mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi
mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi

Zaman sekarang, hampir semua produk smartphone telah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh atau touch screen. Oleh karena itu, segala perintah yang Anda lakukan harus dilakukan dengan cara mengusap maupun menggeser layar (swipe up). Hal ini dikarenakan tidak tersedianya tombol pendukung perintah seperti back dan home di tampilan layar.

Xiaomi merupakan salah satu pabrikan smartphone yang juga sudah menerapkan teknologi touch screen. Fitur touch screen layar smartphone ini diberi nama full screen gesture. Para pengguna smartphone Xiaomi tentu harus terbiasa menggunakan fitur ini. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari bagaimana cara mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi. Namun, sebelum membahas poin tersebut sebaiknya diketahui dahulu pengertian fitur full screen gesture.

Apa itu fitur full screen gesture?

Full screen gesture adalah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan perintah hanya dengan swipe layar saja. Beberapa perintah yang dapat dilakukan dengan fitur ini meliputi back (kembali), home (halaman utama) dan recent app (aplikasi yang baru saja dibuka). Ada tiga macam gestur swipe layar yang dapat Anda terapkan saat menggunakan fitur ini.

 screen gesture
screen gesture

Pertama, Anda bisa melakukan perintah dengan cara melakukan swipe up layar dari bawah ke atas. Kedua, perintah juga bisa Anda lakukan dengan mengusap layar dari bawah ke atas. Kemudian, tahan dan berhenti selama beberapa menit. Ketiga, melakukan perintah juga bisa dilakukan dengan swipe up layar dari kiri ke kanan atau menuju tengah. Terdapat beberapa produk Xiaomi yang sudah dilangkapi fitur full screen gesture yaitu Mi Mix, Mi Mix 2, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Fitur terbaru dari Xiaomi ini memang direkomendasikan untuk smartphone dengan rasio layar 18:9. Akan tetapi, spesifikasi layar bukanlah sesuatu yang mutlak karena mengingat pola swipe up jauh lebih penting untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan penggunaan fitur ini membutuhkan gerakan yang berbeda saat swipe up navigasi seperti back, home dan recent.

Cara mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi

 mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi
mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi
  1. Sebenarnya, langkah mengaktifkan fitur ini pada perangkat Xiaomi relatif mudah. Pertama, Anda perlu terlebih dahulu membuka menu Settings.
  2. Selanjutnya, setelah menu ini terbuka Anda bisa memilih opsi Full Screen Display. Caranya adalah dengan memberikan tanda centang atau check list. Opsi tersebut biasanya berada di sebelah kanan layar.
  3. Langkah ketiga yang perlu Anda terapkan untuk mengaktifkan fitur ini adalah memberi tanda centang pada opsi double check for the gestures.
  4. Terakhir, pilihlah aplikasi yang akan Anda optimalkan penggunaannya dengan fitur ini.

Ketika fitur ini sudah diaktifkan, maka secara otomatis sistem akan menjelaskan petunjuk cara penggunaannya. Saat demonstrasi penggunaan berlangsung, Anda wajib untuk mempelajari dan mengingat setiap gerakan yang diperlihatkan. Namun, terkadang animasi yang bergerak terlalu cepat, maka Anda bisa mempelajari cara menggunakan fitur full screen gesture berikut ini.

Tips mudah menggunakan full screen gesture di Xiaomi

  1. Kembali ke menu Home

Kegunaan pertama dari fitur full screen gesture pada smartphone Xiaomi adalah membantu Anda kembali ke menu Home. Proses ini biasanya Anda lakukan setelah menutup aplikasi tertentu seperti whatsapp, instagram, youtube maupun game. Cara yang dapat Anda aplikasikan adalah dengan menggeser (swipe up) layar dari arah bawah ke atas.

  1. Melihat aplikasi yang baru saja digunakan (recent app)

Selain membantu Anda untuk kembali ke menu Home, cara mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi juga bisa menampilkan recent app. Penerapan cara untuk melihat aplikasi yang baru saja dibuka hampir sama dengan kembali ke menu Home. Swipe up memang tetap Anda lakukan dari bawah ke atas layar. Namun, ada sedikit perbedaannya yaitu setelah swipe up layar dari bawah ke atas, maka tahan di tengah display beberapa detik.

  1. Kembali dan selanjutnya

Fitur ini juga dapat difungsikan sebagai tombol perintah untuk kembali dan selanjutnya. Perintah kembali dapat Anda lakukan dengan menggeser (swipe up) layar dari tepi kiri menuju bagian tengah. Sementara itu, perintah selanjutnya bisa Anda jalankan dengan mengusap layar dari arah kanan menuju ke tengah.

  1. Membuka opsi aplikasi

Pengaktifan fitur full screen gesture juga bermanfaat untuk mengetahui opsi aplikasi yang dapat dibuka. Setiap aplikasi biasanya membutuhkan sentuhan atau swipe up agar bisa menampilkan opsi yang tersedia. Dikarenakan swipe kiri sudah difungsikan sebagai pengganti tombol back, maka ubah titik swipe ke bagian atas bukan tengah.

Fitur full screen gesture pada smartphone Xiaomi memang difungsikan sebagai pengganti keberadaan tombol. Teknologi ini jelas diciptakan untuk mempermudah Anda dalam melakukan perintah. Baik itu perintah kembali, melanjutkan, masuk ke menu home maupun membuka opsi aplikasi. Cara mengaktifkan full screen gesture di Xiaomi dapat Anda terapkan dengan mudah. Selain bisa mudah diaktifkan, cara penggunaan fitur ini relatif simple asal mengingat pola swipe up-nya.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.