Desain Xiaomi Lebih Elegan
Desain Xiaomi Lebih Elegan

Alasan Mengapa Harus Memilih Xiaomi Daripada Samsung – Pasar smartphone kian ramai saja seiring banyaknya brand baru yang berdatangan. Hal ini membuat persaingan semakin ketat. Mereka berlomba-lomba menawarkan produk dengan keunggulan masing-masing. Tak jarang dari mereka yang gencar melakukan strategi pemasaran melalui iklan. Tapi, tak sedikit juga yang lebih berkonsentrasi pada strategi pemasaran secara offline.

Di Indonesia sendiri, vendor smartphone yang mempunyai nilai jual tinggi adalah Samsung dan Xiaomi. Ini menjadi prestasi sendiri bagi Xiaomi yang baru berusia 10 tahun karena mampu bersaing dengan brand sekelas Samsung yang jauh lebih dulu terjun di pasar smartphone, bahkan dianggap sebagai pelopor lahirnya ponsel android. Selain itu, Xiaomi juga mampu mengungguli Samsung dalam beberapa hal. Oleh karena itu, banyak orang menjatuhkan pilihan pada merk ponsel asal Tiongkok tersebut. Secara lebih spesifik, kami akan membahas alasan mengapa harus memilih Xiaomi daripada Samsung dalam artikel ini. Berikut ulasannya:

Harga Ponsel Xiaomi Lebih Bersahabat

Membandrol produk besutannya dengan harga yang ramah kantong merupakan prinsip kerja Xiaomi. Harga murah lantas tak membuat produk Xiaomi murahan karena ia tetap merancang setiap produknya dengan spesifikasi yang gahar. Hal tersebut yang membuatnya dicintai banyak orang. Kondisi ini justru berbanding terbalik dengan Samsung.

Xiaomi vs Samsung
Xiaomi vs Samsung

Merasa sudah mempunyai reputasi dan nama besar, vendor smartphone asal Korea ini tak segan untuk membandrol harga ponselnya dengan harga selangit. Sebagai contoh, dengan budget 1 jutaan, kalian sudah bisa mendapatkan ponsel Xiaomi dengan kamera beresolusi tinggi dan ditunjang dengan kapasitas RAM 2GB dan ROM 16 GB. Dengan budget yang sama, kalian hanya bisa membeli ponsel Samsung dengan kamera beresolusi lebih kecil serta kapasitas RAM hanya 1GB dan ROM 8 GB.

Desain Ponsel Xiaomi Lebih Elegan

Selain harga, desain yang diusung Xiaomi juga mencuri perhatian sejak awal kemunculannya. Setiap ponsel Xiaomi dikemas dengan sangat cantik yang membuatnya nampak seperti ponsel mewah. Bahkan, tak sedikit orang yang bilang jika desain ponsel Xiaomi mirip dengan Iphone, smartphone premium milik Apple.

Desain Xiaomi Lebih Elegan
Desain Xiaomi Lebih Elegan

Samsung juga sebenarnya terus memperbaiki desain ponselnya. Seperti yang kita tahu, hampir semua ponsel Samsung memiliki bug pada bodinya. Namun, ciri khas tersebut perlahan tidak terlihat lagi tergantikan dengan desain ponsel yang lebih ramping. Sayangnya, ponsel Samsung dengan desain premium tersebut harganya melambung jauh jika dibandingkan dengan Xiaomi.

Ponsel Xiaomi Dibekali Fitur yang Lebih Lengkap

Xiaomi mampu menggandakan aplikasi
Xiaomi mampu menggandakan aplikasi

Tak hanya harga dan desain ponsel Xiaomi yang membuatnya unggul, fitur-fitur yang disisipkan pun menjadi alasan mengapa harus memilih Xiaomi daripada Samsung. Setiap ponsel Xiaomi selalu dibekali dengan fitur yang praktis dan berbeda misalnya fitur Mi Remote untuk membantumu menyalakan AC atau TV dengan mudah, Mi Drop untuk berbagi data, Cleaner untuk membantu membersihkan ponsel dari cache, bahkan Dual Apps untuk menggandakan suatu aplikasi dalam satu ponsel namun dengan ruang inetrface yang berbeda. Fitur-fitur tersebut tidak dimiliki oleh Samsung. Jadi wajar jika Xiaomi lebih dipilih oleh banyak orang.

Kapasitas Baterai Ponsel Xiaomi Lebih Besar

Alasan mengapa harus memilih Xiaomi daripada Samsung berikutnya adalah kapasitas baterainya. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap ponsel Xiaomi dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Selain itu, Xiaomi juga menerapkan sistem fast charging yang membuatnya tidak membutuhkan waktu yang lama ketika dilakukan pengisian daya baterai. Dalam hal ini, tidak semua ponsel Samsung dibekali dengan kapasitas baterai mumpuni. Hanya beberapa ponsel dengan harga fantastis saja yang ditunjang dengan kapasitas baterai besar dan sistem fast charging.

Software Ponsel Xiaomi Lebih Fleksibel

Hal lain yang tidak dimiliki ponsel buatan Samsung adalah Xiaomi membekali ponsel rancangannya dengan antar muka sistem operasi milik Xiaomi sendiri atau dikenal dengan sistem operasi MIUI. Yang lebih menarik, antar muka dari MIUI mengizinkan para penggunanya untuk melakukan kustomisasi di OS tersebut. Tak hanya itu, tampilan antar muka OS MIUI juga terlihat sederhana dan elegan sehingga sedap untuk dipandang.

MIUI interface
MIUI interface

Itulah alasan mengapa harus memilih Xiaomi daripada Samsung. Poin penting yang menjadi pertimbangan adalah karena Xiaomi menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau daripada Samsung. Meski begitu, spesifikasi ponsel Xiaomi juga tak kalah dari Samsung. Bahkan, dalam beberapa fitur, Xiaomi lebih unggul dari Samsung.