facelock Unlock Xiaomi
facelock Unlock Xiaomi

Perkembangan teknologi smartphone memang semakin maju. Hal ini dapat dilihat dari munculnya beragam fitur baru dengan beragam fungsi. Salah satu fitur terbaru yang muncul adalah facelock dengan Xiaomi sebagai pengusungnya. Facelock adalah fitur keamanan smartphone yang berfungsi layaknya PIN, pola, fingerprint maupun password.

Akan tetapi, ada perbedaan terkait cara setting facelock Xiaomi dibandingkan fitur keamanan lainnya. Tidak hanya itu, penggunaan facelock juga berbeda karena menggunakan sensor wajah untuk membuka smartphone yang terkunci. Sebelum Anda mengaplikasikan fitur facelock pada smartphone sebaiknya dipelajari dulu bagaimana proses settingnya.

Cara Setting Facelock Xiaomi

Facelock merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan oleh para pengguna smartphone Xiaomi berbasis MIUI 9. Facelock adalah fitur keamanan yang berfungsi layaknya PIN, pola, fingerprint dan password. Namun, metode penerapannya untuk membuka smartphone yang terkunci lebih simple, dimana Anda hanya perlu mengarahkan layar ke wajah. Selain itu, cara setting fitur ini juga bisa Anda lakukan dengan mudah.

Setting Facelock Xiaomi
Setting Facelock Xiaomi
  1. Sebelum melakukan setting fitur facelock, pastikan smartphone sudah menggunakan ROM MIUI 9 dengan based Android Nougat. Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah smartphone Anda menggunakan Android Nougat 7.0 atau 7.1.
  2. Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa TWRP Recovery telah terpasang.
  3. Langkah selanjutnya adalah unduh file facelock patch 7.0.zip berukuran 66 MB untuk Android Nougat 7.0. Kemudian, apabila yang terinstall di smartphone Anda adalah Android Nougat 7.1, maka unduh file facelock patch 7.1.zip berukuran 33 MB. Lalu, salin file tersebut ke internal storage tanpa diekstrak.
  4. Bukalah smartphone Xiaomi Anda lanjut masuk ke menu settings-my devices-all specs-android version.
  5. Masuk ke TWRP dan pilih opsi install. Disini, Anda harus memilih berkas facelock yang telah disalin sebelumnya.
  6. Geser ke kanan pada swipe to confirm flash.
  7. Tunggu proses hingga selesai kemudian lakukan reboot system. Pada tahap ini, Anda jangan melakukan clear cache. Proses booting ini biasanya akan menghabiskan wakt sekitar 5-10 menit. Setelah proses booting selesai, maka fitur facelock sudah bisa digunakan.

Cara menggunakan facelock Xiaomi

facelock Unlock Xiaomi
facelock Unlock Xiaomi

Setelah Anda berhasil melakukan setting fitur facelock Xiaomi pada smartphone, langkah selanjutnya adalah mencobanya.  Sebelumnya, Anda pasti sudah familiar dengan beberapa fitur keamanan pada smartphone. Diantaranya adalah PIN, pola, fingerprint maupun password. Penggunaan facelock sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan fitur keamanan tersebut.

  1. Langkah pertama, masuklah ke menu settings-lock screen & password.
  2. Langkah kedua, pilih opsi add face-next.
  3. Langkah ketiga, setelah kamera depan aktif maka arahkan wajah Anda ke smartphone untuk proses perekaman.
  4. Langkah keempat, apabila wajah sudah terekam smartphone lalu klik done.

Jika Anda sudah melakukan keempat cara tersebut, selanjutnya adalah tinggal mencoba apakah fitur facelock benar-benar berfungsi. Sekarang cobalah untuk mengunci layar smartphone terlebih dahulu. Tekan tombol power kemudian arahkan smartphone ke wajah Anda. Bila smartphone terbuka secara otomatis, maka ini artinya fitur facelock berfungsi.

Cara mengatasi troubleshooting

Cara setting facelock Xiaomi memang bisa Anda lakukan dengan mudah. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa proses ini juga mengandung resiko? Salah satu resiko yang sering ditimbulkan pasca setting fitur facelock adalah terjadinya troubleshooting. Masalah troubleshooting dapat Anda atasi dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

  1. Unduh dan salin file Magisk-v16.0.zip yang berukuran 5 MB.
  2. Dalam memasang Magisk dan root, Anda tidak boleh mengekstrak file ini dan letakkan di internal storage.
  3. Pemasangan Magisk, otomatis akan memberikan akses kepada smartphone milik Anda untuk melakukan root.
  4. Namun, jika Anda tidak ingin melakukan proses root, maka pilih opsi lain. Opsi yang bisa dipilih adalah unduh dan salin file VerifiedBootSigner-v8.zip berukuran 38 KB. Lalu, jangan diekstrak dan salin ke internal storage.
  5. Terakhir, salin salah satu dari kedua file tersebut ketika smartphone Xiaomi Anda berada di mode TWRP Recovery. Berikutnya install dan lakukan reboot system seperti biasa.

Itulah cara setting facelock Xiaomi meliputi pemasangan, penggunaan serta perbaikan seumpama terjadi troubleshooting. Fitur facelock pada Xiaomi memang begitu futuristik dan menjamin keamanan privasi smartphone Anda. Ini dikarenakan smartphone yang terkunci hanya bisa dibuka dengan menggunakan sensor wajah pemiliknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.