Xiaomi Redmi 5
Xiaomi Redmi 5

Setelah resmi dirilis di Taiwan, Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus rilis di Malaysia pada Rabu (7/2/2018) lalu. Menurut kabar yang beredar, sebenarnya dua smartphone terbaru besutan Xiaomi tersebut sudah resmi diluncurkan sejak akhir bulan Januari 2018 lalu di Taiwan. Ini merupakan peluncuran resmi pertama produk Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di luar China.

Sebagai informasi, di China sendiri, dua produk tersebut sudah resmi dirilis pada akhir bulan Desember 2017 lalu dan hanya dapat dipesan secara pre-order untuk Mi Fans di luar China. Pada peluncuran produk Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi 5 Plus pada 25 Januari 2018 di Taiwan, harga yang dibandrol untuk produk ini tak lebih dari 3 juta rupiah.

Xiaomi Redmi 5
Xiaomi Redmi 5

Menurut informasi yang dilansir dari laman resmi Xiaomi Taiwan, untuk Xiaomi Redmi 5 dibandrol dengan harga 3999 Dollar Taiwan atau setara dengan 1,8 juta Rupiah. Sedangkan untuk Xiaomi Redmi 5 Plus, harga resmi yang dikeluarkan adalah sebesar 5999 Dollar Taiwan atau setara dengan 2,7 juta Rupiah.

Di Taiwan sendiri, Xiaomi meluncurkan satu model saja untuk masing-masing tipe. Untuk varian termahal, dipegang oleh Xiaomi Redmi 5 Plus yang memiliki memori internal sebesar 64 GB dan RAM 4GB. Sedangkan untuk Xiaomi Redmi 5 rilis dengan dibekali memori internal sebesar 32 GB dan RAM 3 GB.

Dikutip dari laman GSM Arena, produk Xiaomi Redmi 5 memiliki dua model atau varian yakni dengan memori internal 32 GB beserta RAM 3/4GB dan juga memori internal 16 GB beserta RAM 2 GB. Sedangkan untuk Xiaomi Redmi 5 Plus, pilihannya adalah memori internal 64 GB beserta RAM 4 BG dan memori internal 32 GB beserta RAM 3 GB.

Peluncuran Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi 5 Plus di Malaysia

Untuk Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus rilis di Malaysia, peluncurannya terjadi pada Rabu (7/2/2018) kemarin. Dilansir dari laman WTN, developer Xiaomi merilis dua model untuk masing-masing produk dengan waktu yang berbeda.

Pada tanggal 7 Februari 2018 kemarin, varian yang resmi dirilis di Malaysia adalah Xiaomi Redmi 5 dengan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB serta Xiaomi Redmi 5 Plus dengan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB.

Sedangkan untuk varian berikutnya, yakni Xiaomi Redmi 5 memori internal 16 GB dan RAM 2 GB serta Xiaomi Redmi 5 Plus memori internal 64 GB dan RAM 4 GB akan dirilis pada tanggal 28 Februari 2018 mendatang.

Xiaomi Redmi 5 plus
Xiaomi Redmi 5 plus

Mengenai harganya, produk Xiaomi Redmi 5 yang sudah dirilis, yakni memori internal 32 GB dan RAM 3 GB, dibandrol dengan 679 Ringgit Malaysia atau setara dengan 2,3 Juta Rupiah. Adapun pada produk Xiaomi Redmi 5 Plus memori internal 32 GB dan RAM 3 GB dibandrol dengan harga 749 Ringgit Malaysia atau setara dengan 2,5 Juta Rupiah. Sementara itu, untuk dua model lain dari produk tersebut, hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai bocoran dari harganya.

Kapan Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Rilis di Indonesia?

Beberapa waktu lalu, PT Erajaya Swasembada Tbk yang menjadi distributor resmi perangkat Xiaomi di Indonesia telah menerima sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) mengenai dua perangkat terbaru Xiaomi tersebut.

Pada sertifikat tersebut, baik Xiaomi Redmi 5 maupun Xiaomi Redmi 5 Plus telah memenuhi standar TKDN, yakni sebesar 30.3%. Angka tersebut menjadi bukti bahwa dua produk terbaru Xiaomi dengan unsur angka 5 ini sudah layak dipasarkan di Indonesia.

Dengan kata lain, dalam waktu dekat, dapat dipastikan Indonesia akan menjadi negara selanjutnya setelah China, Taiwan, Malaysia, dan India, yang akan merilis Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Lantas bagaimana soal harga? Hingga saat ini masih belum ada informasi resmi dari pihak Xiaomi maupun distributor mengenai harga yang akan dipatok pada dua perangkat tersebut. Namun apabila dilihat dari beberapa riwayat penjualan sebelumnya, sebagian besar perangkat Xiaomi yang dirilis di Indonesia memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan China dan India. Jadi setelah Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus rilis di Malaysia, bisa dipastikan bahawa Indonesia juga akan segera menikmati performa smartphone gahar dengan harga terjangkau ini.