Xiaomi Mi Note Pro

Daftar hp xiaomi dengan fitur NFC – Bagi anda yang mengikuti perkembangan smartphone, tentu saja familiar dengan fitur NFC. Namun tak sedikit orang yang bertanya-tanya, ‘Apa itu NFC pada smartphone?’, ‘Apa fungsinya?’, dan masih banyak lagi lainnya.

Secara garis besar, NFC (Near Field Communication) merupakan teknologi komunikasi terbaru yang disematkan pada smartphone. Teknologi ini menggunakan sistem Radio Frequency Identification (RFID) yang memungkinkan pengguna untuk bertukar data dan informasi pada jarak dekat. Sebagai smartphone yang telah memiliki reputasi baik di pasar gadget, Xiaomi pun menanamkan fitur yang satu ini pada beberapa produk terbarunya. Untuk anda yang penasaran, simak ulasan tentang teknologi NFC serta tipe Xiaomi mana saja yang telah support fitur ini.

Berkenalan dengan Teknologi NFC dan Pengaplikasiannya

Teknologi NFC
Teknologi NFC

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi NFC memungkinkan pengguna untuk bertukar data dalam jarak dekat. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk bertukar data juga tak lebih dari sepersepuluh detik saja. Saat menggunakan fitur NFC, pengguna tak perlu lagi melakukan setting manual seperti menyalakan Bluetooth dan sebagainya.

Untuk pengaplikasiannya, teknologi ini terbilang sangat efisien dan memudahkan pengguna yang ingin melakukan berbagai aktifitas. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan dalam melakukan transaksi. Saat ini beberapa tempat perbelanjaan telah mendukung fitur NFC. Jadi misalnya anda lupa membawa kartu kredit atau uang, cukup tempelkan ‘tag’ NFC pada mesin ATM pada kasir. Secara otomatis, data pembayaran akan dikirimkan ke smartpone Anda yang telah terhubung dengan Google Wallet ataupun MarterCard.
  • Bertukar data antar smartphone. Pengaplikasian lain dari smartphone yang mengusung fitur NFC adalah pengguna dapat mengakses pada smartphone yang telah terhubung. Cara melakukannya, tempelkan smartphone anda pada smartphone lain dengan fitur NFC dan anda dapat melihat atau bahkan bertukar data dengan smartphone tersebut.

Melihat dari sedikit contoh tersebut, tak heran apabila dalam beberapa tahun ke depan NFC akan menjadi fitur yang paling banyak ditanamkan pada smartphone. Kembali ke pembahasan tentang Xiaomi tipe apa saja yang telah mengusung tipe ini, berikut adalah daftar hp xiaomi dengan fitur NFC.

Xiaomi Mi Mix 2

Siapa yang tak tergiur dengan spesifikasi cukup gahar yang dimiliki oleh tipe smartphone ini. Sebagai penerus dari Xiaomi Mi Mix, perbandingan yang dimunculkan oleh Xiaomi Mi Mix 2 adalah fitur NFC yang disematkan di dalamnya.

Xiaomi Mi Mix 2
Xiaomi Mi Mix 2

Spesifikasi singkat Xiaomi Mi Mi 2 adalah OS Android v7.1 Nougat dengan MIUI 9. Selain itu, dual kamera beresolusi 12 MP dan 5 MP dapat digunakan oleh pengguna untuk mengabadikan semua moment penting bersama orang tercinta. Adapun pada fitur konektinitas, selain NFC, smartphone ini juga mengusung Bluetooth versi terbaru v5.0 A2DP, micro USB bertipe C, dan Infra Red.

Xiaomi Mi 3

Daftar hp xiaomi dengan fitur NFC selanjutnya adalah Xiaomi Mi 3. Meskipun terbilang sebagai smartphone lawas, karena rilis pada tahun 2013 lalu, namun fitur NFC telah disematkan pada produk yang satu ini.

Spesifikasi jaringan yang diusung oleh Xiaomi Mi 3 adalah Bluetooth v4.0 A2DP, GPS, micro USB 2.0, dan NFC. Sedangkan pada dapur pacu, smartphone ini cukup tangguh karena menggunakan chipset Qualcomm MSM8274 Snapdragon dan CPU Quad Core berkecepatan 2.3 GHz serta GPU Adreno 330.

Xiaomi Mi Note Pro

Xiaomi Mi Note Pro
Xiaomi Mi Note Pro

Mengusung layar sebesar 5.7 inchi dan RAM 4 GB, smartphone besutan Xiaomi ini juga telah didukung oleh fitur NFC. Tak hanya itu saja, Bluetooth v4.1 serta micro USB 2.0 juga akan membantu pengguna dalam bertukar data. Dapur pacu yang cukup mumpuni dengan dilengkapi dual kamera 13 MP dan 5 MP menjadikan smartphone yang rilis pada tahun 2015 lalu ini menjadi pilihan tepat untuk anda.

Xiaomi Mi 2A

Xiaomi Mi 2A
Xiaomi Mi 2A

Meskipun tipe ini masuk dalam smartphone lawas besutan Xiaomi, namun Mi 2A juga telah mendukung fitur NFC. Apabila jika dibandingkan dengan produk lainnya, Xiaomi Mi 2A memang terbilang sangat standar. Ukuran RAM yang digunakan hanya 1 GB saja. Selain itu, untuk kamera, Mi 2A hanya memasang dual kamera 8 MP dan 2 MP saja.

Xiaomi Mi 5 (All Series)

Xiaomi Mi 5c
Xiaomi Mi 5c

Seperti yang kita tahu bahwa semua Xiaomi Mi 5 All Series masuk dalam daftar hp xiaomi dengan fitur NFC. Beberapa produk yang dimaksud adalah Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 5c, Xiaomi Mi 5s, dan Xiaomi Mi 5s Plus. Semua produk ini juga dilengkapi dengan fitur gahar sehingga sangat lancar dalam menjalankan aplikasi.

Sebenarnya fitur NFC tak hanya disematkan pada produk di atas saja, berbagai produk baru Xiaomi pun telah mendukung fitur NFC untuk memberikan kemudahan pada pengguna. Demikian ulasan tentang daftar hp xiaomi dengan fitur NFC.