Mengurutkan Aplikasi Sesuai Abjad di xiaomi
Mengurutkan Aplikasi Sesuai Abjad di xiaomi

Cara mengurutkan aplikasi android sesuai abjad – Sebagai pengguna Smartphone pernahkah Anda merasa kesulitan untuk menemukan aplikasi tertentu?,. Smartphone akan mengurutkan aplikasi berdasarkan waktu terinstal sehingga yang terakhir terinstal akan berapa di urutan halaman paling akhir. Jika hanya ada satu dua aplikasi saja yang terpasang di Smartphone tentunya tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Lalu bagaimana jika banyak aplikasi yang terpasang?, tentu hal tersebut akan menyulitkan bagi penggunanya untuk mencarinya. Oleh sebab itu disarankan untuk menginstal aplikasi yang benar-benar penting. Selain itu bagi pengguna Android Xiaomi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurutkan aplikasi sesuai dengan abjad. Berikut ini adalah cara mengurutkan aplikasi Android sesuai abjad di Xiaomi yang jarang diketahui:

Manual

Mengurutkan Aplikasi Sesuai Abjad di xiaomi
Mengurutkan Aplikasi Sesuai Abjad di xiaomi

Salah satu kelemahan MIUI ini adalah tidak bisa menyusun aplikasi secara abjad dengan otomatis.  Oleh sebab itu penggunanya harus menggunakan cara manual. Meski manual pengguna tidak harus melakukan drag dan drop pada aplikasi satu-satu, namun bisa dilakukan secara sekaligus sehingga pengurutannya lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Simak cara mengurutkan aplikasi Android sesuai abjad pada Smartphone Xiaomi secara manual berikut ini:

Cubit Layar Smartphone Xiaomi

Xiaomi ini memiliki pengaturan yang berbeda dibandingkan dengan Android yang lainnya, sehingga pengguna sering merasakan bingung untuk mengatur Smartphone ini sesuai dengan yang diinginkan. Newbie pun sering merasakan kesulitan untuk mengatur Smartphone Xiaomi dikarenakan caranya yang tidak biasa. Untuk bisa melakukan pengurutan aplikasi sesuai abjad hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencubit layar Smartphone Xiaomi ini dengan dua jari.

Pilih Pindah Aplikasi

Setelah dicubit, pada bagian bawah layar ada beberapa menu yang ditampilkan. Pilih menu Pindah apl (aplikasi) dengan cara menyentuhnya. Akan ditampilkan perintah “untuk pilih apl (aplikasi), sentuh ikonnya.” Pengguna Xiaomi cukup menyentuh aplikasi yang diinginkan. Karena akan disesuaikan dengan abjadnya pilihlah aplikasi dengan huruf tertentu yang diinginkan. Misalnya dari huruf K, bisa menyentuh aplikasi kamera, kalendar, kalkulator, dan lain sebagainya. Semua aplikasi yang sudah disentuh tersebut posisinya akan berada di bawah layar dan berkelompok.

Geser ke Halaman yang Diinginkan

Aplikasi yang sudah berkelompok di bagian layar bawah ini bisa digeser menuju ke halaman yang diinginkan. Dengan begitu penggunanya tidak perlu drag and drop satu persatu aplikasinya menuju ke halaman yang dituju. Jika halaman dirasa kurang untuk mengelompokkan aplikasi tersebut, bisa menambahkannya. Cara menambahkan halaman pada Xiaomi ini juga cukup unik dikarenakan tidak ada menu Home Screen yang disematkan pada Smartphone satu ini. Cara menambahkan halaman adalah dengan mencubit layar Xiaomi menggunakan tiga jari. Kemudian akan tampil beberapa halaman yang sudah ada, sentuh tanda plus di layar yang artinya adalah tambah halaman.

Aplikasi Launcher

apus launcher
apus launcher

Selain cara manual, untuk bisa mengurutkan aplikasi di Android sesuai abjad bisa menggunakan launcher. Salah satu aplikasi launcher yang bisa digunakan adalah APUS launcher. Berikut adalah cara mengurutkan aplikasi Android sesuai abjad menggunakan APUS launcher yang bisa dilakukan:

Download APUS Launcher di Play Store

Cara pertama untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan abjad adalah dengan mendownloadnya di Play Store terlebih dahulu. Ketikkan APUS launcher, kemudian Play Store akan menampilkan hasil pencarian yang diinginkan, pilihlah yang ukuran aplikasinya 30 MB. Kemudian klik instal.

Melihat Menu Secara Abjad

Setelah sukses terinstal, kini pengguna Xiaomi sudah bisa melihat menu secara Abjad mulai dari huruf  A sampai dengan Z. Memang launcher ini bermanfaat untuk bisa mengurutkan aplikasi secara abjad dengan daftar menu vertikal. Tidak hanya itu saja, berkat launcher ini tombol home screen menjadi ada di  Smartphone Xiaomi.

Setiap penginstalan aplikasi tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungannya adalah tampilan layar menjadi tidak monoton dan lebih atraktif. Sedangkan kerugiannya adalah ukuran aplikasi yang besar akan terlalu memakan banyak ruang di Smartphone, sehingga membuat performa menjadi lemot ketika dioperasikan. Tidak hanya itu saja, ketika pengguna menggunakan launcher ini akan ada beberapa iklan yang ditampilkan di layar Smartphone sehingga membuat kenyamanan menjadi berkurang. Tidak hanya APUS saja, namun kebanyakan launcher pun juga seperti itu. Oleh sebab itu cara mengurutkan aplikasi Android sesuai abjad menggunakan aplikasi hanya cocok bagi yang memiliki space di Smartphone besar, sehingga tidak akan mengganggu performa ketika digunakan.