Xiaomi Redmi 6 Pro
Xiaomi Redmi 6 Pro

Resmi meluncurkan Redmi 6 dan Redmi 6A pada tanggal 15 juni, tak butuh waktu lama bagi Xiaomi untuk meluncurkan seri terbaru yaitu Pro. Dilansir dari akun resmi Weibo, produsen smarphone Android asal Tiongkok ini telah mengkonfirmasi bahwa Xiaomi tetapkan tanggal peluncuran Xiaomi Pro yang bersamaan dengan dengan peluncuran Mi Pad 4. Berita akan dirilisnya Xiaomi Redmi 6 Pro ini menyedot perhatian para pengguna smartphone, sebab sesuai rumor seri Pro ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari seri sebelumnya Redmi 6 dan Redmi 6A.

Konfirmasi Tanggal Peluncuran Xiaomi Redmi 6 Pro

Xiaomi Redmi 6 Pro
Xiaomi Redmi 6 Pro

Menjawab rasa penasaran publik terkait perilisan Xiaomi Redmi 6 Pro, secara resmi Xiaomi telah meluncurkan poster Redmi 6 Pro melalui akun WEIBO Xiaomi. Melalui poster tersebut, terpampang jelas desain dari smartphone Redmi 6 Pro. Berdasarkan poster tersebut pulalah, diketahui Xiaomi tetapkan tanggal peluncuran Xiaomi Pro pada 25 Juni mendatang di China. Sesuai prediksi dari beberapa website yang sebelumnya telah memberikan bocoran terkait seri Pro ini, nampak terlihat perbedaan desain serta spesifikasi dari seri Redmi 6 dan Redmi 6A yang lebih dulu dilempar ke pasaran.

Spesifikasi Xiaomi 6 Pro

Xiaomi 6 Pro
Xiaomi 6 Pro

Sebelum Xiaomi tetapkan tanggal peluncuran Xiaomi Pro secara resmi melalui teaser poster Redmi Pro, TENAA melalui halaman resminya telah membocorkan spesifikasi dari seri Pro ini. Berdasarkan informasi tersebut, diketahui perbedaan yang cukup signifikan terkait spesifikasi antara Redmi 6 Pro dengan seri sebelumnya.

Redmi 6 Pro memiliki desain body yang elegant. Desain layar depan menggunakan Notch yang berfungsi sebagai rumah sensor kamera. Sedangkan body bagian belakang terbuat dari bahan metalik yang menjadikan ponsel ini terlihat sangat elegant.

Ukuran dimensi Redmi 6 Pro yaitu 7,16 mm x 149,3 mm x 8,7 mm dengan berat 178 gram. Untuk bagian layar, Redmi 6 Pro memiliki ukuran yang lebih lebar dari seri Redmi 6 dan Redmi 6A yaitu 5.84 inchi dengan resolusi 2280pixel x 1080pixel, rasio 19:9. Sedangkan untuk type layar, Redmi 6 Pro menggunakan layar IPS LCD capasitive touchscreen, 16M colour. Disematkan pula fitur finger print, accelerometer, proximity, compass.

Pada sektor dapur pacu, Redmi 6 pro dipersenjatai processor octa core 2.0ghz cortex A53, chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, GPU Andreno 506. Untuk menunjang performa smartphone ini pada bagian memory, 6 Pro dibagi menjadi 3 type yaitu RAM 2Gb – ROM 16gb, RAM 3 GB – ROM 32Gb dan RAM 4 Gb – ROM 64gb. Untuk menambah kapasitas penyimpanan, disediakan pula slot memory card eksternal up to 256Gb. Kapasitas baterai Redmi 6 Pro mencapai 4000mAh.

Beralih ke sektor kamera, pada Redmi 6 Pro menggunakan dual camera pada kamera utama dilengkapi flash LED dengan resolusi 12 Megapixel dan 5 Megapixel serta menggunakan teknologi phase detection, auto focus dan LED Flash. Kamera depan memiliki resolusi 8Mp. Fitur yang disematkan pada kamera Redmi 6 Pro antara lain Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama dan beauty.

Sama seperti seri sebelumnya, Redmi 6 Pro dapat mendukung jaringan 4G, 3G dan 2G. Sedangkan untuk fitur conectivity, Redmi 6 Pro dilengkapai dengan WIFI, Bluetooth, GPS, Radio serta USB port 2.0 dan USB On-The-Go.

Untuk operating sistem, Xiaomi Redmi 6 Pro menggunakan OS Android Oreo 8.1 yang dikombinasikan  MIUI 10. Mengingat OS ini adalah OS Android terbaru, tentunya memungkinkan para pengguna untuk dapat mengunduh berbagai aplikasi yang diinginkan di Playstore. Sedangkan pada MIUI 10 sendiri, sudah disematkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelegant (AI) yang menjadikan performa Redmi 6 Pro semakin mumpuni.

Sesuai poster yang dirilis oleh WEIBO resmi Xiaomi, Redmi 6 Pro tersedia dalam 4 varian warna, antara lain Grey, Blue, Gold dan Rose Gold. Terkait soal harga, Xiaomi masih enggan memberikan pernyataan resmi sebelum smartphone tersebut dirilis. Sedangkan terkait tanggal rilis, Xiaomi tetapkan tanggal peluncuran Xiaomi Pro jatuh pada 25Juni 2018 di China. Demikian ulasan singkat mengenai Redmi 6 Pro. Semoga bermanfaat bagi Anda.