Xiaomi Note 5
Xiaomi Note 5

Sebagai salah satu vendor smartphone berbasis Android ternama di dunia, Xiaomi dikenal sebagai produsen yang sangat produktif dalam menciptakan smartphone untuk dilempar ke pasar global. Xiaomi sering kali merilis beberapa seri dalam kurun waktu yang berdekat. Hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi mampu menyediakan smartphone sesuai dengan kebutuhan penggunannya. Baru-baru ini, pabrikan asal Tiongkok ini merilis 2 seri Redmi yaitu Redmi S2 dan Redmi Note 5. Banyak yang bertanya-tanya terkait performa antara Xiaomi S2 vs Xiaomi Redmi Note 5. Berikut ini adalah ulasan terkait perbandingan 2 seri redmi tersebut dilihat dari berbagai aspek.

Membandingkan Aspek Desain, Layar dan Kamera Xiaomi S2 vs Xiaomi Note 5

Xiaomi S2
Xiaomi S2

Pada aspek desain dan layar, baik S2 ataupun Note 5 sama-sama memiliki desain yang stylish dan elegant. Hanya saja Redmi Note 5 memiliki body yang sedikit lebih tebal dari S2. Maka dari itu jika dilihat dari segi desain, S2 terkesan lebih memiliki estetika yang mempesona dari Note 5. Selain itu perbedaan yang paling mencolok terlihat dari type layar yang digunakan. Note 5 didesain dengan menggunakan layar Full HD+ 1080 pixel x 2160 pixel dilengkapi dengan Corning Gorillaz Glass. Sedangkan untuk S2 desain layar menggunakan type layar IPS LCD HD+ 1440 pixel x 720 pixel.

Xiaomi Note 5
Xiaomi Note 5

Beralih ke sektor kamera, kedua ponsel ini dibekali dengan teknologi kecerdasaan AI karena pada dasarnya kedua ponsel ini merupakan smartphone seri selfie. Fitur yang disematkan pada kamera S2 dan Note 5 hampir sama. Perbedaanya hanya terletak pada fitur beauty selfie dimana pada S2 menggunakan fitur beauty selfie terbaru yaitu Beauty 4.1. Sedangkan untuk resolusi kamera, seri S2 memiliki keunggulan pada resolusi kamera depan jika dibandingkan dengan Note 5. S2 memiliki resolusi kamera depan hingga 16 Megapixel, sedangkan Note 5 13 Megapixel. Dan pada kamera belakang baik S2 dan Note 5 sama-sama disematkan dual kamera dengan resolusi 13 megapixel + 5 Megapixel.

Hasil Perbandingan Xiaomi S2 vs Xiaomi Redmi Note 5 : S2 memiliki keunggulan pada desain smartphone dan kamera depan. Sedangkan Note 5 memiliki keunggulan pada jenis layar yang digunakan.

Membandingkan Sektor Performa dan Software S2 vs Note 5

Jika disandingkan antara Xiaomi S2 dan Redmi Note 5, kira-kira mana ya yang lebih unggul?. Xiaomi S2 didukung dengan processor Snapdragon 625 yang dikombinasikan dengan RAM 3Gb yang semakin menunjang performa S2. Untuk melengkapi tampilan grafis Redmi S2 menggunakan Grafis Adreno 506. Selain itu pengguna juga dapat mengatur kapasitas memory eksternal hingga 256Gb.

Beralih pada Redmi Note 5, dapur pacu seri Redmi ini sedikit lebih powerfull daripada S2. Pasalnya Note 5 dibekali processor Snapdragon 636 Octacore-2,0Ghz yang disokong dengan RAM 3G-ROM 32Gb dan 4Gb-ROM 32Gb. Sama dengan S2, pada Note 5 pengguna dapat mengatur kapasitas memory eksternal hingga 256Gb.

Berbicara tentang kapasitas baterai S2 memiliki kapasitas yang lebih kecil dari Note 5. Kapasitas baterai S2 mencapai 3.080mAH, sedangkan Note 5 berkapasitas 4000mAh. Pada kedua type ini disematkan fitur fast charging 2.0.

Beranjak pada sektor software, Redmi Note 5 menggunakan OS Android Nougat 7.1 dengan MIUI 9. Sedangkan pada S2, menggunakan OS Android Oreo 8.1 dan MIUI 10. Versi OS Android S2 lebih terbaru daripada Note 5. Namun jika berbicara fitur, kedua seri smartphone Xiaomi ini memiliki fitur yang sama. Seperti Face-unlock, sensor finger-print, infrared, wifi, bluetooth, GPS dan kompas. Baik S2 dan Redmi note 5 didukung oleh jaringan 4G, 3G dan 2G.

Hasil Perbandingan Xiaomi S2 vs Xiaomi Redmi Note 5: Redmi Note 5 memiliki keunggulan pada aspek dapur pacu dan kapasitas baterai. Sedangkan S2 memiliki keunggulan pada seri Operating Sistem Android yang digunakan.

Pada dasarnya baik Xiaomi S2 dan Xiaomi Redmi Note 5 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Demikianlah hasil perbandingan antara Xiaomi S2 vs Xiaomi Redmi Note 5. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda.