Cara Melepas Kabel OTG Smartphone Xiaomi
Cara Melepas Kabel OTG Smartphone Xiaomi

Semakin berkembangnya teknologi, vendor smartphone Xiaomi Mobile telah mengeluarkan beberapa daftar hp xiaomi yang support otg. Kabel OTG (On the Go) atau yang juga disebut USB OTG merupakan alat transfer dari flashdisk ke smartphone dan sebaliknya. Dengan begitu, maka pengguna tak perlu lagi mengeluarkan dan memindahkan kartu untuk mengakses data.

Berbicara mengenai kabel OTG, ada beberapa produk Xiaomi yang sudah dapat menggunakan fitur yang satu ini. Smartphone tipe apa sajakah itu? Daripada penasaran, simak ulasan berikut:

Keunggulan dan Cara Melepas Kabel OTG Smartphone Xiaomi

Sebelum mengulas tentang daftar hp xiaomi yang support otg, terdapat keunggulan dari OTG yang harus diketahui. Seperti yang dijelaskan di atas, dengan adanya fitur OTG, maka pengguna dapat langsung memindahkan data dari flashdisk ke smartphone dengan kabel khusus OTG.

Cara Melepas Kabel OTG Smartphone Xiaomi
Cara Melepas Kabel OTG Smartphone Xiaomi

Keunggulan lainnya adalah kecepatan transfer yang biasanya digunakan oleh smartphone dengan fitur support OTG lebih cepat. Hal ini karena terdapat penyesuaian pada hardware USB pada smartphone. Biasanya tipe USB yang digunakan pada smartphone dengan fitur OTG adalah USB 2.0 hingga USB 3.0.

Lantas bagaimana cara melepas kabel OTG pada smartphone Xiaomi? Ada cara yang dapat dilakukan agar kabel tidak terjadi error saat melepas flashdisk yang telah tersambung pada USB smartphone. Seperti halnya melepas flashdisk pada laptop/PC, cara yang dilakukan pada smartphone pun hampir sama.

Pertama, masuklah pada menu pengaturan/setting. Setelah itu, klik Menu Storage dan pilih Unmount External Storage. Klik OK dan cabut kabel OTG. Dengan begitu, maka kabel OTG serta data yang ada di dalam smartphone atau flashdisk tidak akan rusak.

Daftar Smartphone Xiaomi yang Support Fitur USB OTG

Setelah mengetahui secara singkat mengenai keunggulan dan cara melepas kabel OTG dari smartphone, inilah beberapa hp Xiaomi yang telah support fitur USB OTG dari tipe lama seperti Xiaomi Mi 4 hingga keluaran terbaru seperti Xiaomi Redmi 4X.

Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X
Xiaomi Redmi 4X

Daftar hp xiaomi yang support otg pertama adalah Xiaomi Redmi 4X. Sebagai produk terbaru, tentu saja fitur USB OTG akan sangat membantu dalam mengakses dan memindahkan data. Setidaknya smartphone ini menggunakan dua pilihan memori internal sebesar 16 GB dan 32 GB. Pada bagian memori eksternal, terdapat penyimpanan kartu microSD hingga 128 GB. Adanya fitur USB OTG akan lebih memuaskan dalam menambah kapasitas memori penyimpanan.

Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi Redmi Note 4

Tipe selanjutnya adalah Xiaomi Redmi Note 4. Tak hanya support kabel OTG, smartphone ini juga memiliki keunggulan pada sektor mesin dan dapur pacu. Bagaimana tidak? Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan android versi terbaru v7.0 Nougat dengan chipset Mediatek Helio X20 berkecepatan 2.1 GHz dan CPU Deca Core.

Xiaomi Redmi 4A

Produk lain yang telah menggunakan fitur USB OTG adalah Xiaomi Redmi 4A. Meskipun tipe ini dapat dikatakan sebagai tipe Redmi 4 Series dengan varian paling rendah, namun adanya fitur USB OTG akan menjadi daya tarik tersendiri dari Xiaomi Redmi 4A.

Xiaomi Redmi 4A
Xiaomi Redmi 4A

Mengenai spesifikasi, smartphone ini memang cukup menawan. Tampil dengan layar 5 inchi dan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan RAM 2 GB, pengguna akan merasakan pengalaman menarik saat menjalankan aplikasi dengan smartphone ini. tak hanya itu saja, telah disematkan pula dual kamera beresolusi 13 MP untuk kamera utama dan 5 MP untuk kamera depan.

Xiaomi Redmi Pro

Daftar hp xiaomi yang support otg selanjutnya adalah Xiaomi Redmi Pro. Smartphone yang resmi dipasarkan untuk kelas menengah ke bawah ini mengusung dual SIM hybrid yang telah mendukung jaringan 4G LTE.

Xiaomi Redmi Pro
Xiaomi Redmi Pro

Spesifikasi singkat tipe smartphone ini adalah layar 5 inchi yang mampu memunculkan resolusi Full HD dan dukungan chipset Mediatek MT6797 Helio X20. Pada bagian penyimpanan, terdapat memori internal sebesar 32GB dan RAM 3GB. Adapun fitur unggulan Xiaomi Redmi Pro adalah kamera belakang beresolusi 16 MP dan 5 MP serta kamera depan beresolusi 5 MP.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Xiaomi yang juga support USB OTG adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Meskipun apabila dilihat dari spesifikasi, smartphone ini terbilang mengusung spesifikasi yang lebih rendah daripada saudara-saudaranya, namun adanya fitur OTG akan membuat pengguna lebih leluasa dalam mengatur memori penyimpanan.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sebenarnya selain produk di atas, Xiaomi juga telah memasang fitur USB OTG pada beberapa produk lainnya seperti Xiaomi Mi 5C, Xiaomi Mi Max 2, Xiaomi Mi4i, Xiaomi Redmi 3, Xiaomi Mi 4 LTE, Xiaomi Mi Max, Xiaomi Redmi 2 Prime, dan Xiaomi Mi 5. Itulah beberapa daftar hp xiaomi yang support otg.