan.

Pertama adalah reboot berulang. Ini adalah masalah yang paling banyak terjadi setelah pembaruan OS oleh Xiaomi. Pengguna mengeluhkan mengenai smartphone mereka yang bahkan hanya dapat hidup normal kurang dari 5 menit, kemudian kembali reboot.

spesifikasi Xiaomi Mi A1
spesifikasi Xiaomi Mi A1

Kedua adalah baterai yang menjadi lebih boros serta smartphone yang mudah panas. Hal ini mungkin disebabkan karena software maupun hardware Xiaomi Mi A1 terkena beban yang cukup banyak terkait pembaruan OS.

Ketiga, smartphone yang menjadi sangat lemot bahkan sering mengalami lag meskipun digunakan untuk membuka aplikasi ringan sekalipun. Inilah yang membuat banyak pengguna Mi A1 mengeluh.

Dikutip dari Gizmochina, pada akhir bulan Januari lalu, pihak Xiaomi mengklaim telah menyelesaikan semua masalah terkait bugs yang dialami oleh pengguna Xiaomi Mi A1.

Mengenai Pembaruan OS Android v8.0 Oreo

 Android v8.0 Oreo xiaomi
Android v8.0 Oreo xiaomi

Sebagai informasi, bagi pengguna Mi A1 yang telah melakukan beberapa update OS yang diberikan oleh Xiaomi untuk mengatasi bug, maka Anda hanya perlu mendownload file berukuran 90 MB saja. Namun apabila Anda belum sama sekali melakukan update OS Android v8.0 Oreo, maka total file yang dibutuhkan untuk diunduh adalah sekitar 1,12 GB.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1

Seperti yang kita tahu, smartphone Xiaomi Mi A1 memiliki konsep desain yang cukup identik dengan Xiaomi Mi 5X. Kedua smartphone ini mengusung layar berukuran 5,5 inchi full HD. Pelindung layar yang digunakan adalah Corning Gorilla Glass 4.

Mengenai bodi smartphone ini, Xiaomi Mi A1 mengusung konsep unibody dimana pada bagian samping smartphone berbentuk melengkung. Secara keseluruhan, semua bagian body dari Mi A1 dibuat dari material alumunium. Inilah salah satu alasan yang membuat Xiaomi Mi A1 terlihat sangat elegan.

Dilansir dari GSM Arena, pada segi dapur pacu, Mi A1 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan processor Octa Core, RAM 4GB, dan memori internal sebesar 64 GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga kapasitas 256GB.

Demikian sedikit ulasan mengenai kabar Xiaomi atasi bugs di Mi A1.