Xiaomi Buka Toko Ritel Terbaru di Emporium Pluit Mall
Xiaomi Buka Toko Ritel Terbaru di Emporium Pluit Mall

Pada awal tahun 2018 ini, Xiaomi buka toko ritel terbaru di Emporium Pluit Mall. Ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh Xiaomi untuk memperluas jangkauan dan ekspansi gerai ritel fisik di Indonesia. Emporium Pluit Mall menjadi sasaran perusahaan smartphone asal negeri Tirai Bambu ini sebagai cabang dari ritel mereka yang bernama Authorized Mi Store.

Adapun pembukaan Authorized Mi Store di Emporium Pluit Mall berlangsung pada hari Minggu (21/1/2018) ekmarin. Pada peresmian ritel ini, turut hadir juga beberapa jajaran eksekutif Xiaomi dan Erajaya.

Xiaomi Buka Toko Ritel Terbaru di Emporium Pluit Mall
Xiaomi Buka Toko Ritel Terbaru di Emporium Pluit Mall

Di antara undangan ‘penting’ yang hadir adalah Steven Shi, selaku Head of Xiaomi South Pacific Region, Hasal Aula sekalu CEO perusahaan Erajaya Swasembada Tbk, Budiarto Halim selaku President Director perusahaan Erajaya Swasembada Tbk, dan Djohan Susanto selaku Chief Operating Officer di Erajaya.

Dalam keterangan resmi yang diperoleh pada acara tersebut, hadirnya Authorized Mi Store cabang Emporium Pluit Mall memiliki tujuan agar transaksi online-to-offline yang dilakukan oleh Mi Fans, sebutan untuk penggemar produk Xiaomi, berjalan lebih mulus. Pasalnya ada beberapa produk Xiaomi yang memang sulit diperoleh secara offline, sehingga adanya ritel fisik ini akan terbilang sangat membantu.

Sebagai bentuk dari perayaan dibukanya ritel fisik terbaru Xiaomi, maka pihak Xiaomi pun menawarkan banyak sekali promosi. Bahkan dalam acara tersebut tak terhitung berapa banyak produk, termasuk smartphone dan segala perlengkapannya, yang mendapatkan harga miring.

Kesuksesan dalam rangka Xiaomi buka toko ritel terbaru di Emporium Pluit Mall memang tak perlu diragukan. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme Mi Fans yang berdatangan bahkan rela antri demi masuk ke dalam ritel fisik terbaru Authorized Mi Store. Menurut informasi, mulai dari jam 10.00 WIB Mi Fans telah antri di depan pintu masuk ritel.

Konsep Toko Ritel Terbaru Xiaomi

Berbicara tentang konsep toko ritel terbaru Xiaomi, intinya adalah pihak Xiaomi ingin agar Mi Fans dapat merasakan dan melihat langsung semua produk yang ditawarkan oleh Xiaomi.

“Kami telah melihat Mi Fans dan pasar di Indonesia yang sangat besar. Jadi inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa perusahaan (Xiaomi) harus melayani mereka di toko fisik. Mereka juga dapat bertanya terkait Xiaomi dan mendapatkan jaminan bahwa semua produk yang telah mereka beli adalah bergaransi,” ungkap Andre Tan sekalu Operational Director Erafone.

Adapun terkait dengan pemilihan lokasi ritel, Andre Tan mengungkapkan bahwa hal tersebut menjadi kesepakatan bersama antara semua pihak. Tak hanya mengenai lokasi yang strategis, jumlah pengunjung juga menjadi pertimbangan mengapa akhirnya Authorized Mi Store memutuskan membuka cabang di Emporium Pluit Mall.

Xiaomi Memperluas Sayap dengan Membuka Toko di Shopee

Selain membuka ritel fisik di Emporium Pluit Mall, belakangan Xiaomi juga menggandeng Shopee, sebuah e-Commerce, untuk dapat meluncurkan toko resmi atau Official Store Xiaomi. Adapun kerja sama tersebut dituangkan dan ditandai dengan penandatangan Mou (Memorandum of Understanding) di Jakarta.

Chris Feng, selaku CEO e-Commerce Shopee, mengungkapkan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan Xiaomi menjadi pertanda kuatnya komitmen dua perusahaan ini. Selain itu, Chris Feng juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan beragam produk pilihan Xiaomi untuk para penggunanya.

Sebagai informasi, melalui Office Store di Shopee, Xiaomi tak hanya menjual produk smartphone saja, namun juga produk-produk lain seperti aksesoris, hardware, dan sebagainya.

“Beberapa tahun terakhir, kami memperhatikan pertumbuhan signifikan terhadap pembelian produk elektronik seperti smartphone secara online. Untuk itu, kami menyambut dengan sangat baik terkait kerja sama yang kami lakukan bersama Xiaomi. Ini juga akan sangat membantu memperkuat posisi e-Commerce ini (Shopee) dalam kategori elektronik,” ungkap Chris Feng setelah penandatanganan Mou pada Jumat (19/1/2018) lalu.

Tak hanya itu saja, kerja sama antara Shopee dan Xiaomi menunjukkan bahwa terdapat kesamaan visi misi keduanya, yakni dalam memberikan akses terhadap produk teknologi agar menjadi lebih baik.

“Kami sangat optimis bahwa kerja sama yang telah dilakukan akan memberikan keuntungan bagi 25 juta lebih pengguna e-Commerce Shopee di Indonesia. Kini mereka dapat mengakses semua produk Xiaomi secara langsung dari situs kami,” tutup Chris Feng.

Demikian sedikit ulasan mengenai Xiaomi buka toko ritel terbaru di Emporium Pluit Mall.