Mi Remote Controller
Mi Remote Controller

Aplikasi Xiaomi untuk remote TV – Xiaomi memiliki berbagai macam fitur aplikasi yang menarik. Beberapa aplikasi yang tersembunyi pun memiliki banyak manfaat dan berguna untuk meningkatkan performa Smartphone. Sayangnya masih banyak yang belum sadar dengan fungsi dan keberadaan fitur tersebut. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui fitur apa saja yang menjadi bawaan Xiaomi dan apa saja manfaatnya.  Beberapa fitur itu ada yang sifatnya bawaan atau sengaja dipasangkan untuk digunakan sebagai remote. Remote adalah alat yang bisa digunakan untuk mengatur barang elektronik tertentu sebagai contohnya TV, projector, AC, kipas angin, DVD player, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah daftar aplikasi Xiaomi untuk remote TV yang patut diperhitungkan:

Mi Remote Controller Bawaan Xiaomi

Mi Remote Controller
Mi Remote Controller

Aplikasi pertama adalah Mi Remote Controller yang menjadi bawaan pabrik Xiaomi. Setiap perangkat Xiaomi memang sudah dibekali dengan perangkat bawaan Mi Remote controller ini sehingga penggunanya bisa langsung menggunakannya tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Untuk menemukan aplikasi Mi Remote controller ini bisa dengan masuk ke dalam folder alat Smartphone Xiaomi kemudian pilihlah Mi Remote yang memiliki bentuk kotak dengan bulatan di tengahnya yang mana ada empat titik di arah mata angin.

Peel Mi Remote

Peel Mi Remote
Peel Mi Remote

Aplikasi satu ini bisa digunakan untuk melengkapi Mi Remote bawaan yang sudah ada di Smartphone Xiaomi. Untuk bisa menggunakan Peel Mi Remote ini Xiaomi Mi Remotenya  harus v.5.3.5. Televisi universal, daftar TV siaran langsung atau streaming bisa diakses dengan aplikasi ini. Penggunaannya yang mudah akan membuat penggunanya bisa melakukan pengaturan dengan mudah pula.

Setting Mi Remote Untuk TV

Memang kalau dicari di Play Store akan menemukan banyak sekali software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan TV baik itu plasma atau Android TV yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2014 silam. Namun semua aplikasi tersebut bukan besutan oleh Xiaomi seperti Mi Remote dan Peel Mi Remote yang dibuat oleh Xiaomi Inc. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika pengguna Xiaomi menggunakan Remote bawaan atau yang diproduksi oleh Xiaomi tersebut.

 Mi Remote Untuk TV
Mi Remote Untuk TV

Setelah pengguna tahu apa saja aplikasi Xiaomi untuk Remote TV, kini saatnya untuk tahu bagaimana cara melakukan setting pada Mi Remote yang menjadi bawaan dari Smartphone ini. Berikut ini adalah caranya:

Masuk ke Folder Alat

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke folder alat. Folder ini berguna untuk menyimpan berbagai macam aplikasi atau peralatan yang bisa bermanfaat untuk sehari-hari misalnya saja adalah radio, perekam, jam, dan tentunya Mi Remote ini. Kemudian sentuh aplikasi Mi Remote.

Sentuh Tanda Plus

Cara selanjutnya adalah sentuh tanda plus yang ada di Mi Remote. Tanda plus tersebut berguna untuk menambahkan remote pada aplikasi ini.

Pilih TV

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pilihlah TV. Kemudian pilih merek TV yang dimiliki. Jika pemilihan merek ini salah maka remote tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Untuk merek yang ada di Indonesia adalah LG, Samsung, Sony, LeTV, Sharp, Philips, Panasonic dan masih banyak lagi lainnya. Selain bisa digunakan untuk TV biasa, remote ini juga bisa digunakan untuk mengoperasikan Mi TV atau Mi Box yang dikeluarkan oleh Xiaomi.

Penyebab Mi Remote Tidak Berfungsi

Mi Remote Tidak Berfungsi
Mi Remote Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab mengapa aplikasi Xiaomi untuk remote TV ini tidak berfungsi. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Aplikasi Tidak Update

Pastikan pengguna menggunakan aplikasi Mi Remote yang benar-benar sudah update. Jika memang sudah menggunakan aplikasi terbaru namun tetap saja tidak bisa digunakan kirimkanlah feedback ke Xiaomi dengan mencantumkan merek dan tipe TV yang dimiliki kemudian mintalah aplikasi dengan versi terbaru.

Salah Memilih Seri

Yang sering menjadikan Mi Remote menjadi tidak berfungsi adalah kesalahan dalam memilih serinya. Setiap TV ini memiliki seri yang berbeda-beda dengan tombol yang berbeda, oleh sebab itu kesalahan dalam memilih seri akan membuat Mi Remote tersebut tidak bisa dioperasikan. Sebagai contohnya adalah TV Sony, di Mi Remote ada 12 seri sehingga ada 12 tombol yang harus dicoba satu persatu, mana yang cocok dengan TV yang dimiliki. Untuk mengetahui kecocokan arahkan Smartphone ke TV dengan jarak yang pas, dan lihat apakah tombol tersebut berfungsi pada TV atau tidak.

Demikianlah dua jenis aplikasi Xiaomi untuk remote TV yang bisa dicoba, semoga informasi ini bermanfaat.