Xiaomi Strakz di Geekbench
Xiaomi Strakz di Geekbench

Beberapa waktu lalu, kemunculan Xiaomi Strakz di Geekbench berhasil menyita perhatian pecinta gadget canggih. Pasalnya produk terbaru dari Xiaomi ini kabarnya mengusung spesifikasi yang sangat mumpuni apabila dibandingkan dengan beberapa produk Xiaomi terdahulu.

Xiaomi Strakz di Geekbench
Xiaomi Strakz di Geekbench

Dilansir dari laman GSM Arena, tepatnya pada tanggal 16 Mei lalu, smartphone Xiaomi Strakz akan hadir dengan bekal chipset Qualcomm Snapdragon 625. Chipset tersebut diyakini akan mampu memberikan fitur hemat daya. Adapun beberapa produk Xiaomi yang juga menyematkan chipset Snapdragon seri 6 adalah Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi S2, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi 5 Plus, Xiaomi Redmi 4 Prime, Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi Max 2, dan Xiaomi Mi 5X.

Kabar tersebut juga mengungkapkan bahwa smartphone ini juga akan menghadirkan versi android terupdate, Android v8.1 Oreo yang hingga saat ini masih dalam proses pengembangan. Pasalnya produk-produk terbaru dari Xiaomi masih menggunakan sistem operasi Android v8.0 Oreo.

Tentang Kemunculan Xiaomi Strakz di Platform Geekbench

Sekedar informasi, Geekbench merupakan salah satu platform yang dapat memberikan analisis terkait performa sebuah piranti android. Platform yang satu ini umumnya digunakan oleh semua perusahaan raksasa smartphone untuk mengumumkan bahwa performa produk mereka tak perlu diragukan lagi. Bahkan untuk vendor raksasa seperti Samsung pun, memunculkan beberapa produk mereka di Geekbench.

Tes smartphone yang dilakukan oleh Geekbench terdiri dari beberapa tes yang tujuannya adalah mengukur akurasi serta kinerja dari prosesor sebuah smartphone. Untuk setiap tes di Geekbench, selalu disertakan hasil multi core sehingga platform ini memungkinkan untuk mengukur potensi dan kinerja maksimal dari smartphone tersebut. Selain itu, Geekbench juga dapat melaporkan bagaimana hasil tiap single core dan multi core secara terpisah.

Dilansir dari Gizmochina terkait hasil perhitungan kinerja prosesor Xiaomi Strakz di Geekbench, produk ini memiliki skor yang cukup tinggi, yakni 902 poin untuk single core dan 1536 poin untuk multi core. Meskipun sebenarnya dengan ukuran RAM 4 GB, produk skor yang diperoleh oleh Xiaomi Strakz hanya selisih beberapa poin dibandingkan produk serupa yang menggunakan chipset Snapdragon seri 6.

Sayangnya, hingga saat ini pihak Xiaomi sendiri masih belum memberikan informasi terkait kapan produk Xiaomi Strakz mulai dipasarkan. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh banyaknya produk terbaru Xiaomi yang nantinya akan diluncurkan pada tahun 2018 ini.

Setidaknya selama tahun 2018, perusahaan Xiaomi telah menetapkan target pengiriman sebanyak 100 juta unit smartphone di seluruh pangsa pasar mereka, salah satunya Indonesia.

Sekedar informasi, pertumbuhan Xiaomi di Indonesia memang terbilang sangat pesat mengingat tingkat penjualannya hingga kuartal pertama tahun 2018 telah mencapai 1455 persen dibandingkan tahun lalu. Kondisi tersebut membuat Xiaomi menjadi vendor smartphone raksasa terlaris nomor dua di Indonesia setelah Samsung. Sedangkan di India, Xiaomi telah berhasil mengalahkan Samsung untuk tingkat penjualan smartphone mid-range. Harapan Xiaomi, dengan munculnya Xiaomi Strakz di Geekbench, Mi Fans dapat lebih tertarik untuk mencoba produk terbarunya tersebut.

Perbandingan Xiaomi Strakz dan Xiaomi E6 di Geekbench

Tak selang beberapa lama, setelah munculnya informasi Xiaomi Strakz di Geekbench, vendor asal negeri Tirai Bambu ini juga meluncurkan Xiaomi E6. Berbeda dengan Xiaomi Strakz yang mengusung RAM 4 GB, Xiaomi E6 hanya dibekali dengan RAM 3 GB saja. Meski demikian, sistem operasi yang digunakan oleh Xiaomi E6 sama dengan Xiaomi Strakz, yakni Android v8.1 Oreo.

Uniknya, Xiaomi E6 mencetak skor yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Xiaomi Strakz. Untuk pengujian Geekbench versi single core, Xiaomi E6 mencetak angka 841. Sedangkan untuk pengujian multi core, skor yang dicetak oleh Xiaomi E6 menyentuh angka 4259.

Keunggulan tersebut menjadikan Xiaomi E6 lebih kuat dalam menjalankan prosesor smartphone secara maksimal jika dibandingkan dengan Xiaomi Strakz. Selain dua smartphone teranyar Xiaomi, Strakz dan E6, vendor raksasa asal Tiongkok ini pun juga mengeluarkan dua produk lain di Geekbench, di antaranya adalah Xiaomi Cereus dan Xiaomi Cactus.

Melihat hal di atas, kemunculan Xiaomi Strakz di Geekbench menjadi pintu gerbang munculnya produk-produk terbaru Xiaomi yang siap bertarung di pasar gadget dunia.