Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Mi Mix 3

Bagus mana Xiaomi atau Huawei – Smartphone merupakan perangkat teknologi yang paling digemari orang pada saat ini. Oleh karena itu, para produsen smartphone semakin banyak dan saling bersaing untuk menjadi yang terdepan dan terbaik. Contoh produsen smartphone yang tengah berkembang saat ini adalah Xiaomi dan Huawei. Mungkin Anda bertanya-tanya,bBagus mana Xiaomi atau Huawei? Pertanyaan ini seringkali muncul di forum diskusi para android user di internet pada akhir- akhir ini. Dua produsen smartphone ini merupakan vendor terbaik negara China yang selalu berada di peringkat atas. Namun, jika disimak secara detail, vendor manakah yang lebih bagus?

Kualitas Kamera

Produsen Xiaomi dan Huawei selalu memperdebatkan mengenai kualitas kamera yang dimiliki oleh produknya. Saling tak mau kalah untuk mendapatkan status sebagai pengusung kamera terbaik, mereka menandingkan masing- masing smartphone terbaik mereka untuk tes kualitas kamera. Smartphone pilihan masing- masing adalah Xiaomi Mi Mix 3 dan Huawei P20 Pro. Huawei P20 Pro dikenal dengan kualitas gambarnya pada kondisi cahaya rendah.

Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Mi Mix 3

Produk tersebut adalah produk smartphone pertama di dunia dengan fitur 3 kamera belakang. Meskipun harga smartphone ini tergolong mahal, namun kualitas yang diberikan juga tidak man- main. Harga smartphone ini berkisar USD 760. Di samping itu, Xiaomi  lebih mengutamakan sisi harga meriliis Xiaomi Mi Mix 3 dengan harga yang lebih rendah namun berkualitas sama atau bahkan melampauinya. Harga Xiaomi Mi Mix 3 berkisar USD 474 dengan spesifikasi kamera yang hampir sama dengan Huawei P20 Pro di atas. Dengan dirilisnya smartphone ini, Xiaomi berani mengungkapkan dan menyindir produsen Huawei dengan kalimat, “Ponsel termahal bukanlah berarti yang terbaik.”

Spesifikasi dan Kinerja

Selanjutnya, kedua vendor ini bersiteru tentang kualitas spesifikasi produk keluaran mereka. Perbandingan kedua smartphone ini diadu lewat salah satu produk andalan mereka yakni Huawei Nova 3i dan Xiaomi Mi A2. Yang pertama adalah segi prosesor. Huawei Nova 3i dirilis dengan chipset terbaru Hisilicon Kirin 710 yang dikatakan fokus di kemampuan Artificial Intelligence (AI) mereka. AI pada smartphone Huawei Nova 3i ini mengimplementasikan dan fokus dalam kebutuhan pengolahan kualitas gambar dan fitur mengedit foto.

Xiaomi Mi A2
Xiaomi Mi A2

Dengan EMUI 8.2 terbaru dirumorkan mampu menghasilkan handset yang setara dengan fotografi empat kamera sekaligus. Di samping itu, Xiaomi Mi A2 masih serius dengan prosesor andalan mereka yakni Qualcomm Snapdragon 660 dengan kemampuan AI yang tidak kalah bagus. Chipset tersebut juga dikatakan lebih baik di kemampuan AI yang dialokasikan untuk urusan kualitas gambar.

Sementara itu, kapasitas RAM yang dialokasikan pada Xiaomi Mi A2 hadir dengan dua varian yakni 4GB dan 6GB serta internal sebesar 32GB, 64GB, dan 128GB. Di lain sisi, Huawei Nova 3i hanya hadir dengan RAM berkapasitas 4GB dengan internalnya sebesar 128GB.

Persentase Penjualan

Presentase penjualan Xiaomi
Presentase penjualan Xiaomi

Berdasarkan hasil pengamatan pada tahun 2014 dan tahun 2015, Huawei berhasil menjual produk mereka sebanyak 108 juta smartphone pada tahun 2015. Angka ini meningkat 44 persen dari penjualan pada tahun sebelumnya, yang artinya Huawei adalah produsen smartphone yang sedang sukses. Perkembangan persentase penjualan ini meningkat hingga setinggi ini dikarenakan penjualan yang melejit di Eropa dan China.

Di lain sisi, Xiaomi sedang mengalami keterpurukan pada tahun 2014 dan 2015. Produsen smartphone ini berhasil menjual 70 juta unit ponsel pintar pada tahun 2015 yang artinya mengalami peningkatan sebesar 14%. Vendor ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang meningkat sebesar 224% di tahun 2013. Tahun tersebut adalah tahun pertama Vendor Huawei berhasil mengalahkan kompetitor mereka, Xiaomi.

Namun jangan salah, ternyata alasan dibalik penurunan penjualan smartphone Xiaomi pada tahun tersebut adalah mereka tengah meluncurkan berbagai produk teknologi seperti Mi Band dan lainnya yang sukses dan mendapat respon yang bagus. Berbeda dengan Huawei yang lebih fokus pada produksi smartphone.

Perbandingan kedua merk smartphone tersebut memang sulit untuk ditentukan pemenangnya. Namun, hanya satu yang pasti yakni Huawei dan Xiaomi sama- sama merupakan vendor smartphone terbaik yang selalu berinovasi untuk menjadi produsen smartphone terdepan. Jadi, apabila kembali ke pertanyaan, “Bagus mana Xiaomi atau Huawei?”, maka jawabannya ialah tergantung pada kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.