harga Xiaomi Redmi Y1
harga Xiaomi Redmi Y1

Beberapa waktu lalu, banyak pecinta smartphone canggih yang mencari spesifikasi Xiaomi Redmi Y1. Smartphone asal pabrikan Tiongkok ini memang resmi rilis pada bulan November ini dan terbukti mampu mendominasi pasar smartphone. Pasalnya, Xiaomi Redmi Y1 mengusung spesifikasi yang cukup gahar. Dengan mengusung 4 GB RAM, maka pengguna akan dimanjakan dengan kecepatan smartphone ini dalam menjalankan aplikasi. Bagi Anda yang penasaran dengan spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi Y1, simak ulasan berikut ini.

Body dan Tampilan

Xiaomi Redmi Y1
Xiaomi Redmi Y1

Xiaomi Redmi Y1 mengusung ukuran body yang cukup besar, yakni berdimensi 153 x 76.2 x 7.7 mm dengan berat 153 gram. Sedangkan pada bagian layar, pengguna disajikan dengan layar berukuran 5.5 inchi dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Adapun jenis layar yang digunakan adalah IPS LCD capasitive touchscreen yang mampu menampilkan hingga 16 juta warna.

Hal yang membuat smartphone ini terlihat sangat elegan adalah karena ukuran layarnya mencapai 91.6% dari body. Tak hanya itu saja, terdapat fitur multi touch serta pelindung layar yang menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

Mesin dan Dapur Pacu

Dalam pasar smartphone, hal yang paling dipertimbangkan adalah dapur pacu yang digunakan pada smartphone tersebut. Adapun spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 dalam hal dapur pacu adalah menggunakan OS Android v7.0 Nougat yang merupakan tipe android terbaru. Sedangkan pada chipset, sepertinya vendor Xiaomi masih setia dengan chipset Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 seperti beberapa produk terbaru Xiaomi lainnya.

harga Xiaomi Redmi Y1
tampilan Xiaomi Redmi Y1

Untuk memunculkan performa gahar saat menjalankan aplikasi berat, CPU Octa Core Cortex A53 dengan kecepatan 1.4 GHz ditanamkan pada Xiaomi Redmi Y1. Performa dari CPU ini juga disempurnakan dengan RAM 4 GB yang dapat menjamin bahwa game HD atau aplikasi berat lainnya tidak akan mengalami lag saat dijalankan. Sedangkan di segi grafis, Xiaomi Redmi Y1 mempercayakannya pada Adreno 505 yang masih menjadi pilihan terbaik untuk menampilkan grafik yang halus.

Memori Penyimpanan dan Kamera

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 terbaru 2017 selanjutnya adalah memori penyimpanan dan kamera yang digunakan. Smartphone ini menyediakan dua pilihan memori penyimpanan internal yakni 64 GB dan 32 GB. Untuk memori internal 64 GB, maka RAM yang digunakan adalah sebesar 4 GB. Sedangkan RAM 3 GB disediakan untuk memori internal 32 GB. Dengan ukuran memori tersebut, maka semua data, gambar, dan video dapat disimpan dengan lega.

kinerja Xiaomi Redmi Y1
kinerja Xiaomi Redmi Y1

Apabila Anda belum puas dengan ukuran memori internal tersebut, tak perlu khawatir karena Xiaomi Redmi Y1 juga menyediakan memori eksternal yang dapat membaca kartu micro SD hingga 256 GB. Berbeda dengan beberapa produk sebelumnya, Xiaomi Redmi Y1 menyediakan slot khusus untuk memori eksternal sehingga pengguna tetap dapat mengaktifkan fitur dual SIM.

Sedangkan untuk kamera, smartphone ini menanamkan dual kamera beresolusi 13 MP untuk kamera belakang dan 16 MP untuk kamera depan. Apabila dilihat dari resolusi kamera tersebut, maka smartphone Xiaomi tipe ini cocok digunakan untuk Anda yang suka melakukan selfie. Adapun fitur dari kamera depan adalah LED Flash, phase detection autofocus, geo tagging, face detection, auto focus, dan HDR. Sedangkan untuk merekam video, kejernihan dua kamera Xiaomi Redmi Y1 tak perlu lagi diragukan. Dual kamera ini mampu menghasilkan video HD beresolusi 1080p@30 fps.

Fitur dan Daya Baterai

Sekarang saatnya mengulas tentang spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 dalam segi fitur yang disematkan di dalamnya. Adapun fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna adalah Wi-Fi, Bluetooth, GPS, sensor sidik jari, gyro, compass, dan banyak lagi lainnnya. Secara garis besar, fitur tambahan yang terdapat pada smartphone ini tak terlalu berbeda jauh dari beberapa tipe Xiaomi Redmi generasi sebelumnya.

Pada daya baterai, Xiaomi Redmi Y1 menggunakan tipe non-removable Li-Ion baterai berkapasitas 3080 mAh. Baterai ini mampu digunakan untuk stand by selama 240 jam dan 32 jam saat digunakan untuk menjalankan aplikasi standar.

Harga

Untuk masalah harga, Xiaomi Redmi Y1 dengan RAM 3 GB dan memori 32 GB dibandrol dengan harga sekitar 1,8 juta saja. Sedangkan untuk produk Xiaomi dengan RAM 4 GB dan memori 64 GB, harganya 2,3 juta.

Dengan harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi gahar, tak heran banyak pecinta smartphone yang mengincar Xiaomi Redmi Y1. Demikian sedikit ulasan tentang spesifikasi Xiaomi Redmi Y1.