RAM Booster xiaomi
RAM Booster xiaomi

Ada beberapa fitur tersembunyi Xiaomi yang belum diketahui oleh penggunanya. Karena tidak diketahui maka fitur tersebut jarang digunakan, padahal ada beberapa yang bisa digunakan sebagai peningkat performa Smartphone. Dibandingkan dengan menginstal aplikasi lain, tentunya menggunakan fitur bawaan akan lebih menghemat space di Smartphone yang dimiliki. Pengguna Xiaomi pun bisa menggunakan space tersebut untuk menginstal aplikasi lainnya yang lebih penting. Berikut ini adalah beberapa fitur tersembunyi Xiaomi yang jarang diketahui namun terbukti bisa meningkatkan performa atau kinerja dari Smartphone Xiomi ini:

Fitur RAM Booster

RAM Booster xiaomi
RAM Booster xiaomi

Salah satu fitur tersembunyi Xiaomi yang bermanfaat namun jarang digunakan adalah RAM Booster. Fungsi dari fitur ini adalah digunakan sebagai pembersih cache yang bisa menghambat jalannya aplikasi atau bermain game. Smartphone dengan kebanyakan cache bisa membuatnya lemot digunakan terutama jika aplikasi atau game tersebut ukurannya besar. Untuk RAM booster ini sudah ada pada fitur Xiaomi sehingga tidak perlu menginstal aplikasi sejenis ini lagi melalui Play Store. Melaui RAM booster, pengguna Xiaomi bisa mengetahui berapa cache yang sudah bisa dibersihkan olehnya.

Penggunaan Data

Fitur lainnya yang jarang digunakan dan diketahui adalah penggunaan data. Bagi yang merasa boros dalam menggunakan data bisa menggunakan fitur ini. Dengan menggunakan fitur ini bisa membatasi penggunaan data pada Smartphone. Di dalamnya akan ada beberapa daftar aplikasi atau sistem yang terpasang di Smartphone. Melalui fitur ini bisa memilih aplikasi dan sistem apa saja yang bisa di update dengan data jaringan.

fitur Penggunaan Data xiaomi
fitur Penggunaan Data xiaomi

Ada dua pilihan data jaringan yang bisa dipilih yaitu selular atau Wi-Fi. Untuk aplikasi yang sering sekali melakukan update, agar tidak terlau boros bisa memberikan tanda X pada bagian kolom selular. Sehingga aplikasi itu tidak akan melakukan update saat Smartphone tersambung dengan data selular, sebaliknya berikan tanda centang pada kolom Wi-Fi yang artinya aplikasi itu akan terupdate jika Smartphone terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Untuk membatasi data, pengguna Xiaomi tidak perlu menginstal aplikasi pembatas data di Play Store karena di Smartphonenya sudah ada fitur ini.

Fitur Pengaturan Batas Penggunaan Data

Penggunaan Data di xiaomi
Penggunaan Data di xiaomi

Ketika melakukan streaming secara online banyak sering lupa berapa data yang sudah dihabiskan. Kini pengguna Xiaomi bisa membatasi penggunaan data pada Smartphonenya sehingga penggunaan data tidak terlalu boros atau bisa ditekan. Caranya adalah masuk ke bagian keamanan atau security. Kemudian masuk ke menu penggunaan data, pilih atur batas penggunaan data, masukkan batas penggunaan data di waktu sibuk. Satuan yang tersedia adalah MB atau GB. Ketika data yang digunakan sudah melebihi dari batas, akan ada peringatan yang muncul ke Smartphone disertai dengan berapa jumlah data yang sudah dihabiskan.

Pemindai Virus

Xiaomi menyediakan fitur yang lengkap yang mana sangat bermanfaat untuk penggunanya. Di bagian keamanan tidak hanya bisa digunakan sebagai pengatur batas data saja, namun ada juga pemindai virus yang bisa mendeteksi virus pada Smartphone Xiaomi. Pada fitur pemindai virus bisa mengetahui apakah Smartphone masih aman atau sudah terinfeksi dengan virus. Caranya masuk ke bagian keamanan, pilih pemindai virus kemudian klik tombol pindai virus. Nanti akan ada proses scanning yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus di Smartphone Xiaomi.

Kustomisasi Home Screen yang Elegan

Kustomisasi Home Screen yang Elegan
Kustomisasi Home Screen yang Elegan

Jika bosan dengan tampilan home screen yang begitu saja atau monoton, kini bisa mempercantiknya dengan kustomisasi. Untuk mempercantiknya tidak perlu menginstal launcher melalui Play Store sebab Xiaomi ini sudah menyediakan fiturnya. Pengguna Xiaomi bisa mengatur aplikasi, widget, wallpaper dan juga efek. Efek ini bisa membuat tampilan home screen menjadi lebih menarik. Tidak hanya menyamping saja, namun ada efek lainnya yang bisa dicoba seperti efek kubus, berputar, dan lain-lain.

Screenshot Panjang

Salah satu kendala dalam melakukan screenshot adalah tidak semua bagian bisa dijadikan sebagai gambar. Sehingga untuk membentuk screenshot yang panjang harus menggabungkan semua gambar tersebut menjadi satu. Kini Xiaomi yang sudah dibekali dengan MIUI 8 ini mampu melakukan screenshot panjang. Fitur ini sangat bermanfaat bagi yang ingin melakukan screenshot pada halaman website tertentu. Caranya adalah dengan menekan tombol volume down dan power kemudian pilih fitur screenshot panjang.

Demikianlah beberapa fitur tersembunyi Xiaomi yang membantu performa Smartphone yang dimiliki, semoga informasi ini bermanfaat.