Daftar Kerusakan Xiaomi
Daftar Kerusakan Xiaomi

Apabila terjadi kerusakan pada smartphone atau tablet Xiaomi, maka Anda sebaiknya memanfaatkan layanan garansi. Setiap produsen maupun distributor produk tentu memberikan layanan garansi dalam periode tertentu untuk setiap produknya. Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone dan tablet yang berkomitmen melayani garansi produknya.

Sebagai konsumen, Anda bisa melakukan klaim garansi dengan mengunjungi service center yang tersedia di kota domisili. Namun, sebelum Anda mengetahui dan menerapkan cara klaim garansi Xiaomi ada beberapa hal yang perlu diketahui. Beberapa hal tersebut meliputi kerusakan yang bisa dan tidak bisa digaransi. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui lama berlakunya garansi produk.

Daftar kerusakan produk Xiaomi yang bisa digaransi

Daftar Kerusakan Xiaomi
Daftar Kerusakan Xiaomi
  1. Smartphone/tablet
  • Kerusakan pada layar meliputi tidak adanya tampilan dan tidak normalnya display.
  • Smartphone/tablet tidak dapat hidup, tidak mampu menerima dan mencatat panggilan.
  • Smartphone/tablet tidak bergetar dan berdering.
  • Mati yang tidak normal.
  • Koneksi kartu SIM yang buruk.
  • Kerusakan pada tombol.
  • Tidak adanya atau kurang normalnya volume suara.
  • Keretakkan akibat material tertentu.
  1. Charger
  • Tidak berfungsinya charger asli.
  1. Baterai
  • Smartphone/tablet tidak berfungsi setelah pengisian penuh.
  • Smartphone/tablet tidak dapat mengisi daya.
  1. Kabel data
  • Tidak berfungsinya komponen kabel data.

Daftar kerusakan produk Xiaomi yang tidak bisa digaransi

  1. Nomor serial produk, nomor IMEI, segel garansi hilang atau telah dihapus, dirusak dan diubah.
  2. Keretakkan, cacat dan goresan pada bagian case, layar, lensa kamera serta tombol.
  3. Reset sandi, update maupun pemasangan aplikasi, demo layanan yang tidak terkait dengan perbaikan produk.
  4. Kerusakan produk akibat penggunaan normal seperti karat dan noda.

Garansi terbatas pada smartphone/tablet

Pihak Xiaomi juga bersedia memberikan garansi terbatas pada produknya, baik smartphone maupun tablet. Garansi terbatas ini berlaku untuk komponen perangkat keras dan aksesoris bawaan seperti baterai serta charger asli. Lama waktu garansi keduanya tentu berbeda-beda, garansi perangkat keras biasanya berlaku satu tahun.

Sementara itu, untuk aksesoris bawaan umumnya memiliki periode garansi selama 6 bulan. Ruang lingku garansi yang akan ditanggung oleh pihak Xiaomi meliputi ongkos pengerjaan dan aksesoris. Cara klaim garansi Xiaomi  di servis center Indonesia yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan beberapa dokumen penunjang. Diantaranya adalah nomor pemesanan/pembelian/IMEI/nomor seri.

Garansi terbatas pada aksesoris smartphone/tablet

Xiaomi tidak hanya memberikan garansi terhadap kerusakan produk smartphone/tablet. Lebih dari itu, garansi Xiaomi juga berlaku untuk aksesoris penunjang smartphone/tablet. Beberapa aksesoris yang bisa digaransi adalah Mi Band (Core), Mi Band (Strap), power bank, headphone, baterai. Tidak hanya itu, Xiaomi juga memberikan garansi terhadap produk charger, kabel data, USB charger dan lampu LED. Periode garansi produk ini bervariasi mulai dari 14 hari sampai satu tahun.

Cara klaim garansi Xiaomi

  1. Pertama, sebelum Anda mengunjungi service center terdekat sebaiknya hubungi terlebih dahulu call center. Adapun nomor call center Xiaomi yang dapat dihubungi yaitu 0800-1-401558 (bebas biaya pulsa). Saat menghubungi call center jelaskanlah kerusakan yang terjadi pada smartphone atau tablet Anda.
  2. Apabila klaim garansi masih berlaku, biasanya pihak Xiaomi akan merekomendasikan service center terdekat di kota Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencari service center terdekat secara mandiri. Caranya adalah cukup membuka situs pusat layanan service Mi Indonesia kemudian cari service center berdasarkan provinsi dan kota tempat Anda tinggal.
  3. Selanjutnya, Anda bisa mendatangi langsung service center tersebut untuk melakukan perbaikan smartphone/tablet. Apabila service center tersebut jaraknya jauh dari tempat tinggal atau Anda tidak bisa datang langsung tanyakan apakah smartphone/tablet bisa dikirim. Jika bisa dikirim jangan lupa Anda tanyakan bagaimana prosedurnya.
  4. Cara klaim garansi smartphone/tablet Xiaomi yang berikutnya adalah mempersiapkan kartu garansi dan nota pembelian atau invoice asli. Apabila Anda membeli produk Xiaomi melalui market place maka bisa mengirimkan email permohonan untuk diberikan nota pembelian. Setelah berkas diterima, Anda bisa mencetaknya sebagai bukti pembelian.
  5. Terakhir, setelah mempersiapkan kelengkapan administrasi dan mengetahui service center, Anda bisa langsung mendatanginya. Selain itu, jika diperkenankan oleh service center, Anda bisa mengirim smartphone/tablet yang rusak tersebut. Lama garansi apabila kerusakannya tidak parah umumnya adalah 3 hari. Namun, jika kerusakannya parah, maka lama garansi bisa sampai hitungan minggu hingga bulan.

Kerusakan produk Xiaomi baik itu smartphone maupun tablet memang bisa disebabkan karena penggunaan sendiri. Selain itu, kerusakan produk Xiaomi juga bisa terjadi karena adanya unsur ketidak sengajaan. Apapun penyebab kerusakan pada produk Xiaomi, Anda harus memanfaatkan layanan garansi. Pemanfaatan layanan ini bisa Anda lakukan dengan menerapkan cara klaim garansi Xiaomi sesuai prosedur yang berlaku.