Mi Cloud
Mi Cloud

Cara unlock bootloader Xiaomi – Pada tahun 2016 semua ROM di Smartphone Xiaomi sistemnya sudah locked bootloader. Tujuan locked bootloader adalah mengurangi perangkat Xiaomi palsu yang banyak ditemukan di pasaran. Meski memiliki kelebihan, ternyata sistem locked ini membuat pengguna Xiaomi yang ingin melakukan oprek pada Smartphone menjadi kewalahan. Sejak Xiaomi mendirikan pabrik di Batam, angka dari perangkat palsu ini bisa ditekan. Dengan UBL, pengguna Xiaomi yang sudah terlanjur mendapatkan ROM abal-abal atau ROM China tersebut bisa menggantinya dengan custom ROM. Simak cara unlock bootloader Xiaomi yang benar berikut ini:

Memiliki Mi Cloud atau Mi Account

Mi Cloud
Mi Cloud

Syarat untuk bisa melakukan UBL ini adalah harus memiliki Mi Cloud atau Mi Account terlebih dahulu. Setelah memiliki Mi Account bisa langsung log in, caranya masuk ke pengaturan pilih Mi Account. Jika belum memiliki akun Mi ini bisa membuatnya terlebih dahulu. Fitur eksklusif dari Xiaomi hanya bisa dirasakan jika penggunanya sudah mendaftarkan diri melalui situs Xiaomi yang resmi.

Mengirimkan Request

Cara unlock bootloader Xiaomi
Cara unlock bootloader Xiaomi

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan UBL atau Unlock Bootloader adalah mengirimkan request dengan masuk ke link ini. Untuk masuk ke situs ini harus menggunakan PC atau laptop.  Kemudian tekan tombol unlock now. Karena situsnya menggunakan bahasa China atau mandarin, pengguna Xiaomi harus mengubahnya menjadi bahasa inggris. Caranya dengan melakukan klik pada link dengan tulisan English yang ada di bawah halaman situs. Seketika form atau bahasa di situs tersebut berubah menjadi bahasa inggris.

Login ke Situs

Langkah selanjutnya silahkan login ke situs tersebut dengan menggunakan Mi Account. Log in menggunakan nomor hp yang telah didaftarkan sebelumnya. Sat log in pengguna juga ditanya apakah sudah aktif dalam Mi Forum atau belum. Jika belum pengguna disuruh untuk mendaftar dengan menggunakan Nickname tanpa spasi dan tanpa karakter yang aneh. Lakukan klik tombol activate. Saat sudah aktivasi, pengguna Xiaomi akan diarahkan ke Forum Mi menggunakan bahasa China, jangan bingung sebaiknya diabaikan saja dengan tekan skip atau langsung kembali ke situs utama.

Lakukan Klik Unlock Now

Unlock Now
Unlock Now

Setelah kembali ke situs utama, silahkan lakukan klik Unlock Now. Setelah melakukan klik unlock now, akan disuruh untuk mengisi nama, nomor handphone dan alasan mengapa ingin melakukan unlock bootloader ini. Mengisi alasannya pun harus menggunakan bahasa inggris dibandingkan dengan bahasa indonesia. Setelah semua form terisi dengan lengkap, klik apply now. Untuk bisa diterima berikanlah alasan yang logis misalnya ingin mencoba MIUI terbaru dan telah mendapatkan ROM yang palsu. Jika sudah klik apply now. Setelah itu akan mendapatkan sms yang berisi kode. Masukkan kode tersebut di kolom yang sudah disediakan, klik next.

Untuk bisa melakukan UBL ini harus menunggu persetujuan dari pihak Xiaomi. Lamanya bervariasi namun rata-rata 2 jam dihitung dai waktu pengajuan. Jika pihak Xiaomi merasa alasan yang dibuat tidak tepat maka waktunya bisa sampai 10 hari lamanya.

Kekurangan Unlock Bootloader

Jika ingin melakukan unlock bootloader sebaiknya memahami kekurangan apa saja yang bisa terjadi jika Smartphone yang dimiliki di UBL. Berikut adalah beberapa kekurangan dari UBL yang harus diketahui oleh pengguna Xiaomi:

  1. Kekurangan yang pertama adalah sekuritas Smartphone menjadi tidak terjamin. Smartphone yang sudah dilakukan UBL akan mudah terkena serangan malware sehingga data penting bisa menjadi hilang atau dicuri oleh orang lain. Pengguna Xiaomi yang sudah unlock harus berhati-hati dalam menggunakan Smartphonenya jangan sampai karena kelalaiannya data menjadi hilang atau dicuri.
  2. Hilangnya aplikasi perbankan. Beberapa aplikasi perbankan mungkin tidak akan bisa digunakan di Smartphone yang sudah di unlock karena aplikasi tersebut membutuhkan jaminan keamanan yang tinggi.

Kelebihan Unlock Bootloader

Setelah mengetahui cara unlock bootloader Xiaomi, penting bagi penggunanya untuk mengetahui kelebihan apa saja yang bisa didapatkan setelah Smartphonenya dilakukan unlock. Kelebihan yang bisa didapatkan adalah pengguna bisa mudah gonta-ganti ROM, bisa mudah nge-root, dan memasang TWRP. Performa Smartphone Xiaomi pun bisa ditingkatkan dengan melakukan tweak.

Yang harus diingat supaya cara unlock bootloader Xiaomi yang dijelaskan di atas berhasil, ROMnya harus global dan belum diberikan modifikasi apapun sehingga jika sudah dimodifikasi risiko gagal akan ada.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.