Sistem operasi Xiaomi Mi Max 2 vs Xiaomi Mi Max 3
Sistem operasi Xiaomi Mi Max 2 vs Xiaomi Mi Max 3

Belakangan ini muncul rumor bahwa vendor Xiaomi akan mengeluarkan produk terbarunya dengan tipe Mi Max 3 yang membuat banyak pecinta Xiaomi mulai membandingkan apa saja perbedaan Xiaomi Mi Max 3 dan Xiaomi Mi Max 2. Ini adalah hal yang wajar mengingat sudah ada 2 Mi Max series yang pernah diluncurkan oleh Xiaomi yakni Xiaomi Mi Max dan Xiaomi Mi Max 2.

Pengguna smartphone Xiaomi atau mereka yang menggemari smartphone canggih besutan vendor asal Tiongkok ini akan membandingkan apakah Xiaomi Mi Max 3 mengusung spesifikasi yang lebih canggih daripada pendahulunya, Mi Max 2. Untuk itu, daripada penasaran, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang apa saja yang membedakan antara Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Max 2.

Layar yang Digunakan

Xiaomi Mi Max 2 vs Xiaomi Mi Max 3
Xiaomi Mi Max 2 vs Xiaomi Mi Max 3

Perbedaan pertama yang dapat ditemui dari Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Max 2 adalah layar yang digunakan pada dua smartphone canggih ini. Untuk Mi Max 2, tipe layar yang digunakan adalah IPS LCD kapasitif touchscreen dengan ukuran 6.44 inchi yang mampu menampilkan resolusi 1080 x 1920 pixel. Selain itu, layar Mi Max 2 tersebut juga memiliki kerapatan pixel yang cukup baik yakni sebesar ~342 ppi. Pada bagian pelindung layar, vendor Xiaomi memberikan tipe Corning Gorilla Glass generasi 3.

Sedangkan untuk Xiaomi Mi Max 3, tipe layar yang digunakan masih sama dengan Mi Max 2, yakni IPS LCD kapasitif touchscreen. Hanya saja, untuk ukuran layarnya, Mi Max 3 sepertinya jauh lebih unggul dengan ukuran layar 7.0 inchi yang mampu memberikan resolusi sebesar 1080 x 2160 pixel dengan kerapatan pixel mencapai ~345 ppi. Mengenai tipe pelindung layar, vendor Xiaomi akan memberikan tipe Corning Gorilla Glass versi terbaru.

Sistem Operasi dan Dapur Pacu

Sistem operasi Xiaomi Mi Max 2 vs Xiaomi Mi Max 3
Sistem operasi Xiaomi Mi Max 2 vs Xiaomi Mi Max 3

Perbedaan Xiaomi Mi Max 3 dan Xiaomi Mi Max 2 juga dapat dilihat dari OS serta mesin yang disematkan ke dalamnya. Untuk Xiaomi Mi Max 2, masih menggunakan OS Android v7.1.1 Nougat dengan MIUI 8. Selain itu, chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 625 dengan RAM sebesar 4 GB serta CPU Quad core berkecepatan 2.0 GHz. Untuk pengolah grafis, pada hardware GPU, Xiaomi Mi Max 2 mengandalkan GPU Adreno 506.

Sedangkan pada Xiaomi Mi Max 3, sepertinya ada sedikit upgrade yang diberikan pada OS maupun hardware yang menjadi dapur pacunya. Pasalnya, Mi Max 3 sudah menggunakan OS Android v8.0 Oreo yang tentu menjadi versi Android terbaru. Selain itu, untuk chipset, Mi Max 3 mengaplikasikan chipset Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM sebesar 4 GB serta processor Quad core berkecepatan 2.2 GHz. Di bagian hardware pengolah data, GPU Adreno 512 siap untuk memberikan tampilan menarik terhadap grafis smartphone ini.

Daya Baterai

Perbedaan lain yang dapat Anda temukan kala membandingkan Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Max 2 adalah pada daya baterai. Sebagai produk dengan dapur pacu yang cukup gahar, sudah dapat dipastikan bahwa kapasitas baterai yang diusung oleh Mi Max 3 lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya tersebut.

 Mi Max 2 battery
Mi Max 2 battery

Adapun daya baterai pada Mi Max 2 adalah 5300 mAh dengan tipe non-removable battery Li-Ion. Sedangkan untuk Xiaomi Mi Max 3, kapasitas baterai yang diberikan adalah sebesar 5500 mAh dengan tipe non-removable battery Li-Ion. Kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga Anda tak perlu khawatir menunggu terlalu lama ketika melakukan pengisian daya.

Kamera yang Diusung

Mengenai fitur kamera yang disematkan dalam dua produk ini, sebenarnya tak ada perubahan sama sekali. Jadi untuk kamera Xiaomi Mi Max 2 dan Mi Max 3 benar-benar sama. Pengguna akan dibekali dengan fitur dual kamera beresolusi 12 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan.

kamera Mi Max 2 vs mi max 3
kamera Mi Max 2 vs mi max 3

Melihat  sedikit penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan produk terbarunya ini, Xiaomi Mi Max 3, vendor Xiaomi tak melakukan upgrade besar-besaran. Sepertinya hal yang menjadi fokus perubahan adalah pada kualitas layar serta sistem operasi dan dapur pacu.

Mengenai harganya, memang masih belum ada kabar resmi dari vendor Xiaomi tentang harga dari Mi Max 3. Namun jika dilihat dari spesifikasi di atas, maka kisaran harga yang dipatok untuk produk ini adalah sekitar 3,7 jutaan. Semoga ulasan tentang perbedaan Xiaomi Mi Max 3 dan Xiaomi Mi Max 2 di atas bermanfaat.