Xiaomi Black Shark
Xiaomi Black Shark

Belum lama ini, vendor smartphone raksasa asal Tiongkok, Xiaomi, meluncurkan produk yang ditujukan khusus pecinta game, yakni Xiaomi Black Shark. Smartphone yang satu ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa meningat dapur pacu yang diusungnya terbilang sangat gahar.

Sebelum penjualan perdananya yang dilakukan di akhir bulan April 2018 lalu, Black Shark memang sudah ditunggu-tunggu oleh Mi Fans, sebutan untuk pecinta produk smartphone Xiaomi. Hal ini dipengaruhi oleh munculnya rumor terkait Black Shark yang menyatakan bahwa smartphone ini digadang-gadang mampu menyaingin produk dari vendor kompetitor seperti Samsung.

Euforia Xiaomi Black Shark memang seolah-olah tak terbendung. Bahkan 2 Minggu sebelum smartphone ini resmi dirilis, sudah ada lebih dari 1 juta pemesan. Penasaran dengan spesifikasi lengkap yang diusung oleh Black Shark?

Dapur Pacu Mengagumkan Black Shark

Xiaomi Black Shark
Xiaomi Black Shark

Anda pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui betapa gaharnya produk terbaru Xiaomi ini. Black Shark mengusung layar dengan lebar 5.99 inchi beresolusi 1080 x 2160 pixel yang mendukung fitur multitouch. Jenis layar yang digunakan adalah IPS LCD kapasitif touchscreen yang mampu menampilkan hingga 16 juta warna.

Beralih pada platform dan dapur pacu, sebagai smartphone terbaru, Xiaomi Black Shark telah menggunakan OS Android v8.0 Oreo yang dilengkap dengan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845. Di samping itu, CPU Octa Core yang ditanamkan pada Black Shark akan menjamin kenyamanan pengguna saat mengoperasikan smartphone ini. Adapun rincian dari CPU Octa Core tersebut adalah 4 CPU Kryo 385 Gold berkecepatan 2.8 GHz dan 4 CPU Kryo 385 Silver berkecepatan 1.8 GHz. Di segi grafis, vendor Xiaomi sepertinya masih setia dengan GPU Adreno 630 demi menawarkan tampilan halus smartphone saat digunakan.

Pada RAM dan memori penyimpanan, Black Shark memberikan 2 pilihan Mi Fans untuk memilih ukuran RAM yang sesuai dengan selera mereka. Pertama adalah RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB dan yang kedua adalah RAM 6 GB dengan ukuran memori internal sebesar 64 GB.

Melihat betapa besarnya RAM yang digunakan, dapat dipastikan bahwa Black Shark memang diperuntukkan bagi pecinta game. Hal ini karena sangat jarang produk smartphone yang mampu memberikan ukuran RAM besar. Meski demikian, sedikit kelemahan dari Black Shark adalah tidak adanya slot untuk memori eksternal. Dengan kata lain, apabila memori penyimpanan penuh, satu-satunya langkah yang dapat dilakukan adalah menghapus memori penyimpanan smartphone.

Kamera Super Jernih untuk Mengabadikan Moment

Selain diperuntukkan bagi pecinta game, Black Shark juga cocok bagi Anda yang suka mengabadikan moment. Pasalnya Black Shark memiliki dual camera beresolusi 12 MP dan 20 MP. Dual kamera tersebut memiliki berbagai fitur menarik seperti 2x optical zoom, dual LED flash, dual phase detection, autofocus, touch focus, geo tagging, face detection, panorama, HDR, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamera utama tersebut mampu menghasilkan gambar dan video yang sangat jernih. Untuk kualitas video, kamera Black Shark dapat menghasilkan video beresolusi 720p@120 fps, 1080p@30fps, dan 2160p@30fps. Tak berhenti sampai di situ saja, Anda juga dapat berselfie ria dengan kamera depan beresolusi 20 MP yang disediakan oleh Black Shark. Dengan kamera depan, video yang dihasilkan maksimal beresolusi 1080p@30fps.

Berbagai Fitur Menarik yang Memanjakan Pengguna

Xiaomi Black Shark
Xiaomi Black Shark

Selain fitur utama di atas, Black Shark masih menyimpan berbagai fitur khusus untuk memberikan pengalaman terbaik bagi Mi Fans. Contohnya adalah fitur bluetooth terbaru dengan tipe 5.0 hingga USB type C 1.0 yang dapat langsung dihubungkan ke monitor. Untuk memberikan keamanan bagi pengguna, smartphone ini masih menerapkan sistem sidik jari.

Di segi baterai, Black Shark diperkuat dengan non removable baterai tipe Li-Ion berkapasitas 4.000 mAh yang dapat bertahan hingga 10 jam untuk bermain game dan 2 hari stand by. Untuk pilihan warna, disediakan 2 warna yakni hitam dan abu-abu.

Lantas berapa harga smartphone gaming ini? Untuk Black Shark RAM 6 GB, harganya adalah Rp 8 jutaan. Sedangkan untuk RAM 8 GB, harganya Rp 10 jutaan. Bagaimana? Tertarik memiliki Xiaomi Black Shark?