Download Clarity Kernel
Download Clarity Kernel

Cara menghidupkan lampu tombol Xiaomi Redmi 4 – Seri Redmi adalah yang paling banyak diproduksi dan dirilis di Indonesia, hal itu dikarenakan sesuai dengan pangsa pasarnya. Seri Redmi ini mengusung segmen kelas menengah. Xiaomi ini menjalin kemitraan dengan PT. Sat Nusapersada dan sudah memproduksi banyak Smartphone salah satunya adalah seri Redmi 4, baik itu 4X, Redmi Note 4, dan lain sebagainya.

Fitur menarik yang disematkan pada Xiaomi adalah adanya lampu tombol Led yang bisa berwarna. Lampu ini hanya bisa menyala sesuai dengan notifikasi sehingga ketika Smartphone dalam posisi tidur lampu tombol itu akan tetap menyala jika ada notifikasi masuk. Sayangnya untuk seri Redmi 4X ini hanya dibekali dengan warna putih saja bahkan ada yang tidak menyala sama sekali, sehingga membuat penggunanya tidak mengetahui jika ada notifikasi masuk.  Untuk bisa mengatur atau menghidupkan lampu tombol led pada Xiaomi Redmi 4 ini dibutuhkan trik khusus. Simak beberapa cara menghidupkan lampu tombol Xiaomi Redmi 4X agar memiliki multiple LED seperti berikut ini:

Download Clarity Kernel

Download Clarity Kernel
Download Clarity Kernel

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang disiapkan salah satunya adalah clarity kernel. Untuk bisa mendapatkan software Clarity Kernel ini Anda bisa mengakses link ini. Di sana empat filenya sudah di extract ke zip, dan berisi 4 file items. Masing-masing file tersebut ukurannya 14 MB dan juga 14,4 MB dengan jumlah size 56,8 MB. Memang sizenya cukup besar sehingga pastikan Smartphone Xiaomi masih memiliki ruang yang cukup.

Download Camera MOD

Camera MOD di Smartphone Xiaomi
Camera MOD di Smartphone Xiaomi

Cara menghidupkan lampu tombol Xiaomi Redmi 4X selanjutnya adalah menyiapkan bahan camera MOD. Cara mendapatkannya dengan mencarinya di internet. Semua file tersebut sudah di extract ke zip dengan ukuran file 128 KB, cukup ringan untuk dipasang di Smartphone Xiaomi yang dimiliki

Instal TWRP dan Qualcomm Driver

twrp for xiaomi redmi 4x
twrp for xiaomi redmi 4x

Langkah penting untuk bisa mengatur lampu tombol Xiaomi pada Redmi 4X ini adalah penginstalan TWRP. Software ini sangat berguna untuk membuat lampu bisa berubah menjadi berwarna-warni.  Agar TWRP ini bisa terinstal, pastikan sudah Unlock Boatloader. Tanpa UBL TWRP tidak akan pernah bisa terinstal. Untuk mendapatkan TWRP bisa dengan mengakses link ini khusus untuk Xiaomi Redmi 4X. Dibutuhkan juga Qualcomm driver untuk menginstal TWRP ini. Silahkan mengakses link ini untuk bisa mendapatkan software Qualcomm driver.

Masuk Menu Recovery

Setelah Smartphone Xiaomi Redmi 4X sudah berhasil diinstal TWRP, kini silahkan masuk ke menu recovery.  Untuk masuk ke menu recovery ini harus menggunakan TWRP yang sudah diinstal tadi. Silahkan masuk ke pengaturan, kemudian pilih about phone. Lakukan klik pada update sistem, Smartphone Xiaomi akan masuk ke pengecekan terhadap pembaruan sistem yang ada. Setelah itu pilih reboot to recovery mode dengan menekan tombol reboot now. Setelah menekan tombol tersebut menu akan masuk ke TWRP. Di sana ada beberapa menu yang bisa dipilih seperti instal, wipe, backup, restore, mount, dan lain-lain pilihlah menu instal.

Instal Clarity Kernel dan Camera MOD

twrp clarity kernel
twrp clarity kernel

Melalui TWRP tersebut, silahkan cari file Clarity Kernel yang sudah di download tadi kemudian instal. Setelah sukses terinstal, kini dilanjutkan dengan instal Camera MOD yang suda di download. Ketika Camera MOD ini juga sudah terinstal maka pilihan warna akan muncul di pengaturan.

Masuk ke Pengaturan Tambahan

Untuk memastikan apakah tombol lampu tersebut sudah bisa bervariasi, silahkan masuk ke menu setelan tambahan. Masuk ke bagian lampu notifikasi. Di sana pengguna Xiaomi sudah  bisa mengatur berbagai macam warna lampu tombol misalnya akan menyala ketika dilakukan charging, lampu notifikasi panggilan, lampu ketika ada sms masuk, dan lain sebagainya. Ubahlah lampu notifikasi sesuai dengan keinginan yang tujuannya agar bisa membedakan notifikasi yang masuk ke Smartphone.

Memang pada seri Redmi 4X ini lampu LED tidak disematkan untuk penghematan baterai. Jika ingin mengubah atau menghidupkan lampu tombol led pada Redmi 4X, ada beberapa risiko yang bisa terjadi yaitu gagal instal TWRP. Sebelum melakukan beberapa cara menghidupkan lampu tombol Xiaomi Redmi 4X yang disebutkan di atas, pengguna harus memikirkan berbagai macam risikonya terlebih dahulu karena kegagalan akan menyebabkan Smartphone mengalami error dan lain-lain.