Harga Xiaomi Mi A1 – Sejauh ini Xiaomi memang identik sebagai Smartphone murah dengan desain mewah. Belum lagi spek dewa yang ditanam pada produk-produk terbaru semakin memikat banyak orang, terutama Mi lovers di Indonesia. Sebut saja Xiaomi Mi A1, salah satu seri Mi yang dirilis pertengahan 2017 ini sempat membuat heboh lantaran spesifikasi tinggi yang diusungnya.

Jika dilihat dari periode rilisnya sebenarnya Mi A1 belum termasuk kategori ponsel lawas. Namun karena Xiaomi sangat intens dengan peluncuran produk-produk baru, Mi A1 seolah tenggelam sebelum waktunya. Ini tak lepas dari munculnya Redmi 5 dan Redmi Note 5 yang sedikit banyak mengalihkan perhatian pecintanya sehingga Mi A1 seperti tenggelam begitu saja. Belum lagi Xioami kini sudah mengumumkan peluncuran Mi A2 sebagai suksesor A1 membuat Mi A1 kurang mampu bersaing dari segi pemasaran.

Harga Xiaomi Mi A1 Terbaru

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1

Sudah menjadi kebiasaan Xiaomi menawarkan Smartphone spesifikasi maksimal namun dengan harga minimal. Sejauh ini harga Xiaomi seri Mi memang cenderung lebih mahal dibanding Xiaomi seri Redmi. Sama seperti Mi A1, Smartphone ini pertama kali dipasarkan dengan harga Rp 3,1 jutaan. Namun karena kalah pamor dengan produk Xiaomi terbaru lainnya, harga Xioami Mi A1 turun drastis menjadi Rp 2,4 jutaan – Rp 2,6 jutaan saja.

Sebenarnya Mi A1 dibekali performa yang tidak main-main. Salah satu bentuk keseriusan seri Mi A1 terletak di sektor kamera dimana kita bisa menyalurkan bakat fotografi hanya dengan menggunakan kamera Smartphone ini. begitupun dengan hardware-hardware di sektor lain, sangat menjanjikan kinerja ponsel yang benar-benar maksimal. Satu yang mungkin membuat Mi A1 kalah dari produk lain yaitu dari segi layar yang masih menggunakan tipe konvensional.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1

spesifikasi Xiaomi Mi A1
spesifikasi Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 menjalankan OS Android One sehingga ponsel ini tidak memiliki interface MiUI layaknya produk Smartphone Xiaomi pada umumnya. Jadi yang terlihat hanya interface stok Android besutan Google yaitu Android 7.1 Nougat. Bodi Mi A1 yang full metal menjadi kelebihan tersendiri karena terlihat kokoh dan mewah. sedangkan bagian layar sudah terlindungi kaca anti gores corning gorilla glass.

Mi A1 mengusung layar Full HD IPS LCD yang sangat jernih seluas 5.5 inchi. Untuk urusan chipset Smartphone ini sudah menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core Cortex-A53 2.0 GHz dengan pengolah grafis GPU Adreno 506. RAM yang digunakan sebesar 4GB menawarkan kinerja ponsel paling smooth saat ini. Sementara untuk menopang kinerja RAM sudah tersedia internal storage sebesar 64GB.

Seperti yang disebutkan diawal Mi A1 menawarkan resolusi kamera cukup tinggi. Perangkat ini memiliki spesifikasi kamera 12 MP + 12 MP dengan konfigurasi mirip dengan iPhone 7Plus. Satu kamera menawarkan wide (bidang pandang lebar) sementara lensa satunya berfungsi sebagai tele untuk hasil foto portrait namun dnegan efek background blur (buram). Jadi bisa dikatakan kualitas blur  yang dihasilkan kamera ganda Mi A1 sama bagusnya denga foto hasil kamera digital model DSLR.

Untuk konektivitas Mi A1 sudah mendukung jaringan super ngebut 4G LTE, GPS, GLONASS and BeiDou. Sementara untuk transfer data paling cepat sudah tersedia USB Type-C, Bluetooth 4.2, IR Blaster, dan Wi-Fi 802 11/a/b/g/n/ac. Lagi-lagi urusan baterai menjadi nilai minus Mi A1 karena hanya menggunakan baterai berkapasitas 3.080 mAh.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 ini sangat menggiurkan terutama dari sektor kamera yang konon mampu menghasilkan kualitas gambar setara kamera DSLR. Nah, jika saat ini harga Xioami Mi A1 turun drastis, sebaiknya kita manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkannya.