Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8

Jelang perayaan 8 tahun berdirinya perusahaan smartphone asal Tiongkok, kabarnya Xiaomi luncurkan Mi 8 sebagai salah satu kejutan untuk Mi Fans. Kabar tersebut tentu saja disambut hangat oleh pecinta smartphone Xiaomi mengingat di kuartal pertama tahun 2018 ini perusahaan tersebut meluncurkan cukup banyak produk.

Sekedar informasi, belum lama beredar kabar bahwa Xiaomi sedang mempersiapkan smartphone terbaru penerus Mi 6, yakni Xiaomi Mi 7. Menurut bocoran yang tersebar di internet, Xiaomi Mi 7 memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan iPhone X dari perusahaan Apple.

Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8

Kemiripan tersebut dapat dilihat dari hardware serta fitur yang disematkan di dalam Xiaomi Mi 7. Contohnya adalah adanya fitur pemindai wajah sebagai metode keamanan terbaru yang juga diterapkan di iPhone X. Selain itu, untuk masalah hardware, susunan Notch di atas layar Xiaomi Mi 7 juga hampir sama dengan iPhone X. Hanya saja hardware yang diusung oleh iPhone X lebih beragam.

Xiaomi Mi 7 Berubah Nama Menjadi Xiaomi Mi 8?

Ada sebuah hal yang unik saat kabar Xiaomi luncurkan Mi 8 beredar. Yakni terkait isu bahwa vendor Xiaomi akan melakukan perubahan nama pada Mi 7 yang akhirnya berubah nama menjadi Xiaomi Mi 8. Hal tersebut sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke 8 Xiaomi sehingga perusahaan teknologi asal Tiongkok ini memilih unsur angka 8.

Meski demikian, Mi Fans harus tetap menunggu konfirmasi resmi dari pihak Xiaomi terkait dengan berita peluncuran Xiaomi Mi 8 sebagai produk smartphone pengganti Mi 7. Apabila benar bahwa Xiaomi Mi 8 diluncurkan bulan Mei ini, maka dapat dipastikan bahwa tidak akan ada lagi produk Xiaomi Mi 7. Dengan begitu, maka untuk hardware berupa earphone dan handset, kemungkinan besar akan mulai dipasarkan di pertengahan Juni mendatang.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8

Setelah beredar kabar bahwa Xiaomi luncurkan Mi 8, tentu saja Mi Fans penasaran dengan spesifikasi apa saja yang diusung oleh produk smartphone yang satu ini. Meskipun pihak Xiaomi sendiri belum resmi merilis Xiaomi Mi 8 sebagai produk unggulan di ulang tahun ke 8 Xiaomi, namun sudah banyak bocoran yang beredar mengenai apa saja spesifikasi yang diusung oleh smartphone ini.

Xiaomi MI 8 hadir dengan layar berukuran 5,6 inchi dengan fitur full HD sehingga gambar yang ditampilkan sangat jernih. Adapun resolusi layarnya adalah 2160 x 1980 piksel dengan tipe layar IPS LCD kapasitif touchscreen yang mampu menampilkan hingga 16 juta warna.

Berdasarkan bocoran gambar, Xiaomi Mi 8 hadir dengan bentuk fisik tanpa bezel sehingga tampilannya memang sangat elegan. Di bagian atas bezel disematkan earpiece, kamera, serta fitur pemindai wajah. Sekedar informasi, apabila Xiaomi Mi 8 mengusung fitur pemindai wajah, maka dapat dipastikan smartphone ini memiliki daya tarik layaknya iPhone X dengan fitur serupa. Pada bagian kamera depan, hardware kamera yang digunakan ukurannya cukup besar dengan rasio 18:9 layaknya smartphone kekinian.

Beralih pada dapur pacu, Xiaomi Mi 8 kabarnya akan mengusung chipset Snapdragon 846 yang disempurnakan dengan ukuran RAM yang cukup besar, yakni 8 GB. Untuk masalah grafis, Xiaomi Mi 8 akan mempercayakan hal tersebut pada GPU Adreno 630 demi memberikan tampilan optimal untuk para pengguna. Sedangkan sistem operasi yang akan digunakan pada smartphone ini adalah Android v8.0 Oreo yang menjadi versi android terbaru untuk smartphone hingga saat ini.

Pada fitur keamanan, selain menggunakan pemindai wajah, Xiaomi Mi 8 juga menyematkan fitur sidik jari seperti produk-produk mereka sebelumnya. Fitur sidik jari Xiaomi Mi 8 dinilai lebih responsif karena hanya membutuhkan waktu 0,2 detik saja untuk beroperasi.

Untuk urusan kamera, pengguna dapat merasakan fitur dual kamera Mi 8 yang masing-masing beresolusi 16 MP. Sedangkan untuk kamera depan, smartphone ini mengusung kamera beresolusi 12 MP. Dengan adanya hardware kamera beresolusi tinggi tersebut, maka foto ataupun video yang dihasilkan oleh produk ini dapat dipastikan sangat jernih. Semua spesifikasi tersebut akan ditopang dengan baterai berkapasitas 4.480 mAh.

Melihat spesifikasi di atas, bukan hal yang aneh apabila Mi Fans sangat antusias terhadap kabar bahwa Xiaomi luncurkan Mi 8.