peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A
peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A

Peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia sepertinya cukup menyedot perhatian masyarakat pencinta smartphone pabrikan Tiongkok ini. Peluncuran smartphone berspesifikasi gahar ini disampaikan langsung oleh Steven Shi, Regional President of SEA and Oceanic, di Jakarta.

Steven Shi mengatakan bahwa hadirnya Xiaomi Redmi Note 5A akan memberikan banyak variasi kepada konsumen. Menurutnya, Redmi Note 5A hadir untuk memberikan kombinasi mesin yang canggih. Harganya juga kompetitif sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A
peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A

Apabila dilihat secara singkat dari spesifikasi yang diusungnya, maka smartphone ini dapat dikatakan sebagai penerus Xiaomi Redmi Note 4A, yang resmi dirilis pada awal tahun lalu.

Adapun spesifikasi dari Xiaomi Redmi Note 5A adalah layar berukuran 5.5 inci dengan berbagai fitur mumpuni. Apabila dilihat dari desain body yang diusungnya, Xiaomi Redmi Note 5A menekankan pada desain simetris. Ini dapat dilihat dari letak komponen-komponen yang ada pada bodinya seperti kamera, bezel, sensor sidik jari, hingga garis corak yang terdapat pada bagian belakang ponsel.

Pada bagian layar juga telah disematkan pelindung layar berjenis Corning Gorilla Glass. Sedangkan untuk slot kartu, terdapat 3 slot yang dapat digunakan yakni 2 slot kartu untuk SIM card dan 1 slot MicroSD yang berkapasitas hingga 128 GB. Untuk dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 5A didukung prosesor Snapdragon 425 dengan RAM 2 GB serta memori internal 16 GB.

Untuk Anda yang penasaran dengan spesifikasi lengkap yang diumumkan selama Peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia, berikut adalah ulasannya.

Performa Xiaomi Redmi Note 5A

Dengan harga 1,5 juta saja, Xiaomi Redmi Note 5A dibekali dengan prosesor Quad-Core Snapdragon berkecepatan 2.1 GHz. Untuk Sistem Operasi, smartphone ini menggunakan versi android terbaru, OS Android v7.0.1 Nougat yang disempurnakan dengan user interface MIUI 8. Meskipun MIUI yang digunakan adalah versi lawas, namun ke depannya pihak Xiaomi akan menjamin bahwa MIUI tersebut dapat diupdate ke MIUI 9.

peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A
peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A

Spesifikasi yang mumpuni dari Xiaomi Redmi Note 5A tersebut menjadikan para pengguna tak perlu takut lagi mengalami lemot atau bahkan lag saat menjalankan aplikasi berat. Sebagai pembuktian, setelah Peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia kemarin, banyak pula pengguna yang mencoba smartphone ini untuk menjalankan game HD. Dan hasilnya sangat memuaskan. Smartphone ini tidak cepat panas ataupun lag.

Pada daya tahan baterai, Xiaomi Redmi Note 5A membekali diri dengan baterai berkapasitas 3.080 mAh. Dengan kapasitas tersebut, tentu saja smartphone ini dapat bertahan cukup lama dalam saat digunakan. Bahkan untuk pemakaian wajar seperti berselancar di media sosial, berbalas pesan, baterai smartphone besutan Xiaomi ini mampu bertahan lebih dari satu hari.

Kelebihan lain yang diusung oleh Redmi Note 5A adalah terdapat fitur fast charging. Setidaknya hanya dibutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi daya baterainya hingga penuh.

Kamera untuk Mengabadikan Moments

Meskipun saat Peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia telah diumumkan bahwa smartphone ini masuk ke kelas menengah, namun hasil kamera yang diusungnya tidak mengecewakan. Pada kamera depan, terdapat kamera beresolusi 5 MP dengan tiga mode fitur beauty, yang akan memanjakan penggila selfie. Adapun pilihan mode tersebut adalah mode pro, smart, dan biasa.

Kamera tersebut juga punya fitur untuk seru-seruan, misalnya menebak usia seseorang dilihat dari wajahnya. Namun apabila pengguna tak menginginkannya, fitur ini dapat dinonaktifkan.

Untuk kondisi di mana terdapat cahaya yang minim, kamera depan Xiaomi Redmi Note 5A juga dilengkapi dengan apperture f/2.0 yang akan membantu dalam hal penerangan. Dengan begitu, hasil gambarnya akan tetap terlihat halus dan jelas.

Adapun pada kamera belakang, ada kamera beresolusi 13 MP yang dilengkapi dengan fitur sensor PDAF. Sensor ini berfungsi menangkap fokus dalam waktu sepersekian detik. Uniknya, kamera ini juga dapat menangkap gambar bokeh atau gambar dengan background blur dengan sangat baik.

Dengan beberapa spesifikasi singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa Xiaomi Redmi Note 5A menjadi salah satu rekomendasi smartphone kelas menengah terbaik dengan harga terjangkau. Tak heran banyak yang menunggu Peluncuran Xiaomi Redmi Note 5A.