Spesifikasi MIUI 10
Spesifikasi MIUI 10

Belum lama setelah merilis ROM MIUI 9 stable, kini MIUI 10 Xiaomi resmi dirilis. Sebenarnya itu bukan hal yang mengejutkan karena MIUI 9 sebagai jenis ROM terupdate Xiaomi sudah dapat digunakan setidaknya oleh 39 produk smartphone Xiaomi.

Mengutip dari laman Gizmochina, pada hari Rabu (7/2/2018) lalu, Huang Longzhong selaku Vice President MIUI Software Division, melakukan live streaming terkait antar muka MIUI generasi terbaru, MIUI 9.

MIUI 10
MIUI 10

Dalam live streaming tersebut, Vice President Huang Longzhong mengonfirmasi bahwa MIUI 10 akan dirilis pada tahun 2018 ini. Berbeda dengan antar muka MIUI sebelumnya, MIUI 10 memiliki beberapa pembaruan yang tentu akan membuat pengguna lebih nyaman selama menggunakan smartphone Xiaomi.

Mengenai nama yang akan digunakan pada ROM terbaru ini, Huang Longzhong sendiri masih belum dapat memutuskan. Menurutnya, nama yang akan digunakan masih tentatif, yakni MIUI X atau MIUI 10. Meski sebenarnya nama tersebut memiliki makna yang sama, dimana X merupakan angka romawi yang berarti 10.

Tentang MIUI 10

Spesifikasi MIUI 10
Spesifikasi MIUI 10

Sebagian dari Mi Fans, julukan untuk pengguna smartphone Xiaomi, munculnya MIUI 10 pasti akan memberikan tanda tanya yang besar. Pasalnya, belum lama setelah merilis MIUI 9, yakni pada Agustus 2017 lalu, kini sudah muncul tampilan antar muka yang baru.

Apa sebenarnya tujuan dari pihak Xiaomi dengan mengeluarkan MIUI 10? Menurut beberapa kabar yang beredar, dengan banyaknya fitur canggih yang akan diterapkan beserta MIUI 10, maka vendor Xiaomi akan membuat Mi Fans tak akan berpaling pada produk smartphone lainnya. Meski demikian, hingga saat ini masih belum ada bocoran mengenai fitur seperti apa yang akan benar-benar disematkan pada MIUI 10.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hingga saat ini, setidaknya sudah terdapat sekitar 39 tipe Xiaomi yang sudah dapat menggunakan MIUI 9. Apabila nanti MIUI 10 diluncurkan, maka secara otomatis akan ada pembaruan yang lebih banyak lagi.

Menurut rumor yang beredar, salah satu alasan vendor Xiaomi terlihat terburu-buru dalam merilis MIUI 10 adalah karena dalam waktu dekat, Xiaomi juga akan merilis chipset buatan mereka, Surge 2. Chipset yang satu ini digadang-gadang akan disematkan pada produk terbaru Xiaomi, seperti Mi 7 atapun Mi Mix 2S.

Tak hanya itu saja, para pesaing berat Xiaomi seperti Samsung, LG, Sony, bahkan HTC juga akan mengeluarkan beberapa produk terbarunya di awal tahun 2018. Mungkin inilah awal yang tepat dalam memulai perang produk smartphone yang akan menentukan siapa pemenang persaingan ini.

Gambaran Fitur MIUI 10

Meskipun belum ada kabar resmi mengenai fitur apa saja yang diusung, namun yang jelas bahwa fitur MIUI 10 tak akan berbeda jauh dari MIUI 9. Perbedaan mendasar mungkin hanya pada update dan perbaikan masalah bug.

MIUI 10 Xiaomi resmi dirilis
MIUI 10 Xiaomi resmi dirilis

Dalam beberapa wawancara sebelumnya, pihak Xiaomi sendiri telah membocorkan bahwa MIUI 10 merupakan tampilan antar muka yang berbasis pada AI atau kecerdasan buatan. Ini bukan hal yang aneh mengingat fokus Xiaomi pada tahun 2018 memang mengembangkan software berbasis teknologi kecerdasan buatan.

Mengenai tampilan atau fiturnya sendiri, kemungkinan besar MIUI 10 akan memberikan banyak sekali pilihan icon serta wallpaper baru. Hal tersebut bertujuan agar pengguna tidak bosan dengan icon yang itu-itu saja. Tak berhenti sampai di situ, MIUI 10 juga akan membuat performa smartphone menjadi lebih ringan.

Digunakan pada Android v7.0 Nougat

Seperti yang kita tahu, MIUI 9 merupakan tampilan antar muka berbasis android v7.0 Nougat. Jadi kemungkinan besar MIUI 10 juga akan menggunakan versi android yang sama. Lantas mengapa MIUI 10 tak menggunakan Android v8.0 Oreo?

Alasan paling kuat mengapa bukan OS android v8.0 Oreo adalah karena hingga saat ini, versi terbaru android tersebut masih belum stabil atau dalam tahap pengembangan. Dan dapat dipastikan vendor Xiaomi tak ingin melakukan gambling atau bahkan kesalahan ketika MIUI 10 Xiaomi resmi dirilis.

Jadi bagaimana, Mi Fans? Apakah Anda tak sabar menunggu kapan MIUI 10 Xiaomi resmi dirilis serta beberapa produk terbaru besutan Xiaomi?