Xiaomi PC Suite

Xiaomi tidak terbaca di PC – Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kamu mengandalkan hape untuk mengimbangi mobilitasmu. Berbagai data mulai dari urusan kantor, tugas sekolah, hingga foto-foto liburan pun akhirnya masuk semua di hape. Tak jarang saat memorisudah di rasa sesak, kamu bakal memindahkan semua file tersebut ke PC. Namun masalah muncul, terkadang hapemu tidak bisa terbaca di PC. Tentu akan sangat merepotkan jika hal tersebut terjadi. Memang kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti memanfaatkan Bluetooth atau aplikasi pihak ketiga seperti SHAREit. Namun tentu saja tidak bisa sepraktis menggunakan kabel USB.

Sebenarnya, semua hape Android sudah diatur secara default untuk terbaca saat dihubungkan dengan PC. Begitu pun dengan Xiaomi. Namun tak jarang juga beberapa faktor membuat fungsi tersebut terkendali. Nah, jika hape kamu Xiaomi dan tidak bisa terbaca saat di hubungkan ke PC, di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi Xiaomi tidak terbaca di PC.

Pastikan Kabel Data Tidak Rusak

Kabel data Xiaomi
Kabel data Xiaomi

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu melihat, apakah kabel data yang kamu gunakan dalam kondisi baik atau sudah rusak. Memang terlihat sepele, namun sering kali masalah kabel data menjadi sangat penting. Pastikan juga jika kabel data yang kamu gunakan adalah kabel data khusus untuk mentransfer data antara PC dan Xiaomi kamu. Beberapa kabel data yang beredar di pasaran memang tidak di buat untuk mentransfer data melainkan hanya untuk mengisi daya saja.

Aktifkan USB Debugging

USB Debugging Xiaomi
USB Debugging Xiaomi

Kemungkinan pertama saat Xiaomi kamu tidak terbaca di PC adalah karena fitur USB Debugging belum di aktifkan. Jika kamu membeli Xiaomi baru dan belum pernah di hubungkan ke PC sebelumnya, faktor tersebut bisa saja terjadi di hape kamu. Fungsi utama dari USB Debugging adalah sebagai jembatan antara Xiaomi kamu dengan PC. Jika memang fitur tersebut belum aktif, maka kamu bisa mencoba mengaktifkannya. Biasanya menu fitur ini tersembunyi dalam pilihan pengembang atau Developer Option saja, karena memang dikhususkan untuk para pengembang aplikasi yang ingin mencoba aplikasinya pada hape. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk ke menu pengaturan. Setelah itu, pilih menu Tentang Telepon atau About. Kemudian setelah masuk, kamu bisa menekan pilihan pada versi MIUI sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan pilihan pengembang. Setelah muncul, kamu bisa kembali ke halaman pengaturan dan menemukan menu pengaturan tambahan atau Additional Setting. Silahkan masuk ke menu tersebut dan pilih menu pengembang tersebut untuk mengaktifkan fitur USB Debugging.

Instal USB Setting di Xiaomi

Cara mengatasi Xiaomi tidak terbaca di PC selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi USB Setting dari Google Play. Alternatif ini adalah untuk mengatasi Xiaomi kamu yang bisa saja built up atau buatan luar negeri dan bukan dari Indonesia. Biasanya fitur USB Setting tidak tersedia secara default dalam jenis Xiaomi yang seperti ini. Maka yang perlu kamu lakukan adalah mencari aplikasi USB Setting tersebut di Google Play dengan mengetikkan kata kunci MIUI USB Setting. Setelah terinstal, kamu tinggal mengaktifkannya dan cobalah untuk menghubungkan kembali hapemu ke PC.

Unduh Xiaomi PC Suite

Xiaomi PC Suite
Xiaomi PC Suite

Cara selanjutnya adalah dengan mendownload Xiaomi Mi PC Suite. Langkah tersebut dilakukan jika kedua langkah sebelumnya belum bisa membuat Xiaomi kamu terbaca di PC. Biasanya jika Xiaomi sudah terinstal USB Setting namun belum bisa terbaca, maka masalahnya adalah pada Xiaomi kamu yang memang tidak mendukung USB Setting. Kamu bisa menginstal aplikasi Mi PC Suite terlebih dahulu pada PC kamu untuk membuat jembatan baru antara PC dan Xiaomi kamu. Aplikasi Mi PC Suite bisa dengan mudah kamu temukan di halaman utama Mi. Atau kamu bisa menggunakan link http://pcsuite.mi.com untuk langsung menuju ke halaman download. Instal aplikasi tersebut dan coba hubungkan kembali perangkat kamu.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi Xiaomi tidak terbaca di PC. Memang Xiaomi sering kali bermasalah dalam hal ini. Namun kamu tidak perlu khawatir jika hanya masalah pengaturan saja yang kurang tepat. Langkah-langkah di atas bisa menjadi alternatif kamu tentunya.